Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Arti Awardee Beasiswa, Siapkah Kamu Menjadi Salah Satunya?

awardee

​​Mentoring Beasiswa – Mendapatkan beasiswa adalah impian banyak pelajar dan mahasiswa. Dengan adanya beasiswa, kamu tidak perlu lagi memusingkan biaya pendidikan, bahkan uang saku. Saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa, kamu sudah dapat disebut sebagai awardee.

Tahukah kamu arti awardee dan tanggung jawabnya?

Arti Awardee

Dalam Cambridge Dictionary dijelaskan arti awardee adalah a person who is given money, a prize, etc. by an official organization.

Artinya orang yang menerima uang, hadiah, dan lain-lain dari organisasi resmi.

Dalam dunia pendidikan, ada pula yang disebut dengan awardee, yakni pelajar atau mahasiswa yang memperoleh beasiswa dari institusi tertentu. Pemberi beasiswa dapat berupa organisasi non-profit, pemerintah, donatur perseorangan, dan lain-lain.

Penentuan Awardee

Kandidat penerima beasiswa wajib memenuhi syarat tertentu. Salah satu syarat yang umumnya selalu ada yaitu nilai akademik.

Selain itu, biasanya ada syarat kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat. Kamu dapat membaca penjelasannya di artikel Dear Pejuang Awardee, Begini Syarat IELTS LPDP.

Ada pula syarat beasiswa yang berkaitan dengan pencapaian non-akademik, latar belakang finansial, latar belakang sosial, dan lain-lain. Kriteria ini ditentukan oleh pemberi beasiswa sendiri.

Setelah menentukan kandidat yang lolos sebagai awardee, pemberi beasiswa akan menyerahkan bantuan biaya pendidikan. Jumlah dana pendidikan dan benefit lainnya ditentukan oleh pemberi beasiswa. Bantuan biaya yang diberikan dapat meliputi potongan pajak sesuai ketentuan pemberi beasiswa atau pemerintah.

Fasilitas yang diberikan dapat mencakup:

  • Biaya pendidikan
  • Uang saku
  • Biaya buku
  • Biaya penelitian
  • Biaya pelatihan
  • Biaya akomodasi transportasi menuju institusi pendidikan di luar negeri

Durasi beasiswa dapat bervariasi, tetapi umumnya diberikan dalam jangka waktu terbatas. Misalnya selama 4 tahun untuk mahasiswa S-1 dan 2 tahun untuk mahasiswa S-2.

Kewajiban Awardee

Sebagai ganti bantuan biaya pendidikan yang sudah diberikan, umumnya penerima beasiswa memiliki sejumlah kewajiban. Namun hal ini tidak selalu menjadi syarat. Ada beberapa pemberi beasiswa yang membebaskan awardee dari kewajiban.

Berikut beberapa contoh kewajiban yang mengikat penerima beasiswa.

  • Kembali ke negara asal setelah selesai studi
  • Melaporkan bukti nilai akademik
  • Mempertahankan nilai dan prestasi akademik maupun non-akademik
  • Melaporkan penggunaan biaya pendidikan
  • Berpartisipasi dalam acara yang diadakan pemberi beasiswa
  • Terikat dengan kontrak kerja setelah selesai studi

Selain scholarship, ada pula jenis beasiswa yang disebut fellowship. Sebelum mendaftar, kamu perlu tahu perbedaannya yang dijelaskan dalam artikel Fellowship adalah Salah Satu Jenis Beasiswa, Berminat Coba?

Tips Menjadi Awardee

Melihat tingginya peminat beasiswa di dalam dan luar negeri, proses seleksi tentu sangat ketat. Sejumlah Alumni Lister berbagi pengalaman tentang proses persiapan dan pendaftaran beasiswa berikut ini.

  • As Syifa mempersiapkan diri dengan belajar membuat esai beasiswa dengan struktur tertata, menggunakan tata bahasa standar, penempatan main idea di awal esai, dan mengikuti aturan kerangka esai.
  • Nasya mendalami Academic English yang bermanfaat dalam tes kemampuan bahasa Inggris dan studi lanjut setelah SMA.
  • Dina Alifatul berhasil lolos beasiswa LPDP luar negeri setelah mempersiapkan esai beasiswa dengan tekun. Selain itu, ia berlatih melakukan wawancara bahasa Inggris agar tidak terbata-bata.
  • Eksa Rettania mempelajari materi, tata cara, dan gestur yang tepat untuk wawancara beasiswa.

Siapkah Kamu Menjadi Awardee? Ikuti Mentoring Beasiswa!

Sudah diterima di universitas luar negeri, tetapi belum mendapatkan beasiswa? Saatnya kamu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dengan mengikuti Mentoring Beasiswa di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!