Arti Bahasa Jepang Utsukushii, Apa Bedanya dengan Kirei?

utsukushii

Utsukushii adalah kata dalam bahasa Jepang yang sering didengar dalam anime maupun film. Kata ini sering digunakan untuk memuji.

Sudah tahukah kamu artinya? Cari tahu cara penggunaannya di penjelasan berikut ini.

Apa arti utsukushii?

Utsukushii merujuk pada warna, bentuk, atau suara yang indah. Kata ini termasuk kata sifat bahasa Jepang. Kata utsukushii termasuk kata sifat -i.

Utsukushii juga dapat diartikan sebagai indah, cantik, menyenangkan, tampan, enak dilihat, atau mempesona. Utsukushii dianggap tidak hanya sekadar cantik atau indah, tetapi sebagai “keindahan sesungguhnya yang mempesona”.

Kanji美しい
Hiraganaうつくしい

Asal-usul utsukushii

Utsukushii awalnya berasal dari kata kerja itsukushimu, artinya menunjukkan belas kasih kepada orang yang lemah.

Seiring berjalannya waktu, pada Periode Heian, itsukushimu mulai digunakan untuk menunjukkan rasa gemas terhadap anak kecil atau orang yang lebih muda. Arti tersebut mulai lebih banyak digunakan.

Kanji utsukushii (美しい) terdiri dari karakter 羊, artinya domba, dan 大, artinya besar. Hal ini merujuk pada domba adalah hewan langka di masa lampau, sehingga digunakan sebagai persembahan kepada para dewa.

Di Kyoto terdapat sebuah kuil yang dinamai Utsukushii-gozensha. Utsukushii berarti cantik, gozen berarti wanita, dan sha berarti kuil. Kuil tersebut diyakini memberikan kecantikan bagi para wanita yang datang.

Perbedaan dengan kirei

Selain utsukushii, memuji cantik dalam bahasa Jepang dapat menggunakan kata kirei (綺麗). Namun kata kirei tidak terlalu menegaskan makna keindahan objek yang disebutkan.

Selain itu kirei lebih merujuk pada sifat rapi atau bersih.

Contoh kalimat utsukushii

  • 私は美しいうみを見たいです。 (Watashi wa utsukushii umi o mitai desu.) – Aku ingin melihat laut yang indah.
  • 香奈はとても美しい声で歌った。 (Kana wa totemo utsukushii koe de utatta.) – Kana bernyanyi dengan suara yang indah.
  • 「美しい」とか「醜い」といった言葉は相対的な用語である。 (`Utsukushī’ toka `minikui’ to itta kotoba wa sōtaitekina yōgodearu.) – Kata-kata seperti “cantik” dan “jelek” adalah istilah yang relatif.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!