Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

[Cerita Tutor] Muhammad Ikhsan Ungkap Trik Mengajar TPA dari 5 Tahun Pengalaman

Kursus TPA – Muhammad Ikhsan adalah salah satu tutor TPA di Lister. Pada kesempatan kali ini, ia berbagi pengalamannya selama 5 tahun berkutat dengan TPA ini. 

Tutor Ikhsan mulai mengenal TPA dari tahun 2017. Dengan pengalaman mengajar yang ada, ia lebih terfokus di bidang TPA Otto Bappenas dan TPA PAPS UGM. Pada 2020, juga sempat tergabung menjadi pengajar TPA CPNS atau TIU. Jadi total, sudah 5 tahun berkutat dengan TPA.

Tutor Ikhsan memiliki background dari S1 Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya yang kemudian melanjutkan Pendidikan Matematika di Universitas yang sama. Sebelumnya, tutor Ikhsan memiliki pengalaman mengajar untuk SIMAK UI dan TPA Otto Bappenas. Ia juga aktif tergabung di komunitas TPA bersama teman-teman LPDP. 

Dari mengikuti berbagai kegiatan tersebut,  Tutor Ikhsan pun memutuskan untuk mendalami TPA Otto Bappenas. Pada bulan Februari 2021, ia resmi bergabung bersama Lister dan mendapat banyak kesempatan untuk mengikuti tes TPA baru-baru ini, yaitu TPA Pasca UI.

Baca juga: Tak Jadi Momok, Begini Strategi Nuraeni Saripudin Johnson Lolos Tes Potensi Akademik (TPA)

Murid TPA yang Beragam, Kaya Pengalaman

Pengalaman mengajar yang beragam dari mengajar untuk lembaga/institusi yang bekerja sama seperti Simak Unpad, Simak Unair, Bakamla, POLRI, Kementerian Keuangan ataupun individu seperti dokter spesialis, dosen-dosen yang ingin lanjut S3, General Manager di Erafone, General Manager di Bank Mandiri, Tentara, Mahasiswa S1/S2/S3, bahkan anak-anak SMA. 

Tutor Ikhsan menuturkan bahwa dirinya pernah mengajar anak-anak SMA, tetapi mengajar murid dengan latar belakang yang berbeda seperti di Lister justru lebih menyenangkan. Satu hal yang pasti adalah kesempatan untuk mengenal orang-orang baru dari berbagai macam profesi dan asal. 

“Selain menambah wawasan, juga insya Allah menambah rezeki.”

Tutor Ikhsan

Pengalaman suka dan duka dirasakan oleh Tutor Ikhsan selama mengajar TPA secara online di Lister. Terkadang ia dapat bertemu murid dengan kesibukan luar biasa, sehingga membutuhkan sikap legowo untuk mengatur jadwal kelas.

Tips Mengajar TPA

Menurutnya, ada dua tipe yang biasanya bergabung di Lister, yaitu orang-orang yang benar-benar fast learner dan slow learner. Sehingga, sebagai tutor harus mau menyesuaikan strategi mengajar sesuai tipe murid yang diajarnya. 

Gaya mengajar yang dipakai Tutor Ikhsan yaitu mengajari materi dasarnya, lalu mengubah pola pikir atau mindset mereka dalam mengerjakan cara cepat TPA apakah sudah benar atau belum. Jika dinilai, si murid sudah mengerti mindset yang tepat, langkah selanjutnya baru akan dilanjutkan melakukan drilling soal-soal TPA. 

“TPA bukanlah hal baru, sudah mereka pelajari sewaktu sekolah, tugas saya hanya mengingatkan karena kebanyakan sudah lupa. Jadi, kalau sudah tahu tekniknya, tinggal perdalam saja.”

Tutor Ikhsan

Baca juga: Tes Potensi Akademik (TPA) Untuk Mengukur Kecerdasan Intelektual (Bonus Strategi)

Jadi, pendekatan yang paling sering digunakan adalah Pendekatan Mekanistik, yaitu latihan drilling soal-soal TPA yang dikupas secara mendalam dan bersama-sama. Hal ini agar murid terbiasa mengerjakan tes TPA secara tepat waktu. Tutor Ikhsan menambahkan bahwa materi kelasnya bisa disesuaikan dengan permintaan murid atau by request

Pernah beberapa kali mengikuti tes TPA dan lolos dengan skor 660 hingga 700an, Tutor Ikhsan pun berpesan untuk orang-orang yang mau belajar TPA: 

“TPA itu sulit karena belum mengerti strateginya , jadi harus dipersiapkan dengan baik dan matang.” 

Tutor Ikhsan

Sedangkan untuk menjadi tutor TPA yang ideal, menurutnya adalah mampu menyesuaikan keinginan customer, karena banyaknya siswa privat. Hindari menggunakan gaya mengajar yang sama apapun muridnya. 

Jadilah Pahlawan Pendidikan dengan Menjadi Tutor!

Tertarik berbagi ilmu, memperluas networking, dan menambah pengalaman? Jadilah Tutor Lister!

Pengalaman dan pengetahuan adalah hal yang berharga. Bantu students kami meraih prestasi terbaik mereka di masa depan. Kamu dapat berkreasi, berinteraksi, menambah skill komunikasi, dan sejumlah benefit lainnya yang kompetitif.

Cari tahu kisah dan pengalaman sesama rekan Tutor Lister di sini. Daftar sekarang!