3 Struktur Teks Laporan, Dijamin Bikin Tulisan Buatanmu Lebih Layak Baca

struktur teks laporan

Kursus Bahasa Jepang –  Pusing memikirkan laporan yang tak kunjung selesai? Barangkali kamu belum memahami struktur teks laporan buat menyusun tulisannya. 

Seperti jenis tulisan lain, laporan juga memiliki kerangka tulisan sebagai panduan yang bakal membantumu menghasilkan karya tulis yang rapi.

Dalam artikel ini Lister bakal menjelaskan struktur yang tepat, terutama buat struktur teks laporan hasil observasi. Ada juga contoh teks laporan yang diharapkan membantumu menulis teks yang layak dibaca.

Apa itu teks laporan hasil observasi?

Sebelumnya Lister mau tanya dulu, apa kamu tahu pengertian teks laporan hasil observasi? 

Disingkat juga sebagai LHO. Jenis laporan ini menyampaikan informasi terkait objek atau situasi tertentu yang perlu diperiksa melalui observasi. Makanya diperlukan struktur teks laporan yang baik supaya pembaca tidak kebingungan membaca tulisanmu.

Dalam beberapa kesempatan, LHO dikenal juga sebagai teks klasifikasi. Terutama kalau kamu membahas klasifikasi objek beserta kriterianya. Alhasil observasinya bakal lebih spesifik. 

Malah ada yang harus menerjemahkan ke bahasa daerah seperti bahasa Jawa. Itu berarti, nantinya kamu perlu mengikuti struktur teks laporan hasil observasi bahasa Jawa.

Struktur teks laporan hasil observasi bukan satu-satunya hal yang perlu kamu pelajari. Segi bahasa hingga karakteristik isi turut berkontribusi buat menentukan kualitasnya. Namun, faktor-faktor ini pula yang memudahkanmu membedakan LHO dengan teks deskripsi. 

Hasil wawancara bakal terasa lebih universal sesuai fakta, sementara pada teks deskripsi bersifat individual dan unik.

Dilihat secara keseluruhan, struktur teks laporan merupakan suatu kerangka yang baik dan bisa menyajikan informasi secara rinci dan tertata. 

Dalam laporan, struktur umumnya terdiri dari bagian pengantar, tinjauan pustaka, metodologi, hasil penelitian, analisis, dan kesimpulan.

Ada pun untuk kesimpulan pada struktur teks laposan merupaan bagian penting untuk menyimpulkan, menyoroti implikasi penelitian, dan memberikan saran untuk penelitian masa depan. 

Oleh karena itu, memahami dan mengikuti struktur teks laporan yang tepat adalah kunci untuk menyampaikan pesan yang efektif dan terstruktur.

Baca juga: Pengertian, Contoh, dan Struktur Teks Eksposisi

Seperti apa struktur teks laporan untuk hasil observasi?

Struktur teks laporan untuk hasil observasi terdiri atas tiga bagian; umum, bagian, serta kesimpulan.

Akan tetapi pada beberapa contoh teks laporan hasil observasi, ketiga bagian tadi dikenal sebagai pernyataan umum atau klasifikasi, deskripsi bagian, dan kesimpulan.

Laporan observasi memiliki tujuan untuk merekam dan menganalisis data yang diperoleh melalui pengamatan langsung terhadap objek, situasi, atau fenomena tertentu.

Inti dari kedua struktur tadi sebenarnya sama saja. Buat menjelaskan fungsi masing-masing bagian laporan, Lister bakal memakai struktur kesatu. Berikut penjelasannya singkatnya,

Definisi umum

Disitat dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud, definisi umum pada struktur teks laporan mengacu pada bagian yang menjelaskan kelas atau kelompok beserta keterangan general. 

Kamu juga dapat menambahkan informasi lain yang berhubungan dengan subjek yang diobservasi.

Penguasaan unsur kebahasaan teks laporan hasil observasi bakal membantumu membuka LHO yang mudah dipahami sekaligus menarik disimak. Jadi pembaca bakal mengetahui latar belakang atau asal-usul yang nanti mengerucut pada deskripsi bagian. 

Informasi yang dimaksud dapat berupa nama Latin tumbuhan dan sejarah penemuannya.

Namun, kamu harus hati-hati saat menulis definisi umum. 

Banyak yang jatuhnya oversharing, lalu mengulang informasi yang sama di deskripsi bagian. Cantumkan saja poin-poin umum yang bakal kamu jelaskan lebih lanjut di deskripsi bagian.

Baca juga: Pengertian Teks Anekdot, Simak Ciri dan Strukturnya

Deskripsi bagian

Deskripsi bagian pada struktur teks laporan adalah wadah yang tepat buatmu untuk menuangkan pemaparan mendetail. Contoh informasi yang dapat kamu tulis adalah ciri fisik, habitat, dan poin-poin umum yang sebelumnya disebutkan pada definisi umum.

Berbeda dari struktur teks eksposisi yang ditempatkan di awal laporan, deskripsi bagian memberi kesempatan buatmu untuk membagikan hal-hal rinci. Gunakan poin-poin yang pada deskripsi umum sebagai panduan buat menerangkan detail tersebut.

Adapun ciri kebahasaan yang dijumpai dalam LHO menggunakan istilah khusus. Kamu dapat memberikan footnote atau penjelasan singkat seandainya ada istilah yang tak memiliki padanan dalam bahasa Indonesia.

Deskripsi manfaat

Pada beberapa struktur teks laporan, deskripsi manfaat bisa disebut juga sebagai kesimpulan. 

Mengapa demikian? Pada bagian struktur teks laporan hasil observasi ini kamu akan menyimpulkan hal-hal yang dijelaskan pada deskripsi bagian. Beberapa diantaranya seperti kelebihan, kegunaan, dan manfaat objek yang diobservasi.

Lister juga mau mengingatkan kalau kamu perlu menyesuaikan deskripsi manfaat dengan objek observasi. 

Misalnya saat meneliti produk, kamu dapat menjelaskan fungsi, kelebihan, kegunaan, dan manfaat saat memakainya.

Cek lagi gaya bahasa yang dipakai. Jangan sampai menggunakan bahasa yang terlalu tinggi saat menulis dengan struktur teks laporan hasil observasi kelas 7. 

Pakai kalimat-kalimat singkat yang akan memudahkan pembaca memahami tulisanmu.

Baca juga: Apa itu Teks Persuasi? Ini Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Bagaimana contoh teks laporan observasi yang baik?

Sekarang, Lister akan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya. 

Struktur teks laporan mengikuti tiga poin yang dijelaskan sebelumnya sesuai ciri-ciri teks laporan hasil observasi. Setelah itu, kamu bisa kembangkan sendiri sesuai objek observasi dan tujuanmu menulis laporan tersebut.

Deskripsi umum

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman nasional di dataran rendah yang tersisa di Jawa Barat. 

Selain itu, taman nasional ini mencakup ekosistem hutan hujan tropis yang menjadi ciri khas di kawasan ekuator. 

Lingkungan dan ekosistem di Taman Nasional Ujung Kulon membuatnya layak dijadikan habitat ideal bagi berbagai fauna dan flora. 

Salah satunya adalah badak jawa (Rhinoceros Sondaicus) sebagai satwa langka yang dilindungi.

Deskripsi bagian 

Setidaknya ada 700 jenis tumbuhan yang dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon, dengan 57 jenis diantaranya termasuk langka. 

Adapun satwa di taman nasional tersebut terdiri atas 35 jenis mamalia, 59 jenis reptilia, 22 jenis amfibi, 5 jenis primata, 240 jenis burung, 142 jenis ikan, 33 jenis terumbu karang, serta 72 jenis insekta.

Kesimpulan 

Taman Nasional Ujung Kulon dikenal sebagai kawasan konservasi di Jawa Barat. Terdapat macam-macam flora dan fauna serta ekosistem kaya manfaat skala terbatas maupun luas yang dapat dipelajari.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Gabung Kursus Bahasa Jepang, Raih Karier atau Studi di Jepang!

Syarat untuk studi, karier, hingga tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Jepang Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.