Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

[Cerita Alumni] Bersama Mentor, Dina Alifatul Makin Tekun Perjuangkan LPDP

alumni Dina LPDP

Kursus Mentoring Beasiswa – Sebagaimana kata pepatah, “Pengalaman adalah guru yang terbaik.” Begitu pula yang terjadi pada salah satu alumni Lister bernama Dina Alifatul. Sudah dua kali melamar beasiswa, tetapi hasilnya nihil. Hingga akhirnya, ia memutuskan untuk ikut Program Mentoring Beasiswa di Lister sebagai bekal menaklukkan seleksi beasiswa LPDP master selanjutnya.

Salah satu alumni Program Mentoring Beasiswa adalah Dina Alifatul M yang bekerja sebagai PNS di Kemenkeu. Dirinya lolos tahap 1 seleksi LPDP dan akan mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi tahap wawancara.

Ia pun mengambil kelas beasiswa LPDP bersama private tutor. Materi yang didapatkan beragam dan seputar trik khusus menghadapi seleksi LPDP.  Menurut penuturannya, terdapat materi bagaimana cara membuat essay yang bagus disertai latihan wawancara LPDP. 

Adapun nama tutor yang mengajar adalah Intan Farhana. Gaya pembelajaran yang digunakan strict, sehingga cocok untuk mendisiplinkan siswanya yang kerap malas. Dina menuturkan alasan mengikuti kelas ini adalah agar diterima beasiswa LPDP, karena sudah ditolak oleh dua beasiswa sebelumnya. 

Baca juga: [Cerita Alumni] Eksa Rettania Berbagi Pengalaman Siapkan Tes Wawancara LPDP Bersama Lister

Menulis Essay Bahasa Inggris itu Sulit?

Tak dapat dipungkiri, menulis essay adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk berproses sekaligus berpikir secara runtut. 

Secara pengertian, essay adalah jenis tulisan singkat yang membutuhkan ragam kemampuan seperti membaca, menganalisa, melakukan perbandingan dan kontras. Sehingga, dibutuhkan kolaborasi kemampuan untuk menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk esai tulisan yang komprehensif dan kohesif. 

Pada awal mengikuti kelas, essay yang dihasilkan Dina sangat acak-acakan, tidak teratur, dan tidak akademik. 

Namun, setelah mengikuti beberapa pertemuan kelas bersama Tutor Intan, ia pun berhasil menulis essay akademik dalam bahasa Inggris yang bagus dan lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu,  terdapat sesi latihan wawancara pertama kali, ia pun merasa sangat terbata-bata dalam berbicara bahasa Inggris.

Setelah dibantu dengan beberapa masukan dari tutor, wawancara pun berjalan dengan lancar. Masukan dari Tutor Intan pun sangat berarti dan Dina pun berhasil LULUS beasiswa LPDP Luar Negeri, sembari saat ini tinggal menunggu LoA.

Kursus Mentoring Beasiswa, Bantu Raih Kampus Impian

Sudah tahu beasiswa apa yang ingin kamu kejar? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Mentoring Beasiswa

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!