Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Sejarah Kanji Jepang yang Penuh Pro dan Kontra

Sejarah kanji jepang lister

Di antara unsur-unsur kebudayaan Cina yang diimpor ini, yang sangat berpengaruh dan membuka lembaran baru pada kesusastraan Jepang
adalah Tulisan Kanji. Berkat adanya tulisan Kanji orang Jepang mulai dapat menulis kesusastraannya. Selanjutnya tulisan kanji dikembangkan sampai menghasilkan abjad Hiragana dan Katakana.

Huruf Kanji yaitu huruf yang merupakan lambang, ada yang berdiri sendiri, ada juga yang harus digabung dengan huruf Kanji yang lainnya atau diikuti dengan huruf Hiragana ketika digunakan untuk menunjukkan suatu kata. Huruf Kanji berasal dari Cina yang jumlahnya cukup banyak.

Belajar huruf Kanji memang tidak selalu mudah, tapi mempelajari sejarah dibalik huruf-huruf Kanji bisa menjadi opsi untuk menambah wawasan sekaligus mengurangi kejenuhan belajar hurufnya lho!

japan sakura GIF

Masalah kanji tidak hanya bentuk abstraknya tetapi juga cara membacanya, yang biasanya satu kanji memiliki lebih dari dua cara membaca. Bahkan, sebuah Kanji memiliki cara membaca Jepang (kun yomi / ) dan cara membaca Cina (On yomi / ). Setelah menyelesaikan semua tugas ini, Anda masih perlu mempelajari kapan Anda harus membacanya di Kun yomi atau di On yomi.

huruf kanji

Shin (on yomiMa (kun yomi) berarti benar-benar.

Karakter ini awalnya untuk menggambarkan mayat yang kehilangan nyawa karena desastre. Bagian atas “匕” adalah mayat yang terbaring ke belakang dan bagian bawah “県” adalah rambut yang menjuntai dari tubuh.

Orang-orang percaya bahwa orang mati yang terbunuh oleh desastre menjadi roh pendendam yang memiliki kekuatan spiritual yang kuat. Dan roh-roh itu perlu diabadikan untuk menghibur kematian.

Inilah sebabnya mengapa karakter, (tsutsushimu/moderat) dan (shizumeru/memadamkan) digunakan untuk upacara untuk menenangkan roh pendendam.

huruf kanjiiiiii

Selanjutnya adalah Michi (kun yomi) dan Dou (on yomi) dan artinya jalan. Orang yang berlatih seni bela diri sangat akrab dengan karakter ini dan sebenarnya ini adalah salah satu Kanji paling populer di antara mereka.

Huruf Kanji ini dibuat dari bentuk tangan yang memegang kepala (terpisah dari badan tentunya…).

Pada zaman dahulu, orang menggunakan kepala untuk memurnikan roh jahat yang membawa bencana dan kutukan di gurun yang tidak memiliki jalan.

Kisah dibalik huruf di atas memang masih pro dan kontra.

huruf kanji jepang

Huruf kanji 取 dibaca Toru (kun yomi) dan Shu (on yomi), artinya mengambil.

Namun, tahukah kamu cerita dibalik huruf Kanji itu sedikit menyeramkan dan kejam karena di sisi kiri Kanji ini ada (mimi/telinga) tapibagaimana dengan yang sisi kanan? Huruf di sebelah kanan dibaca sebagai Yuu (pada yomi) dan Mata (kun yomi) yang berarti tangan.

Di Tiongkok kuno, para tentara memotong telinga kiri musuh yang mereka bunuh untuk melihat berapa banyak yang sudah menjadi korban pembunuhan. Huruf Kanji ini yang berasal dari sastra dari tindakan “mengambil telinga di tangan”.