Model Pembelajaran Inquiry: Definisi, Jenis, & Penerapannya

Model Pembelajaran Inquiry

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Apakah kamu ingin meningkatkan pengalaman belajar murid dengan pendekatan yang aktif dan menarik? Panduan ini akan membimbing kamu melalui model pembelajaran inquiry yang efisien, sehingga membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan efektif.

Di era pendidikan modern ini, model pembelajaran inquiry telah menjadi salah satu metode yang paling diminati. Dengan fokus pada eksplorasi, penemuan, dan pemecahan masalah, model pembelajaran inquiry dapat merubah cara pandang siswa terhadap dunia ilmu pengetahuan.

Pengertian Model Pembelajaran Inquiry

Model pembelajaran inquiry adalah pendekatan dalam pendidikan yang mengajak para siswa untuk aktif dalam proses belajar. Di dalam model pembelajaran ini, siswa dituntut untuk bertanya, mengeksplorasi, dan menemukan jawaban melalui proses penelitian dan analisis, bukan hanya menerima informasi yang diberikan oleh guru.

Dalam model pembelajaran inilah, guru berfungsi sebagai fasilitator yang membantu dan membimbing siswa dalam proses penemuan mereka. Konsep ini didasarkan pada teori bahwa siswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam jika mereka terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

Dengan menggunakan model pembelajaran jenis ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan problem-solving yang lebih efektif. Model pembelajaran ini menekankan pada proses, bukan hanya hasil.

Baca Juga: Project Based Learning Adalah? Cek Contoh dan 5 Langkahnya

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Inquiry

Kelebihan

  • Menginspirasi Pemikiran Kritis
    Dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, siswa diarahkan untuk berpikir secara analitis dan kritis. Ini membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan untuk memahami dan menganalisis informasi dengan lebih mendalam.
  • Mendorong Keterampilan Berkomunikasi
    Model pembelajaran inquiry mengharuskan siswa untuk berkomunikasi dan bekerja sama. Hal ini membantu mereka dalam meningkatkan keterampilan berbicara, mendengar, dan menulis.
  • Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu dan Kreativitas
    Dengan pendekatan yang terbuka dan eksploratif, model pembelajaran inkuiri mendorong siswa untuk menjadi lebih ingin tahu dan kreatif dalam mencari jawaban atas pertanyaan mereka.

Kekurangan

  • Tantangan dalam Persiapan dan Pelaksanaan
    Penggunaan model pembelajaran inquiry memerlukan persiapan yang matang dan pelaksanaan yang cermat. Hal ini mungkin menjadi tantangan bagi guru yang belum berpengalaman dengan metode ini.
  • Risiko Kesalahan Konseptual
    Tanpa bimbingan yang tepat, siswa mungkin mengambil kesimpulan yang salah atau mengalami kesulitan dalam menghubungkan ide-ide mereka. Oleh karena itu, pengawasan guru sangat penting dalam model pembelajaran inquiry.
  • Memerlukan Waktu dan Sumber Daya yang Lebih
    Pelaksanaan model pembelajaran ini bisa lebih memakan waktu dan memerlukan sumber daya tambahan. Hal ini mungkin menjadi hambatan bagi sekolah-sekolah dengan keterbatasan sumber daya.

Ragam Bentuk Model Pembelajaran Inquiry

Dalam dunia pendidikan, model pembelajaran inquiry memiliki berbagai bentuk dan pendekatan yang berbeda. Konsep ini bisa diaplikasikan dalam beberapa cara, masing-masing dengan karakteristik dan kegunaan khusus:

  1. Model Pembelajaran Discovery
    Dalam model ini, siswa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi dan menemukan pengetahuan sendiri tanpa bantuan atau arahan yang jelas dari guru. Hal ini menekankan pada proses eksplorasi yang mandiri, di mana siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri untuk menggali pengetahuan tanpa petunjuk yang spesifik.
  2. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
    Berbeda dengan model discovery, model pembelajaran inkuiri terbimbing melibatkan peran aktif guru dalam proses pembelajaran. Guru memberikan panduan, pertanyaan, atau petunjuk untuk membantu siswa dalam penyelidikan. Model ini menggabungkan kelebihan model pembelajaran inquiry dengan dukungan yang lebih terstruktur, sehingga membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih mendalam.
  3. Model Pembelajaran Inkuiri Terbuka
    Dalam model pembelajaran inkuiri terbuka, siswa memiliki kebebasan lebih besar dalam mengeksplorasi materi. Mereka menentukan pertanyaan, metode, dan alat yang akan digunakan. Meskipun guru masih memberikan dukungan, fokusnya adalah pada pemberdayaan siswa untuk menggunakan model pembelajaran inquiry dengan cara yang kreatif dan inovatif.

Penerapan Model Pembelajaran Inquiry

Menerapkan model pembelajaran inquiry di kelas bisa menjadi pengalaman yang memperkaya baik untuk guru maupun siswa. Dalam penerapan model pembelajaran ini, ada beberapa tahapan dan strategi penting yang perlu diperhatikan:

  1. Menentukan Tujuan Pembelajaran
    Sebelum memulai, kamu perlu menentukan apa yang ingin dicapai melalui model pembelajaran inquiry ini. Hal ini membantu dalam merancang pertanyaan dan aktivitas yang relevan.
  2. Pemilihan Materi
    Materi harus dipilih dengan cermat untuk memastikan bahwa itu cocok dengan model pembelajaran inquiry. Harus ada ruang untuk penjelajahan, penemuan, dan refleksi.
  3. Peran Guru
    Dalam model pembelajaran inquiry, guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa melalui proses penemuan. Ini memerlukan keterampilan mengajar yang spesifik dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan siswa.
  4. Penilaian dan Evaluasi
    Menggunakan model pembelajaran inquiry membutuhkan pendekatan penilaian yang berbeda. Penilaian harus mencakup proses belajar, bukan hanya hasil akhir.
  5. Penggunaan Teknologi
    Teknologi dapat menjadi alat yang berguna dalam model pembelajaran inquiry, memungkinkan siswa untuk mengakses sumber daya, berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan cara yang baru dan menarik.
  6. Dukungan dan Sumber Daya
    Model pembelajaran inquiry bisa lebih menuntut dalam hal waktu dan sumber daya. Memiliki rencana yang baik dan dukungan dari lembaga pendidikan dapat membantu dalam penerapan yang sukses.
  7. Umpan Balik dan Refleksi
    Penerapan model pembelajaran inquiry bukanlah proses yang statis. Umpan balik dari siswa, refleksi tentang apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki, adalah bagian penting dari proses ini.

Baca Juga: Mudah Menghafal Pakai Jembatan Keledai, Begini Caranya

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.