Tren Kawaii di Jepang: Arti, Asal-usul, hingga Tempat Wisata Imut!

kawaii

Kursus Bahasa Jepang – Kawaii merupakan salah satu ungkapan bahasa Jepang yang populer di berbagai anime atau film. Kata ini digunakan untuk memberikan pujian kepada sesuatu atau seseorang yang dianggap cantik atau menggemaskan.

Arti Kawaii

Mengutip Collins Dictionary, kawaii (かわいい) merupakan adjektiva atau kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang imut, cantik, dan menggemaskan sesuai dengan gaya seni dan budaya Jepang.

Ungkapan ini biasa diucapkan orang Jepang untuk memuji wanita cantik atau imut. Namun tak hanya itu, kawaii juga dapat digunakan untuk mendefinisikan objek atau barang yang menggemaskan.

Awal Mula Tren Kawaii

Budaya kawaii mulai marak sekitar tahun 1970-an berkat pensil mekanik yang menimbulkan maraknya gaya penulisan baru. Pensil mekanik ini dapat menciptakan tulisan yang lebih halus, sehingga orang-orang sering menambahkan karakter yang lucu dan menggemaskan pada tulisan mereka.

Tren kawaii pada tahun 1970-an juga marak di kalangan siswi di Jepang yang diawali dengan karakter kucing Hello Kitty karya desainer Sanrio Yuko Shimizu pada 1974. Munculnya karakter lain seperti My Melody, Cinnamoroll, dan Pompompurin turut menambah popularitas kawaii.

Kegemaran masyarakat Jepang terhadap hal-hal yang imut juga terwujud dalam tren fashion, salah satunya model gyaru. Apa itu gyaru? Simak penjelasannya dalam artikel Mengenal Gyaru, Fashion dan Budaya Jepang yang Nyentrik!

Budaya Kawaii Sebagai Bentuk Pemberontakan

Jepang dikenal sebagai negara yang ambisius terhadap karier. Selain itu, orang dewasa di Jepang dituntut agar mematuhi serangkaian norma sosial yang mengatur mereka dalam berperilaku. Hal ini membuat banyak remaja Jepang yang enggan menjadi orang dewasa karena berpikir kebebasannya akan terampas. 

Maka dari itu, banyak remaja yang memilih tetap berpenampilan dan berperilaku seperti anak-anak agar dapat mempertahankan kebebasan mereka. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kawaii merupakan bentuk pemberontakan para remaja di Jepang.

Sanrio Puroland
Sanrio Puroland

7 Ungkapan Lain Kawaii

Dilansir dari Alex Rock in Japanese, berikut tujuh ungkapan yang merupakan pengembangan dari kata kawaii.

Kawayu/Kawayusu

Kawayu (かわゆ, 川湯), memiliki arti yang sama dengan kawaii, tetapi ungkapan kawayusu lebih sering dipakai dalam situasi informal dan media sosial.

Kawayu adalah salah satu slang dalam bahasa Jepang. Kata ini hanya digunakan untuk memuji orang lain. Walaupun kawayu dapat digunakan untuk laki-laki maupun perempuan, umumnya pria Jepang lebih sering menggunakan kawayusu.

Kakko Kawaii

Kakko kawaii (カッコ可愛い, かっこかわいい) adalah ungkapan untuk memadukan sesuatu yang imut dan keren secara bersamaan. Kamu bisa menggunakan ungkapan ini untuk mendeskripsikan seseorang yang keren dan imut secara bersamaan. 

Kawachii

Kawachii (かわちー, かわちい) digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat imut dan kekanak-kanakan. Ungkapan ini biasanya digunakan oleh wanita muda agar dirinya terlihat seperti anak kecil dan diucapkan pada orang yang dirasa imut dan menggemaskan.

Gekikawa

Gekikawa (激かわ) terdiri dari kata geki (激) yang berarti “sangat” dan kawa (かわ) yang merupakan dua suku kata pertama dari kawaii. Jadi, gekikawa memiliki arti “sangat imut”. Ungkapan ini dapat digunakan dalam percakapan informal antara pria dan wanita yang sama-sama masih muda.

Mecha Kawa

Hampir sama dengan gekikawa, mecha kawa (めちゃカワ) juga memiliki arti “sangat imut”, tetapi ungkapan ini hanya digunakan untuk kondisi informal. Kamu juga bisa mengatakan “mecha kawaii” (めちゃ可愛い, めちゃかわいい) atau “mecha kucha kawaii” (めちゃくちゃ可愛い, めちゃくちゃかわいい).

Kyuuto

Kyuuto (キュート) adalah kata serapan dari bahasa Inggris cute yang sama-sama memiliki arti “imut”. Ungkapan ini jarang digunakan di Jepang, karena bukan kata asli bahasa Jepang. Jadi, masyarakat Jepang lebih memilih untuk tetap menggunakan kata kawaii.

Aikurushii

Aikurushii (愛くるしい) dapat diartikan sebagai indah, imut, menawan, dan manis. Kata ini digunakan dalam bahasa Jepang untuk menggambarkan seseorang yang memiliki karakter yang imut dan manis. Berbeda dengan kata kawaii yang tidak digunakan untuk menyebut seseorang yang manis dan menggemaskan.

Contoh Kalimat Menggunakan Kawaii

Berikut contoh kalimat yang mengandung kata kawaii beserta terjemahannya agar kamu lebih mudah memahami cara penggunaannya.

  • 私の娘は可愛くて綺麗です わたしのむすめはかわいくてきれいです. (watashi no musume wa kawaikute kirei desu) – Anak perempuanku imut dan cantik.
  • 私の彼氏は可愛くない (わたしのかれしはかわいくない) (watashi no kareshi wa kawaikunai) – Kekasihku tidak imut.
  • 赤ちゃんは可愛いですね (あかちゃんはかわいいですね) (akachan wa kawaii desu ne) – Bayi itu lucu, bukan?

Kamu juga bisa mempelajari kosakata bahasa Jepang lainnya dalam artikel Arti Bahasa Jepang Utsukushii, Apa Bedanya dengan Kirei?

Monster Cafe
Monster Cafe

Kawaii dalam Pop Culture Jepang

Istilah kawaii banyak ditemui pada budaya pop Jepang, seperti karakter anime, fashion, maskot, atau kafe. Belakangan ini, pemerintah Jepang menjadikan budaya kawaii sebagai salah satu strategi untuk menarik perhatian para turis.

3 Destinasi Wisata Bernuansa Kawaii

Berikut adalah beberapa destinasi di Jepang dengan unsur kawaii, seperti yang dikutip dari Japan Wonder Travel.

Kawaii Monster Cafe

Sesuai namanya, kafe ini sangat kental dengan nuansa yang imut dan penuh warna. Berlokasi di Shibuya yang merupakan distrik perbelanjaan paling populer di Tokyo, kafe ini tidak hanya menyajikan makanan dan minuman, tetapi juga merchandise, wahana bermain, dan bar.

Sanrio Puroland

Sanrio Puroland merupakan wahana bermain bertema karakter kucing yang populer, Hello Kitty. Bak negeri dongeng, kamu bisa memanjakan mata dengan dekorasi, pernak-pernik, dan berbagai aktivitas yang menggemaskan. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga dapat menghabiskan waktu di sini.

Tokyo Character Street

Tokyo Character Street yang terletak di Stasiun Tokyo Ichibangai merupakan surga bagi 26 karakter animasi menggemaskan khas Jepang. Terdapat Rilakkuma, Pokemon, karakter Ghibli, hingga karakter kartun asal Filipina, Moomin. Jika kamu pecinta suvenir menggemaskan maupun karakter animasi, Tokyo Character Street wajib ada dalam daftar destinasi tujuanmu.

Ingin Traveling ke Jepang? Saatnya Belajar Bahasanya!

Liburan di Jepang akan lebih seru jika kamu menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.