9 Jenis Alat Pembayaran Perdagangan Internasional yang Sah

alat pembayaran perdagangan internasional

Kursus Business English – Pernahkah kamu bertransaksi dengan negara lain dan bingung memilih alat pembayaran? Tenang, kamu tidak sendirian! Dalam dunia perdagangan internasional, alat pembayaran perdagangan internasional berperan penting.

Salah satu yang utama, untuk memastikan setiap transaksi berjalan lancar dan sah di mata hukum. Tidak hanya berupa uang, ada berbagai instrumen pembayaran yang diakui dan dapat digunakan secara global.

1. Konsinyasi

Konsinyasi adalah alat pembayaran perdagangan internasional di mana penjual menyerahkan barang dagangan kepada agen atau pihak ketiga tanpa melakukan penjualan langsung. Pembayaran untuk barang tersebut baru dilakukan setelah barang terjual. Jika dalam jangka waktu tertentu barang tersebut tidak terjual, barang bisa dikembalikan kepada penjual.

Keunggulan dari alat pembayaran perdagangan internasional ini termasuk risiko yang lebih rendah bagi penjual karena mereka hanya akan menerima pembayaran setelah barang berhasil terjual. Namun, kekurangannya adalah penjual mungkin harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan pembayaran.

2. Cek

Cek adalah dokumen perintah tertulis yang diberikan oleh penerbit kepada bank untuk membayar sejumlah uang yang ditentukan kepada pihak ketiga. Ini adalah salah satu alat pembayaran perdagangan internasional yang masih digunakan hingga saat ini.

Keunggulan cek adalah kemudahan dalam transaksi tanpa perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Namun, cek memiliki risiko seperti penipuan dan bisa ditolak jika penerbit tidak memiliki dana yang cukup di rekening mereka.

3. Paypal

Paypal adalah platform pembayaran elektronik global yang memungkinkan individu dan bisnis mengirim dan menerima uang secara online. Dengan Paypal, pengguna dapat melakukan transaksi lintas negara dengan mudah dan cepat.

Salah satu keunggulan alat pembayaran perdagangan internasional ini adalah keamanannya yang tinggi dan kemampuannya untuk melakukan transaksi lintas batas dengan mudah. Namun, terdapat biaya transaksi yang mungkin dikenakan dan tidak semua negara mendukung layanan Paypal.

4. Emas Batangan

Emas batangan adalah emas murni yang dibentuk dalam bentuk batangan dan diakui secara internasional sebagai alat tukar yang sah. Selain sebagai alat tukar, alat pembayaran perdagangan internasional ini juga sering dijadikan sebagai instrumen investasi.

Emas batangan memiliki nilai yang stabil dan cenderung meningkat seiring waktu, menjadikannya pilihan investasi yang baik. Selain itu, emas adalah aset yang likuid. Namun, penyimpanan emas memerlukan keamanan ekstra, dan harga emas bisa fluktuatif dalam jangka pendek.

5. Wesel

Wesel adalah dokumen tertulis yang menunjukkan perintah atau janji untuk membayar sejumlah uang yang ditentukan kepada pihak tertentu dalam waktu yang ditentukan. Wesel sering digunakan dalam transaksi bisnis sebagai bentuk pembayaran atau sebagai instrumen untuk menagih utang.

Wesel memberikan kepastian pembayaran bagi penerima wesel dan bisa menjadi alat jaminan. Namun, sama seperti cek, wesel bisa ditolak jika penerbit tidak memiliki dana yang cukup, dan proses penagihan mungkin memerlukan waktu.

6. Pembayaran Kemudian

Pembayaran Kemudian, atau dikenal juga dengan istilah “pay later,” adalah alat pembayaran perdagangan internasional di mana konsumen dapat memperoleh barang atau jasa terlebih dahulu dan membayar biayanya di kemudian hari, bisa dengan cicilan atau tunai.

Alat pembayaran perdagangan internasional ini memberikan fleksibilitas bagi konsumen untuk memiliki barang atau jasa tanpa harus membayar di muka. Namun, biasanya dikenakan bunga atau biaya tambahan, dan jika pembayaran terlambat, bisa menimbulkan denda.

7. Uang Tunai

Uang tunai adalah alat pembayaran fisik yang paling umum digunakan, berupa kertas atau logam yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai alat tukar resmi dalam suatu negara.

Uang tunai memudahkan transaksi harian dan diterima di hampir semua tempat. Namun, membawa jumlah besar uang tunai memiliki risiko kehilangan atau pencurian. Selain itu, penggunaan uang tunai dalam jumlah besar dalam transaksi tertentu mungkin memerlukan pelaporan khusus kepada pihak berwenang.

8. Kartu Debit

Kartu Debit adalah kartu plastik yang dikeluarkan oleh bank yang memungkinkan pemegangnya untuk menarik uang dari rekening bank mereka atau melakukan pembayaran elektronik. Dibandingkan kartu kredit, penggunaan kartu debit langsung mengurangkan saldo dari rekening pemegang kartu.

9. Kompensasi Pribadi

Sebagai sebuah metode yang mewakili lintas negara, kompensasi pribadi memungkinkan pembayaran utang piutang di antara individu dari negara yang berbeda, tanpa melibatkan penukaran uang langsung. Sistem ini mirip dengan barter dan sering digunakan untuk menyelesaikan utang antarnegara.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.