7 Cara Meningkatkan IQ, Termasuk Belajar Bahasa Baru!

cara meningkatkan iq

Kursus Bahasa Korea – Banyak yang mengira IQ (intelligence quotient) adalah faktor bawaan lahir yang tidak dapat dilatih. Kenyataannya, ada sejumlah cara meningkatkan IQ bagi anak dan orang dewasa yang dapat dilakukan.

Sejumlah kegiatan ini terbukti berhubungan dengan kecerdasan, sehingga baik dilakukan untuk meningkatkan IQ.

Apa itu IQ?

IQ (intellectual quotient) adalah pengukuran tingkat kecerdasan dan potensi manusia. Pengukuran ini dipopulerkan psikolog asal Prancis, Alfred Binet, pada 1900-an.

IQ diukur melalui serangkaian tes yang dilakukan oleh psikolog. Selain untuk mengukur tingkat kecerdasan, tes IQ digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kemampuan belajar seseorang.

Kecerdasan manusia dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni fluid intelligence dan crystallized intelligence.

Fluid intelligence berhubungan dengan penalaran abstrak, sedangkan crystallized intelligence berhubungan dengan pengembangan keterampilan intelektual.

Tingkat IQ dapat dipengaruhi beberapa hal, mulai dari genetik sampai lingkungan.

  • IQ orang tua
  • genetik
  • gaya hidup
  • cara pengasuhan
  • nutrisi
  • pendidikan

Baca juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula, Cocok Buat Anak

Penyebab IQ rendah

IQ rendah bisa disebabkan oleh berbagai faktor kompleks yang melibatkan kombinasi genetik, lingkungan, dan interaksi antara keduanya. 

Faktor genetik dapat berperan dalam menentukan potensi intelektual seseorang, tetapi lingkungan juga memiliki peran yang kuat dalam perkembangan kecerdasan.

Selain itu, pola makan pada anak-anak juga bisa menyebabkan IQ rendah. 

Salah satunya adalah makan makanan yang tidak bergizi bisa membuat seseorang kurang nutrisi secara keseluruhan dapat mempengaruhi perkembangan otak dan kognitif pada masa pertumbuhan.

Baca juga: Model Pembelajaran Inquiry: Definisi, Jenis, & Penerapannya

7 Cara Meningkatkan IQ

Walaupun dipengaruhi banyak faktor, berikut beberapa cara meningkatkan IQ secara alami.

Games Memori

Games dapat membantu meningkatkan ingatan, penalaran, dan kemampuan berbahasa. Menurut riset, memori berhubungan erat dengan bahasa dan penalaran.

Artinya, aktivitas yang berhubungan dengan memori dapat meningkatkan kecerdasan. Kamu dapat bermain games berikut.

  • Puzzle
  • Teka-teki silang (TTS)
  • Sudoku

Games Executive Control

Executive control adalah kemampuan mengatur kegiatan kognitif yang kompleks. Hal ini termasuk dalam executive function.

Fungsi eksekutif melibatkan sejumlah keterampilan intelektual yang tinggi, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pemecahan masalah, fleksibilitas berpikir, dan pengendalian impuls.

Kemampuan eksekutif ini memungkinkan seseorang untuk mengatasi tugas-tugas yang memerlukan penyesuaian, pemilihan prioritas, dan pengelolaan sumber daya kognitif.

Riset menunjukkan executive function berkaitan erat dengan penalaran, salah satu aspek kecerdasan manusia. Hal ini dapat dilatih dengan games berikut.

  • Scrabble
  • Pictionary
  • Red Light, Green Light

Games Visuospasial

Penalaran visuospasial melibatkan proses pemahaman mental terhadap bentuk fisik. Dalam sebuah studi, ditemukan fakta penalaran visuospasial membantu meningkatkan IQ.

Memori dan executive control turut terlibat dalam visuospasial. Kamu dapat melatih hal ini dengan games berikut.

  • Labirin
  • Point-of-View
  • 3D Model
  • Unfold the Prism

Bermain Musik

Sebuah studi menunjukkan musisi memiliki memori yang lebih baik daripada mereka yang tidak bermain musik. Bermain musik adalah salah satu kegiatan yang disarankan untuk meningkatkan IQ.

Aktivitas ini merangsang berbagai bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan memori dan pengolahan informasi.

Oleh karena itu, bermain musik telah dianggap sebagai salah satu kegiatan yang bisa membantu meningkatkan kapasitas otak.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa peningkatan IQ tidak hanya tergantung pada satu faktor saja, melainkan melibatkan berbagai faktor termasuk pendidikan dan lingkungan.

Mempelajari Bahasa Baru

Orang yang menguasai lebih dari satu bahasa memiliki kemampuan otak yang lebih baik. Dalam salah satu studi, ditemukan fakta terkait mempelajari bahasa baru dengan peningkatan IQ.

Anak-anak yang mempelajari bahasa melalui berbicara dan berinteraksi sejak usia 18-24 bulan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik di kemudian hari.

Membaca

Membaca berperan besar dalam pengembangan kognitif, terlebih jika diperkenalkan sejak dini melalui pola pengasuhan.

Dalam sebuah studi, ditemukan fakta orang tua yang membacakan cerita membantu anak-anaknya memiliki kemampuan bahasa dan kognitif yang lebih baik.

Pendidikan

Pendidikan berperan penting dalam peningkatan kecerdasan. Dalam salah satu studi, ditemukan fakta tingkat pendidikan seseorang berpengaruh terhadap tingkat IQ-nya. Dalam setiap peningkatan pendidikan formal, tingkat IQ turut bertambah.

Baca juga: Metode Jigsaw, Strategi Kolaboratif dalam Pembelajaran

Mitos Tentang Meningkatkan IQ

Beberapa kegiatan di atas tergolong mudah dilakukan dan menyenangkan, contohnya bermain games. Namun ada beberapa kegiatan lain yang terbukti tidak berpengaruh terhadap peningkatan IQ, meskipun selama ini diyakini demikian.

  • Minum multivitamin
  • Mendengarkan musik
  • Berlatih mengerjakan tes IQ

Promo Diskon 50% dan Program Cicilan

Ini keuntungan kursus bahasa Korea di Lister, pilih sesuai bugdet-mu.

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk Private Class (minimal 12 pertemuan). 
  • Pilih jumlah pertemuan dari 2 sampai 80 pertemuan untuk pembelajaran lebih intensif.
  • Pilih paket Ultimate untuk mendapatkan GRATIS Bimbingan Beasiswa / Job Interview!

Kursus Bahasa Korea, Makin Asyik Nonton Drama dan K-Pop! 

Budaya Korea semakin populer dan menyenangkan untuk diikuti. Untuk mendukung hobi dan meraih mimpimu, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Selain itu, kamu juga bisa follow Instagram Lister, untuk mengetahui promo menarik informasi belajar bahasa asing lainnya.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.