Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Biaya IELTS 2022 Indonesia: Tempat Tes dan Cara Cek Harga

biaya ielts 2022

Kursus IELTS – Jika kamu sedang mempersiapkan diri mengambil tes IELTS, informasi tentang biaya IELTS 2022 adalah pengetahuan penting. Selain itu, kamu perlu mengetahui tempat tes dan cara pendaftarannya.

Biaya IELTS 2022 di Indonesia

Selain bekal materi yang cukup, kamu perlu persiapan administratif dalam mengikuti IELTS, salah satunya terkait biaya tes. Dilansir dari situs resmi IELTS, biaya IELTS 2022 sebesar Rp3.000.000.

Perlu kamu ketahui, biaya ini besarannya sama di setiap tempat tes di seluruh Indonesia, karena resmi ditentukan oleh organisasi internasional penyelenggara IELTS. Biaya tersebut juga sama besarannya baik untuk paper-based test maupun computer-based test.

Bagaimana dengan di negara-negara lain? Tentu saja ada penetapan biaya yang terstandar juga. Sebagai contoh, di Amerika Serikat biaya tes sebesar 255 USD.

Cara Cek Tempat Tes dan Harga

Untuk mengetahui lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan organisasi IELTS resmi untuk menyelenggarakan tes, kamu dapat membuka laman Book a test di situs IELTS resmi.

Kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

Pilih Jenis IELTS

Setelah membuka laman tersebut, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan jenis tes.

IELTS

IELTS (International English Language Testing System) adalah tes kecakapan bahasa Inggris yang diakui di seluruh dunia, biasanya digunakan untuk keperluan mendaftar perguruan tinggi dan migrasi.

IELTS for UKVI and IELTS Life Skills

IELTS for UKVI (UK Visa and Immigration) adalah jenis IELTS yang diakui sebagai SELT (Secure English Language Test) oleh UK Home Office, digunakan sebagai syarat bekerja, belajar, dan migrasi di negara tersebut.

Sementara itu IELTS Life Skills adalah tes listening dan speaking yang tersedia dalam CEFR (Common European Framework of Reference for Language) Level A1, A2, dan B1. IELTS Life Skills juga merupakan jenis tes yang diakui oleh pemerintah Inggris untuk keperluan visa dan imigrasi.

Pada umumnya, kamu memilih opsi IELTS. Namun kamu dapat memilih opsi IELTS for UKVI and IELTS Life Skills jika memang membutuhkan jenis tes ini.

Pilih IELTS Academic atau IELTS General Training

Selanjutnya, IELTS dibagi lagi menjadi dua pilihan. IELTS Academic ditujukan bagi mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana, serta kalangan profesional. Sementara itu IELTS General Training ditujukan untuk mereka yang akan bermigrasi ke negara-negara berbahasa Inggris (Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris), atau akan mengambil studi di bawah tingkat perguruan tinggi.

Pilih Negara

Untuk menentukan tempat tes terdekat, pilih negara. Kemudian klik Find a test location.

Bagaimana jika kamu sedang tinggal di luar negeri? Tidak masalah, kamu cukup memilih negara tempat kamu tinggal saat ini, kemudian temukan tempat tes terdekat.

Pilih Tempat Tes

Selanjutnya, kamu akan diarahkan pada daftar lembaga-lembaga yang sudah terafiliasi dengan organisasi IELTS resmi.

Pastikan kamu memilih lembaga yang menyelenggarakan tes IELTS resmi, ya! Sertifikat palsu dianggap sebagai kecurangan serius. Untuk memudahkan, kamu dapat mengecek langsung melalui tautan di atas.

Di sini kamu akan melihat nama lembaga, kota, dan cara penyelenggaraan tes (paper-based atau computer-based test). Kamu dapat memilih tempat yang mudah dijangkau, kemudian tekan tombol Book now.

Registrasi

Kamu akan diarahkan ke laman informasi mengenai lembaga tersebut. Seperti alamat, nomor telepon, email, dan situs resmi. Selain itu turut dicantumkan harga tes, yakni Rp3.000.000.

Kamu dapat melakukan registrasi melalui lembaga tersebut atau dengan menekan tombol Register for IELTS.

Di bagian bawah ada keterangan tentang dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar, yakni KTP atau Paspor.

Setelah mendaftar, kamu dapat membayar sesuai dengan tata cara yang ditentukan tempat tes.

Menerima Hasil Tes

Hasil tes akan diumumkan 13 hari (untuk paper-based test) atau 3-5 hari (untuk computer-based test) setelah tes. Kamu dapat memilih agar hasil tes dikirimkan atau diambil langsung ke tempat tes.

Baca juga: Tutor Yuliana Berbagi Hal Menarik Tentang IELTS, Beasiswa, dan Kampus

Perlukah kursus IELTS?

Setelah mengetahui cara mendaftar tes IELTS, apakah kamu semakin siap? Banyak orang memilih mengikuti kursus persiapan IELTS karena terbukti sangat membantu.

Tak hanya terkait biaya yang harus dikeluarkan saat mengikuti tes, tetapi juga waktu dan tenaga. Jika bisa sekali mengikuti tes lalu langsung mendapat skor tinggi, kenapa tidak?

Terlebih jika kamu dalam proses pendaftaran perguruan tinggi, beasiswa, atau melamar pekerjaan, di mana kamu hanya memiliki waktu singkat.

Maka dari itu, keuntungan mengikuti kursus IELTS adalah memastikan segala persiapan sudah maksimal dari segi materi, strategi, sampai tips dan trik.

Masih khawatir dengan skor yang akan didapatkan? Kamu bisa memanfaatkan fitur Garansi Skor untuk kelas tertentu di Lister. Kamu dijamin akan mendapatkan skor IELTS 7.5 setelah mengikuti kursus.

Tak ada ruginya memastikan persiapan IELTS semaksimal mungkin, terlebih jika institusi yang kamu tuju sudah menetapkan batas minimal skor.

Cari tahu testimoni dari alumni Lister selengkapnya!

Kursus IELTS, Wujudkan Ambisi Skor 7.5

Mengerjakan IELTS membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor yang tinggi. Agar lebih maksimal, ikuti Kursus IELTS di Lister.

Ingin tahu siapa saja tutor yang mengajar IELTS? Cari tahu profil Tutor Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama students di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!