fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Beasiswa, Kampus
beasiswa fully funded

Mentoring Beasiswa – Menjalani kuliah tanpa beban biaya tentu akan sangat memudahkan proses studi. Tak heran banyak orang yang mengejar beasiswa agar dapat menempuh pendidikan tanpa perlu memusingkan biaya yang tak sedikit, terlebih beasiswa yang bersifat fully funded.

Siapkah kamu menjadi awardee beasiswa fully funded di 2023? Simak deretan beasiswa bergengsi yang bisa kamu incar berikut ini.

Apa itu beasiswa fully funded?

Secara umum, terdapat dua jenis beasiswa, yakni partially funded dan fully funded. Apa perbedaannya?

Beasiswa fully funded atau beasiswa penuh menyediakan pembiayaan secara menyeluruh, yakni mencakup uang kuliah, biaya akomodasi, buku, biaya penelitian, dan lain-lain yang berhubungan dengan kebutuhan selama kuliah. Tak hanya itu, beberapa beasiswa fully funded juga menyediakan uang saku bahkan asuransi bagi penerimanya.

Sementara itu beasiswa partially funded hanya membiayai setengah atau kurang dari kebutuhan di atas. Umumnya pembiayaan yang ditawarkan hanya mencakup uang kuliah.

Dengan perbedaan besar ini, banyak pemburu beasiswa yang mengincar tipe fully funded.

Orang yang menerima beasiswa disebut sebagai awardee. Apa saja yang akan diterima seorang awardee? Berikut penjelasannya dalam artikel Arti Awardee Beasiswa, Siapkah Kamu Menjadi Salah Satunya?

25 Beasiswa Fully Funded yang Populer di Berbagai Negara

Berikut beberapa beasiswa di berbagai negara dengan pembiayaan penuh untuk jenjang S-1, S-2, hingga S-3.

1. National University of Singapore (NUS) – ASEAN Undergraduate Scholarship

Beasiswa ini disediakan untuk jenjang S-1, yakni dapat diikuti lulusan SMA dari seluruh negara di Asia Tenggara, kecuali Singapura. Beasiswa yang ditawarkan mencakup biaya kuliah, tunjangan hidup, tunjangan akomodasi, serta tunjangan komputer.

Beasiswa ini mengikat mahasiswa selama masa studi, artinya kamu harus mempertahankan nilai dan tidak boleh mengundurkan diri sebelum kuliah berakhir. Selain itu, kamu juga harus berpartisipasi dalam Program Keterlibatan Masyarakat.

National University of Singapore sendiri dikenal sebagai salah satu universitas bergengsi di kawasan Asia. Maka dari itu, persaingan masuk dan pendaftaran beasiswa di sini cukup ketat.

ASEAN Undergraduate Scholarship di NUS dibuka pada 1 November 2022 dan ditutup pada 31 Januari 2023.

2. Stipendium Hungaricum Scholarship Program

Stipendium Hungaricum adalah beasiswa yang ditawarkan pemerintah Hungaria. Beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa asing dengan prestasi akademik yang memuaskan.

Sebanyak 600 program studi dengan berbagai jenjang pendidikan tinggi, termasuk part-time dan doktoral, ditawarkan dalam beasiswa ini. Stipendium Hungaricum menawarkan pembiayaan untuk uang kuliah, uang saku bulanan, biaya akomodasi, dan asuransi kesehatan.

Uang saku dan biaya akomodasi yang ditawarkan bersifat subsidi. Artinya, biaya hidup di luar jumlah tersebut harus dibayarkan dari keuangan pribadi penerima beasiswa.

Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada 15 November 2022 dan berakhir pada 16 Januari 2023.

3. Kyoto University of Advanced Sciences Scholarship

Beasiswa Kyoto University of Advanced Sciences ditujukan untuk mahasiswa asing yang akan menempuh pendidikan S-1, S-2, dan S-3. Pendaftaran beasiswa akan dibuka pada Februari 2023.

Kyoto University of Advanced Sciences adalah universitas kedua tertua di Jepang dan termasuk salah satu universitas paling bergengsi di Asia. Dengan titel tersebut, proses seleksi masuk universitas swasta ini tergolong ketat.

4. Maastricht University Holland-High Potential Scholarship

Maastricht University Holland-High Potential Scholarship menawarkan pembiayaan yang mencakup uang kuliah dan uang saku. Beasiswa ini ditawarkan bagi siswa yang berasal dari luar Uni Eropa dengan prestasi akademik cemerlang.

Beasiswa tersebut ditawarkan oleh Maastricht University dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda. Dengan tingkat kompetisi yang sangat tinggi, hanya 2 persen pendaftar yang akan diterima.

Pendaftaran Maastricht University Holland-High Potential scholarship ditutup pada 1 Februari 2023.

5. Amsterdam Merit Scholarship (AMS) – S2 University of Amsterdam Graduate School of Humanities

AMS adalah beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa S-2. Beasiswa ini mencakup uang kuliah secara penuh selama masa studi berlangsung.

Penerima beasiswa AMS akan berpartisipasi dalam komunitas dan kegiatan ekstrakurikuler sesuai bidang pendidikan yang ditempuh. Pendaftaran beasiswa dibuka sampai 15 Januari 2023.

beasiswa kuliah

6. ADB JSP – APU Ritsumeikan

Beasiswa ADB JSP – APU Ritsumeikan disediakan untuk mahasiswa S-2. Pembiayaan yang ditawarkan mencakup uang pendaftaran, uang kuliah, uang saku bulanan, biaya penelitian dan studi, asuransi kesehatan, dan penerbangan kelas ekonomi pada awal dan akhir masa studi.

Beasiswa yang ditawarkan berlaku selama satu tahun. Setelah itu, perpanjangan beasiswa akan ditentukan berdasarkan hasil akademik mahasiswa.

Pendaftaran dibuka sampai 18 Januari 2023.

7. Program Beasiswa S-2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo

Program Beasiswa S-2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo dibuka setiap tahunnya untuk universitas tertentu. Secara khusus, beasiswa ini ditawarkan bagi mahasiswa program magister di jurusan tertentu.

Pembiayaan yang ditawarkan mencakup uang kuliah, biaya operasional, serta biaya lainnya yang ditanggung pemerintah pusat, daerah, atau satuan kerja.

8. Utrecht University

Utrecht University di Belanda menyediakan beasiswa penuh untuk mahasiswa dari luar kawasan Uni Eropa. Beasiswa ini berlaku untuk program magister di berbagai bidang studi.

Terdapat dua jenis pembiayaan, yakni uang kuliah saja dan uang kuliah beserta uang saku. Pembiayaan berlangsung selama satu sampai dua tahun sesuai masa studi program. Perpanjangan beasiswa akan ditentukan berdasarkan prestasi akademik.

Pendaftaran beasiswa berakhir pada 31 Januari 2023.

9. BI Norwegian Business School

BI Norwegian Business School menyediakan beasiswa untuk tingkat pendidikan S-1, S-2, hingga S-3 untuk mahasiswa asing dan Norwegia. Syarat penerimaan beasiswa berbeda-beda, yakni sesuai dengan jenjang dan bidang studi yang dipilih. Syarat yang umumnya diberikan adalah prestasi akademik, pencapaian non-akademik, dan skor GMAT, GRE, atau CAT.

Pembiayaan yang ditawarkan pun berbeda-beda sesuai kewarganegaraan, jenjang pendidikan, dan program beasiswa yang diambil. Pendaftaran dibuka hingga 1 Maret 2023.

10. Chinese Government Scholarship – AUN Program

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok menawarkan beasiswa penuh di berbagai universitas di negaranya. Beasiswa ini ditujukan untuk jenjang pendidikan magister di program studi apapun.

Pembiayaan mencakup uang kuliah, biaya akomodasi atau subsidi, uang saku bulanan, dan asuransi kesehatan. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 12 Februari 2023.

essay beasiswa

11. Special Scholarship Program – Kochi University of Technology

Kochi University of Technology menawarkan beasiswa penuh untuk jenjang doktoral. Pendaftaran dibuka sampai 17 Maret 2023.

Pembiayaan meliputi uang pangkal, uang kuliah serta subsidi biaya perjalanan dan biaya hidup. Mahasiswa akan mengikuti proyek penelitian dan mendapatkan gaji bulanan yang dapat digunakan sebagai uang saku.

12. Doha Institute for Graduate Studies

Doha Institute for Graduate Studies menawarkan beasiswa penuh untuk jenjang S-2. Pendaftaran beasiswa akan ditutup setelah 20 Januari 2023.

Terdapat dua jenis beasiswa yang ditawarkan, yakni Tamim dan Sanad. Beasiswa Tamim diberikan berdasarkan prestasi akademik. Sementara itu beasiswa Sanad diberikan berdasarkan kemampuan finansial mahasiswa.

Pembiayaan meliputi uang kuliah, biaya akomodasi, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, dan biaya perjalanan pada awal dan akhir masa studi.

Selain beasiswa, kamu dapat pula mencoba pembiayaan studi dengan fellowship. Berikut ulasannya dalam artikel Fellowship adalah Salah Satu Jenis Beasiswa, Berminat Coba?

13. Lingnan University

Lingnan University di Hong Kong menyediakan beasiswa untuk pendidikan S-1. Pendaftaran beasiswa berakhir pada 17 Mei 2023.

Skema penerimaan beasiswa berbeda-beda, mulai dari beasiswa penuh (uang kuliah dan subsidi biaya hidup), beasiswa sebagian, beasiswa uang kuliah penuh, serta beasiswa uang kuliah sebagian.

Setiap tahunnya, penerima beasiswa akan dievaluasi berdasarkan hasil akademik.

14. DIGS-BB Internship Program

Beasiswa DIGS-BB Internship Program ditawarkan untuk magang non-degree di Technische Universität Dresden (TUD), Jerman. Pembiayaan mencakup uang saku bulanan untuk keperluan akomodasi, perjalanan, dan biaya hidup. Pendaftaran dibuka hingga 31 Januari 2023.

15. Danish State Scholarship – Aarhus University

Danish State Scholarship menyediakan beasiswa penuh untuk mahasiswa S-2 pada berbagai program studi di Aarhus University, Denmark. Pendaftaran dibuka hingga 15 September 2023.

Pembiayaan yang ditawarkan bergantung pada fakultas dan program yang diikuti. Beberapa fakultas hanya menyediakan pembiayaan uang kuliah, sementara ada pula yang menyediakan uang saku bulanan.

lister blog juni 2022 contoh study plan beasiswa outline dan tips membuatnya

16. University of Hong Kong

University of Hong Kong menawarkan beasiswa penuh untuk jenjang S-1 di berbagai program studi. Pendaftaran beasiswa dibuka hingga 24 Agustus 2023.

Seleksi penerimaan beasiswa ditentukan berdasarkan prestasi akademik calon mahasiswa yang mendaftar.

17. Singapore University of Technology and Design

Singapore University of Technology and Design menawarkan beasiswa penuh untuk jenjang PhD kepada mahasiswa asing dari seluruh negara.

Beasiswa ini meliputi uang sekolah, uang saku bulanan, subsidi biaya konferensi, biaya penelitian, serta magang. Tak hanya itu, beasiswa tersebut menawarkan kesempatan penelitian di berbagai negara.

Batas akhir pendaftaran adalah 28 Februari 2023.

18. Hamad Bin Khalifa University (HBKU) Scholarship

HBKU, salah satu universitas di Qatar, menawarkan beasiswa untuk seluruh jenjang pendidikan tinggi, yakni S-1, S-2, dan S-3. Beasiswa yang ditawarkan bersifat penuh.

Jumlah beasiswa yang diberikan bergantung pada jenjang pendidikan, prestasi akademik, dan kemampuan finansial. Pendaftaran berakhir pada 1 Februari 2023.

19. Romanian Government Scholarship

Pemerintah Rumania menyediakan beasiswa di berbagai universitas di negaranya untuk seluruh jenjang pendidikan tinggi. Pendaftaran beasiswa dibuka pada 14 Desember 2022 dan berakhir pada 1 Maret 2023.

Pembiayaan beasiswa mencakup kursus bahasa Rumania untuk persiapan, uang kuliah sesuai masa studi yang berlaku, uang saku bulanan, biaya akomodasi, bantuan biaya kesehatan, biaya transportasi, dan bebas biaya visa studi.

20. LPDP

Pemerintah Indonesia menyediakan bantuan biaya pendidikan melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diselenggarakan Kementerian Keuangan. Beasiswa ini tersedia untuk lulusan D-4/S-1 dan S-2 yang akan menempuh pendidikan S-2 atau S-3 di dalam maupun luar negeri.

Pendaftaran beasiswa LPDP tahap I berlangsung pada Februari hingga Maret 2023, kemudian tahap II pada Juli hingga Agustus 2023.

Salah satu esai yang sering muncul sebagai syarat pendaftaran beasiswa adalah motivation letter. Agar dapat menghasilkan motivation letter yang menggugah pembaca, simak tipsnya dalam artikel Apa itu Motivation Letter dan Kenapa Penting untuk Beasiswa?

Beasiswa-SMA-Luar-Negeri

21. Türkiye Scholarships

Pemerintah Turki membuka kesempatan mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan di negaranya secara gratis. Beasiswa tersedia untuk program full-time, short-term, serta program gabungan S-1, S-2, dan S-3.

Pembiayaan yang diberikan berbeda-beda, tergantung pada program yang diambil penerima beasiswa. Pada program full-time, penerima beasiswa akan mendapatkan uang kuliah, uang saku bulanan, biaya perjalanan di awal dan akhir masa studi, kursus bahasa Turki untuk satu tahun, biaya akomodasi, dan asuransi kesehatan.

Sementara itu pembiayaan program short-term hanya mencakup uang saku bulanan dan biaya akomodasi.

Untuk mendapatkan beasiswa, kamu harus menunjukkan prestasi akademik, tujuan akademik, partisipasi dalam kegiatan sosial, tujuan karier, serta konsistensi.

22. Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia

Mitsui Bussan secara khusus menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar bahasa Jepang selama 1,5 tahun dan menempuh pendidikan S-1 di Jepang.

Beasiswa disediakan untuk bidang Sains, Teknik, Ilmu Sosial, Bisnis, dan Perdagangan. Bidang studi tersebut akan diputuskan bersama dengan kesepakatan program, sesuai dengan latar belakang dan permohonan pelamar.

Beasiswa yang ditawarkan mencakup biaya pendaftaran, uang pangkal, uang kuliah, kursus bahasa Jepang, uang saku bulanan, biaya perjalanan pada awal dan akhir masa studi, subsidi akomodasi, buku, uang saku saat kedatangan, serta asuransi jiwa, penerbangan, dan kecelakaan.

Pendaftaran berakhir pada 17 Februari 2023.

23. University of Adelaide

University of Adelaide, Australia menawarkan beasiswa penuh untuk mahasiswa asing yang telah menempuh pendidikan magister atau doktoral melalui program penelitian.

Pembiayaan meliputi uang kuliah, uang saku bulanan, Overseas Student Health Cover (OSHC), biaya perjalanan, dan biaya publikasi. Penerimaan beasiswa ditentukan berdasarkan prestasi akademik dan potensi penelitian.

Pendaftaran beasiswa dibuka hingga 6 Februari 2023.

24. Undergraduate Scholarships – Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Sebagai salah satu universitas unggulan di Korea Selatan, KAIST menawarkan beasiswa penuh untuk mahasiswa asing dari seluruh negara.

Pembiayaan mencakup uang kuliah selama 8 semester serta uang saku bulanan untuk biaya hidup dan asuransi kesehatan. Beasiswa ini hanya tersedia untuk jenjang pendidikan S-1.

Pendaftaran dibuka hingga 13 Januari 2023 (Reguler) dan 26 Mei 2023 (Akhir).

25. MBA Scholarship – Harvard University

Harvard Business School Master of Business Administration (MBA) menyediakan beasiswa bagi pelamar yang dinyatakan sudah diterima. Seleksi beasiswa ditentukan berdasarkan nilai Graduate Management Admission Test (GMAT), potensi, serta komitmen pelamar.

Pembiayaan yang diberikan terdiri dari uang kuliah, uang saku, biaya akomodasi, serta biaya perjalanan. Beasiswa berlaku selama dua tahun akademik.

Pendaftaran beasiswa berakhir pada 31 Mei 2023.

Siapkah Kamu Menjadi Awardee Beasiswa?

Sudah diterima di universitas luar negeri, tetapi belum mendapatkan beasiswa? Saatnya kamu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dengan mengikuti Mentoring Beasiswa di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?