6 Cara Cepat Menghafal Cerita Sangkuriang Dalam Bahasa Inggris

cerita sangkuriang dalam bahasa inggris

Kursus Business English –  Siapa yang tidak kenal dengan cerita Sangkuriang. Legenda Sangkuriang menjadi salah satu yang termasyhur di Nusantara, sehingga kerap dijadikan contoh dalam pelajaran di sekolah. Namun, pernahkah kamu membaca cerita sangkuriang dalam bahasa Inggris?

Buat kamu yang masih duduk dibangku SMP, cerita Sangkuriang muncul di pelajaran Bahasa Inggris juga, lho. 

Bahkan, kamu mungkin akan menemukan challenge menghafal cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris singkat.

Kalau kamu dapat tugas semacam ini, no need worry. Lister punya tips ampuh menghafal cerita bahasa Inggris secara cepat.

Tips Menghafal Cerita Sangkuriang Dalam Bahasa Inggris

Menghafal cerita dalam bahasa Inggris cukup sulit untuk sebagian orang. Selain karena pronunciation-nya yang sulit, keterbatasan kosakata juga menjadi masalah serius.

Kamu bisa menghafal cerita bahasa Inggris dengan cepat, kamu dapat menerapkan cara-cara berikut ini.

Jangan Langsung Dihafal

Kunci utama menghafal cerita sangkuriang dalam bahasa Inggris kelas 9 adalah jangan langsung dihafalkan. Jika bersikeras, kamu justru akan menemukan kesulitan.

Kamu bisa lebih enjoy dalam menghafal teks berbahasa Inggris yang panjang, kamu perlu membacanya terlebih dahulu.

Bacalah hingga kamu memahami inti ceritanya. Bila perlu, kamu bisa membacanya secara berulang-ulang. Kalau kamu sudah berhasil memahaminya, akan lebih mudah untuk menghafal dalam versi Inggris.

Berlatih Pronunciation 

Saat menghafal cerita Sangkuriang bahasa Inggris, kamu mungkin menemukan beberapa kesulitan. Salah satunya adalah kesulitan dalam pronunciation atau pengucapannya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengucapan bahasa Inggris cukup menyusahkan. Jika salah pengucapannya, maka maknanya akan berubah pula.

Kalau kamu mengalami kesulitan dalam pronunciation, mintalah pertolongan pada yang mahir berbahasa Inggris. Tanyakan cara pengucapan yang benar, lalu berlatihlah hingga fasih.

Saat belajar pronunciation, sebaiknya kamu tandai dulu kata-kata mana yang sulit. Sehingga kamu bisa mempelajarinya secara bertahap.

Ulangi Kata yang Sulit

Jangan gegabah saat menghafal cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris dan artinya. Alih-alih mengejar kecepatan, sebaiknya perbaiki dulu pelafalannya.

Pelafalan yang tepat akan membuat audience betah mendengarkanmu saat bercerita.

Untuk meningkatkan kemampuan dalam melafalkan bahasa Inggris, berlatihlah secara terus menerus. Tandai kata-kata mana yang sulit dalam cerita Sangkuriang versi Inggris.

Teruslah berlatih hingga kamu bisa melafalkan secara benar. Setelah berhasil melafalkan kata sulit secara tepat, kamu bisa menghafal bagian cerita sedikit demi sedikit.

Baca Ulang Cerita Tanpa Terbata-Bata

Menghafal cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris once upon a time akan lebih mudah bila kamu melakukannya secara bertahap.

Setelah hafal satu kalimat, kamu bisa beranjak ke kalimat selanjutnya. Ulangi secara bertahap hingga berhasil menghafal secara keseluruhan. 

Namun, jangan cepat puas. Agar lebih lancar, cobalah mengulangi cerita sampai tidak terbata-bata. Bila di percobaan pertama masih terbata, ulangilah beberapa kali hingga benar-benar lancar.

Menghafal Cerita dengan Menutup Buku

Selanjutnya, tutuplah bukumu saat menghafal cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris. Tidak masalah bila kamu baru bisa menghafal satu paragraf saja.

Dengan menutup buku, otakmu akan terlatih untuk mengingat cerita versi bahasa Inggris. 

Apabila pada percobaan pertama masih menemui kesulitan, kamu bisa mengintip buku sesekali. Setelah itu, ulangi lagi menghafal tanpa melihat buku hingga benar-benar lancar.

Ulangi Dari Awal Hingga Akhir

Setelah berhasil menghafal cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris paragraf 1, lanjutkan sampai ke paragraf terakhir.

Selanjutnya, mintalah teman atau orang terdekatmu untuk menyimaknya. Selama menyimak hafalanmu, beri tahu mereka untuk mengoreksi bagian mana yang salah.

Pesan Moral Cerita Sangkuriang Dalam Bahasa Inggris Panjang

Cerita Sangkuriang bukan hanya sebatas legenda saja. Namun, ada beberapa pesan moral yang dapat diambil dari cerita ini.

Oleh karenanya, selain menghafal storytelling Sangkuriang bahasa Inggris, kamu pun perlu memahami pesan moral yang terkandung di dalamnya. Berikut ini beberapa pesan moral yang terdapat dalam cerita Sangkuriang:

Never lie and fool parents 

Cerita Sangkuriang dalam bahasa Indonesia maupun Inggris mengajarkan agar pembaca tidak berbohong dan mengelabui orang tua.

Dalam cerita tersebut, Sangkuriang melakukan kebohongan ketika ia berburu rusa bersama Tumang, ayahnya.

Karena tidak ada satupun rusa yang didapatnya, Sangkuriang lantas kesal dan marah. Demi memenuhi keinginan ibunya untuk makan hati rusa, Sangkuriang justru membunuh Tumang dan memberikan hatinya kepada sang ibu.

Love someone reasonably

Selain mengajarkan untuk berkata jujur, cerita Sangkuriang juga mengajarkan untuk mencintai seseorang sewajarnya.

Jangan sampai kamu terobsesi saat mencintai seseorang. Seperti yang digambarkan dalam cerita tersebut digambarkan bahwasannya Sangkuriang begitu tergila-gila pada Dayang Sumbi yang ternyata adalah ibunya sendiri. 

Mind your words as they might hurt you

Pesan moral selanjutnya yang bisa kamu petik dari cerita Sangkuriang ialah berhati-hati saat berbicara. Karena perkataan adalah doa, maka jangan sembarangan berucap karena bisa saja merugikan dirimu.

Dalam cerita Sangkuriang, dijelaskan bahwa Dayang Sumbi bersumpah bila yang mengambil alat tenunnya adalah seorang pria, maka akan dijadikannya suami. Dan jika seorang wanita, maka akan dijadikannya saudara.

Maintain the relationship between children and parents

Cerita Sangkuriang dalam bahasa Inggris dan strukturnya juga mengajarkan untuk menjaga hubungan antara anak dan orangtua.

Hubungan anak dan orangtua yang tidak dijaga dapat menimbulkan kesalahpahaman yang berakibat fatal. Seperti halnya dalam cerita Sangkuriang, di mana ia diusir oleh ibunya saat kecil. Dan ketika tumbuh dewasa, ia justru jatuh cinta pada sang ibu lantaran hubungan dengan orangtua yang tidak terjaga.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.