14 Bagian Sel Hewan dan Fungsinya, Saling Berkaitan

sel hewan dan fungsinya

Kursus Academic English –  Mempelajari kehidupan hewan menjadi salah satu materi yang bakal kamu jumpai pada mata pelajaran Biologi. Sebagai pembuka, kamu bakal bertemu topik sel hewan dan fungsinya. 

Lewat artikel ini juga Lister bakal memperkenalkanmu pada organel sel hewan dan fungsinya supaya pengetahuanmu seputar mahluk hidup ini bertambah. Inilah struktur sel hewan beserta fungsinya!

Sel hewan merupakan organel atau bagian pada sel yang berfungsi sebagai organ, terkecil yang dilengkapi selaput tipis. Di dalamnya, terdapat larutan koloid dengan senyawa kimia. Jenis sel ini juga punya kemampuan pembelahan buat menduplikasi diri. 

Selain itu, struktur sel hewan, bersama tipe enzim dan bahan genetiknya, sama dengan sel tumbuhan. Adapun menyoal struktur, sel hewan dan fungsinya meliputi, 

Membran sel

Disebut juga sebagai membran semipermeabel, membran sel merupakan sel yang mengelilingi sekaligus membungkus isi nukleoplasma serta sitoplasma. Fungsi membran sel pada sel hewan adalah mengatur alur keluar masuk nutrisi dan mineral. 

Membran sel juga yang memproteksi sel hingga menerima rangsangan dari luar sebagai tempat berlangsungnya berbagai reaksi kimia.

Membran inti

Berikutnya ada membran inti, sebuah elemen struktural utama nukleus yang berfungsi sebagai pembungkus sel hewan secara keseluruhan. 

Peran lain yang membran sel lakukan adalah sebagai pemisah antara daerah inti dengan sitoplasma. Bagian dari sel hewan dan fungsinya ini tak dapat dilalui zat padat maupun cair. 

Sitoplasma 

Kalau melihat dari gambar sel hewan, kamu bakal mendapati sitoplasma sebagai bagian sel yang terbungkus membran plasma. Bagian ini terdiri atas karbohidrat, air, sel, lemak, mineral, dan vitamin. 

Pada struktur sel hewan dan fungsinya, bagian ini berperan sebagai area penyimpanan bahan-bahan kimia sel yang penting buat metabolisme sel. Antara lain gula, ion, enzim, lemak, dan protein.

Retikulum endoplasma

Dalam sel hewan dan fungsinya, retikulum endoplasma mempunyai bentuk yang menyerupai benang. Organel ini berada di inti sel, tetapi bisa kamu temukan juga di sel eukariotik. 

Fungsinya sendiri adalah sebagai tempat pengangkut sintesis lemak dan steroid serta sintesis protein. Peran lainnya yang ditanggung retikulum endoplasma adalah membantu detoksifikasi sel-sel berbahaya.

Baca juga: HTW Berlin, Rekomendasi Kampus Teknik dan Sains di Jerman

Nukleus 

Kemudian ada nukleus, organel terkecil yang mengatur serta mengendalikan aktivitas sel hewan. Fungsi nukleus pada sel hewan ini dimulai dari metabolisme hingga pembelahan sel. 

Di dalam nukleus, terdapat materi genetik seperti DNA linear panjang yang bentuknya serupa kromosom. Kamu dapat menemukannya di sel eukariotik yang terdiri atas mikoplasma, kromosom, nukleus, serta membran inti.

Mitokondria 

Berbanding terbalik dari nukleus, mitokondria sebagai bagian sel hewan dan fungsinya adalah organel terkecil yang berperan sebagai mesin sel. Mitokondria punya dua lapis membran berlekuk yang dikenal sebagai kritis. 

Peran lain yang dilakukan mitokondria adalah alat respirasi seluler sekaligus penghasil energi berbentuk Adenosin Triphosphate (ATP).

Lisosom 

Terletak di sel eukariotik, lisosom berperan mengendalikan pencernaan intraseluler. Fungsi lisosom pada sel hewan juga tak terlepas dari perannya sebagai kantung terikat pada membran yang berisi enzim hidrolitik. 

Tak hanya itu, lisosom pula yang menghancurkan organel sel yang sudah mengalami kerusakan, memasukkan makromolekul, dan mencerna materi memakai fagositosis.

Mikrofilamen

Disebut sebagai filamen aktin, mikrofilamen pada sel hewan dan fungsinya adalah menahan tegangan dan berperan sebagai pergerakan sel, endositosis, serta eksositosis. 

Bagian ini berada di sel eukariot dan merupakan bagian sitoskeleton (kerangka sel) yang berupa batang padat dengan diameter tujuh nanometer. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Osaka University, Ketahui Sebelum Melanjutkan Pendidikan 

Peroksisom 

Dalam nama nama sel hewan, peroksisom adalah badan mikro yang bentuknya berupa kantung berukuran kecil. Organel ini juga mengandung katalase di dalamnya. 

Adapun fungsi dari peroksisom adalah menguraikan peroksida atau H2O2 yang juga adalah metabolisme racun hingga mengubah lemak jadi karbohidrat. Kamu dapat menemukan peroksisom pada ginjal dan sel hati.

Ribosom 

Berikutnya ada ribosom, yang pada sel hewan dan fungsinya mempunyai diameter sekitar 20 nanometer. 

Organel terdiri atas 65% RNA ribosom serta 35% ribonucleoprotein (protein ribosom). Fungsinya adalah menerjemahkan RNA untuk membentuk protein dan rantai polipeptida dengan asam amino pada proses translasi.

Sentriol 

Sentriol adalah organel sel hewan dan fungsinya berkaitan dengan pembelahan sel. Bentuknya menyerupai tabung dan berada di sel eukariota. 

Dalam proses membelah sel, sentriol melakukannya dengan membentuk benang spindel, flagela, dan silia. Jika sentriol dipasangkan, akan muncul struktur gabungan yang umumnya disebut sebagai sentrosom.

Mikrotubulus 

Dalam sitoplasma, kamu bakal menemukan mikrotubulus yang berbentuk silindris yang panjang dan berongga. 

Diameter sekitar 12 nanometer, mikrotubulus pada sel hewan dan fungsinya ini punya peran yang sama dengan sentriol. Antara lain sebagai proteksi sel dan membantu pembentukan sel hewan dan tumbuhan.  

Badan golgi

Badan golgi atau aparatus golgi adalah organel yang berhubungan dengan ekskresi sel hewan. Letaknya yang berada di sel eukariotik memaksimalkan fungsinya pada ekskresi, termasuk ginjal. 

Bentuknya sendiri terlihat seperti kantong pipih yang ukurannya bervariasi dengan cakram bercabang menjadi serangkaian pembuluh berukuran kecil.

Nukleolus dan nukleoplasma

Terakhir ada nukleus serta nukleoplasma dengan fungsi sel hewan dan tumbuhan sebagai pembawa informasi genetik. Nukleus terdiri atas asam nukleat dan protein yang berada di dalam inti sel. 

Ultrastruktur pada bagian sel ini juga biasanya divisualisasikan memakai mikroskop elektron. Sementara itu, nukleoplasma yang bertekstur padat mengandung serat kromatin padat yang membantu pembentukan kromosom.

Sel hewan adalah unit dasar kehidupan dalam tubuh organisme hewan. Mereka memiliki struktur yang kompleks dan beragam fungsi penting. 

Selain itu, sel hewan juga berperan dalam penyusunan struktur dan menjaga integritas organisme secara keseluruhan. 

Dengan berbagai macam fungsi pentingnya, sel hewan memainkan peran yang tak tergantikan dalam menjaga kelangsungan hidup organisme hewan.HTW Berlin, Rekomendasi Kampus Teknik dan Sains di Jerman

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Daftar Kursus Academic English, Peluang Emas Raih Prestasi Akademik 

Belajar bahasa Inggris akan lebih efektif jika difokuskan pada kebutuhanmu dalam konteks akademik. Persiapkan diri kamu dengan bergabung dalam Kursus Academic English di Lister.

Ikuti Instagram Lister untuk mendapatkan update promo terbaru dan informasi menarik lainnya. Manfaatkan kode promo BLOGLISTER10 agar bisa memanfaatkan diskon 10 persen dengan minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftarkan diri kamu sekarang melalui WhatsApp!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.