Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah: Jenis dan Tipsnya

tpa tes potensi akademik

Kursus TPA BappenasTes Potensi Akademik (TPA) adalah salah satu jenis tes psikologi yang diujikan dalam beberapa proses rekrutmen saat mendaftar CPNS atau karyawan di perusahaan swasta.

Namun, saat mendaftar ke perguruan tinggi, calon mahasiswa juga diharuskan untuk mengerjakan Tes Potensi Akademik sebagai salah satu syarat seleksi.

Pada taraf internasional, TPA lebih dikenal sebagai GRE (Graduate Record Examination).

TPA bertujuan untuk mengukur kapasitas berpikir siswa, sehingga hasil tes ini dapat memprediksi apakah seorang siswa akan lebih berhasil dalam prestasi belajarnya di jenjang yang lebih tinggi, dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stres dengan tuntutan belajar di sekolah nantinya.

Baca juga: Tips Lolos Mengerjakan GRE Test dengan Kursus Bahasa Inggris

Lalu, seperti apa jenis-jenis TPA?

Dalam TPA terdapat empat bagian. Di masing-masing bagian, ada beberapa kategori pertanyaan yang berbeda, yaitu, tes bahasa, tes numerik atau yang berhubungan dengan angka, tes gambar, dan juga tes logika.

Tes Verbal

Tes verbal berfungsi mengukur kecerdasan seseorang dalam kata-kata dan bahasa.

Beberapa bentuk soal tes verbal antara lain sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), padanan hubungan kata, dan pengelompokan kata.

Tes Angka

Tes ini mengukur proses berpikir terstruktur dan logis matematis.

Beberapa bentuk soal tes angka antara lain aritmetik (hitungan), seri angka, seri huruf, logika angka, dan angka dalam cerita.

Tes Logika

Tes logika berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan masalah secara logis atau masuk akal.

Tes Gambar

Tes gambar berfungsi untuk melihat daya logika ruang seseorang.

Tips Sukses TPA

Dalam artikel ini, Lister juga akan mengupas tips atau strategi sukses mengerjakan TPA. Simak penjelasannya berikut ini!

Banyak latihan

Perbanyak latihan soal-soal simulasi TPA secara rutin dan konsisten. Hal ini dapat membantu kamu agar tidak kaget dengan soal-soal yang ada nanti.

Fokus pada soal yang sedang dikerjakan

Ketika mengerjakan soal tes, cobalah untuk fokus pada yang dikerjakan sekarang, tidak memikirkan soal yang sudah lewat ataupun yang baru.

Mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu

Dengan waktu yang sangat terbatas, kita tidak boleh menghabiskan waktu pada soal yang sulit dalam jangka yang lama. Kecuali waktu yang kamu miliki masih ada sisa.

Biasakan diri dengan soal TPA terbaru

Mencari karakteristik soal TPA terbaru yang biasa digunakan oleh penyelenggara seleksi juga perlu dilakukan. Cara ini dapat memberikan nilai minimum yang harus kamu dapatkan agar dikategorikan sebagai pelamar yang lolos seleksi TPA.

Jadi, mengakrabkan diri dengan soal TPA keluaran terbaru wajib untuk dilakukan agar tahapan seleksi ini dapat dilewati dengan sukses.

Belajar menghitung cepat untuk tes numerik

Tes numerik pastinya berhubungan dengan angka dan matematika dasar. Saat mengerjakan soal di kategori ini, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Salah satunya adalah belajar cara menghitung yang cepat.

Ada batas waktu dalam mengerjakan soal TPA, sehingga kamu perlu memiliki kemampuan berhitung yang baik agar waktu tidak habis secara cuma-cuma untuk hitungan yang sebenarnya sederhana.

Istirahat yang cukup sebelum tes

Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh lebih kuat menghadapi risiko terjangkit penyakit. Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin agar kondisi senantiasa prima sampai Tes Potensi Akademik selesai dilaksanakan. Dengan begitu, nilai tes yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

Baca juga: Mau daftar CPNS? Lakukan Persiapan Lebih Matang Bersama Tutor Lister

Kursus TPA, Masa Depan Cerah Dimulai dari Sekarang!

Lolos TPA berpotensi membuka peluang untuk meraih masa depan yang lebih cerah, sehingga banyak orang yang merasa gugup saat mengerjakan soal TPA.

Namun, saat memahami tentang soal yang biasa ditanyakan pada tes tersebut dan melakukan banyak persiapan, TPA tidak lagi menjadi momok yang menyeramkan, bukan begitu? Untuk itu, ikuti Kursus TPA Bappenas di Lister.

Alumni Lister terbukti telah meraih skor 610 di TPA SBM ITB setelah mengikuti kursus di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!