Contoh Teks Report Bahasa Inggris Beserta Artinya

Teks Report Bahasa Inggris

Kursus Business English –  Teks report adalah teks yang menjelaskan terkait suatu detail dari objek tertentu. Adapun penjelasan pada teks report ini merupakan hasil dari observasi, penelitian atau pengamatan maupun studi tentang berbagai hal. 

Teks report bahasa inggris ini biasanya muncul pada soal-soal bahasa inggris.

Cara mempermudah kamu belajar memahami report teks, berikut pembahasan struktur report text beserta contoh teks report bahasa inggris tentang hewan. Ada pula contoh teks report mengenai tumbuhan.

Struktur Teks Report Bahasa Inggris

Ada 2 struktur report teks, yaitu General Classification dan Description. Klasifikasi general berisi informasi umum mengenai suatu objek berdasarkan pengamatan/observasi penulis. 

Mungkin kamu juga pernah melihat di soal bahasa inggris ada contoh report text bahasa inggris singkat misalnya tentang hewan, fenomena alam, dan lain-lain.

Sedangkan struktur deskripsi, biasanya ada di paragraf kedua. Fungsinya mirip descriptive text yaitu mendeskripsikan lebih detail terkait suatu objek yang diteliti. Deskripsi harus ada di dalam contoh teks report bahasa inggris.

Baca juga: Apa itu Tes Skolastik? Simak Pengertian dan Jenis Soal yang Diujikan

Contoh Report Text Tentang Hewan Kucing

Pada contoh teks report bahasa Inggris pertama kali ini, Lister akan memberi contoh report text singkat tentang hewan dan strukturnya. Contoh pertama yaitu tentang kucing. Simak contoh teksnya berikut ini.

Cats belong to the Felidae family, a family of animals consisting of tigers, lions, bobcats and cats. Also known as house cat / domestic cats, its latin name is Felis Catus. Domesticated cats have been human companions for about 9,500 years. They’re now very popular.

On average, domestic / house cats weigh between 2.7 and 4.5 kg. The average length for male cats is 71.1 cm and for female cats is 50.8 cm. In addition, cats replenish their energy by sleeping and they can sleep up to 16 hours a day. 

Cats have sharp claws on their paws and they use it for catching, fighting, and also climbing. Cats have a good balance. Tiptoe is one of the characteristics of cats. Also, cats licking their bodies to keep themselves clean.

Terjemahan : Kucing termasuk ke dalam keluarga Felidae, yakni keluarga hewan yang terdiri dari harimau, singa, kucing hutan dan kucing. Dikenal juga sebagai hewan kucing rumahan atau kucing domestik, nama latinnya adalah Felis Catus. 

Kucing peliharaan sudah menjadi sahabat manusia selama sekitar 9.500 tahun. Mereka sekarang ini sangat populer.

Rata-rata, kucing domestik / rumahan punya berat 2,7 dan 4,5 kg. Panjang rata-rata untuk kucing jantan yaitu 71,1 cm dan untuk kucing betina yaitu 50,8 cm. Selain itu, kucing mengisi lagi energinya dengan tidur dan mereka bisa tidur sampai 16 jam sehari. 

Kucing punya cakar tajam dan mereka menggunakannya untuk menangkap, berkelahi, serta memanjat. 

Kucing memiliki keseimbangan yang baik. Berjinjit merupakan salah satu karakteristik kucing. Kucing juga menjilati tubuhnya untuk menjaga tubuhnya tetap bersih.

Pada contoh teks report bahasa inggris tentang hewan kucing di atas, kenali strukturnya. Di paragraf pertama adalah struktur general classification, sedangkan paragraf kedua termasuk struktur description.

Peletakan struktur teks report itu biasanya diawali klasifikasi general kemudian diikuti deskripsi. Banyak berbagai contoh teks report bahasa inggris singkat yang bisa kamu cari di berbagai sumber dengan struktur seperti ini.

Baca juga: Tangga Nada Diatonis Mayor: Karakteristik, Jenis, dan Contohnya

Contoh Report Text Tentang Tumbuhan

Setelah tadi sudah ada contoh report text tentang hewan yang singkat, contoh kedua kali ini adalah tentang tumbuhan. Tumbuhan tersebut yaitu Bunga Sakura. Simak berikut ini, ya. 

Sakura is a blossoming cherry tree. 

Cherry trees are a symbol of spring season for Japanese people. The traditional custom of visiting cherry blossoms in spring is called Hanami. The origin of this flower is still controversial. Some people believe that these flowers originated in Japan, while others believe they originated in Korea/China. 

There are 400 kinds of cherry trees and they mutated easily. Most cherry trees grow in moist lowlands and highlands. A place with low humidity & no sunlight is the best place for their natural habitat. A characteristic of cherry blossoms is that they can grow faster than their leaves. There are various colors in cherry blossoms.

Terjemahan : Bunga Sakura adalah pohon sakura yang mekar. Pohon sakura adalah simbol musim semi bagi masyarakat Jepang. Kebiasaan tradisional mengunjungi bunga Sakura di musim semi disebut Hanami. 

Asal usul bunga ini masih kontroversial. Beberapa orang percaya bunga ini berasal dari Jepang, sementara yang lain percaya bahwa bunga ini berasal dari Korea/China.

Ada 400 jenis pohon sakura dan mereka mudah bermutasi. Sebagian besar pohon Sakura tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi yang lembab. Tempat dengan kelembaban rendah & tidak ada sinar matahari adalah tempat terbaik untuk habitat aslinya. 

Ciri khas bunga sakura adalah dapat tumbuh lebih cepat dari daunnya. Ada berbagai warna pada bunga sakura

Di atas kamu telah mengetahui struktur dan contoh-contoh report text. Berbagai objek yang dibahas tersebut tentu beragam. Misalnya contoh report text singkat tentang kupu-kupu, tentang keadaan alam, dan lain-lain.

Jika ingin belajar memahami jenis teks ini, bisa coba lihat-lihat contoh di internet. Cobalah untuk misalnya membuat contoh report text singkat tentang kelinci, kemudian terjemahkan dan analisis strukturnya.

Dengan mengetahui banyak contoh text report tentang hewan bahasa inggris dan terjemahannya maupun tentang tumbuhan, serta analisis strukturnya, pemahaman bisa lebih meningkat. Setelah itu cobalah melatih kemampuanmu dengan mengerjakan soal tentang itu.

Objek-objek bahasan teks report itu banyak, tak hanya melulu tentang hewan atau tumbuhan. Teks report bahasa inggris juga tak begitu sulit untuk dipahami, asalkan kamu mempelajarinya dengan betul-betul.

Teks report bahasa Inggris biasanya muncul menjadi salah satu tugas saat Sekolah Menengah Pertama. Tujuan diadakannya pembuatan teks repot adalah dengan memberikan pemahaman yang jelas dan komprehensif. 

Selain itu, informasi dalam teks report bahasa Inggris juga harus memiliki keakuratan data dan penelitian yang cermat sehingga bisa menjadi acuan atau landasan fakta. 

Kesimpulannya, teks report bahasa Inggris adalah alat yang efektif untuk menyampaikan informasi secara objektif dan terperinci. 

Dengan menggunakan struktur yang tepat dan memperhatikan keakuratan sumber informasi, teks report dapat memberikan pengetahuan yang berharga kepada pembaca dan mendukung proses pembelajaran. 

Baca juga: Simbol Dioda: Cek 9 Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.