Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mudah Menghafal Pakai Jembatan Keledai, Begini Caranya

jembatan keledai

Mulai masuk bangku sekolah, kita sering diajari menghafal materi pelajaran. Untuk membantu proses menghafal, guru akan memberikan cara mudah.

Cara ini sering disebut dengan jembatan keledai. Metode ini bisa digunakan untuk berbagai mata pelajaran.

Apa itu jembatan keledai? Berikut cara menggunakan jembatan keledai untuk membantu menghafal materi pelajaran.

Pengertian Jembatan Keledai

Jembatan keledai adalah cara mengingat atau menghafalkan suatu materi pelajaran. Metode ini sering berupa singkatan dari beberapa kata atau suku kata.

Selain menggunakan singkatan, jembatan keledai juga bisa dilakukan dengan melagukan kata-kata tertentu agar mudah dihafalkan.

Metode jembatan keledai memiliki istilah resmi mnemonic. Istilah jembatan keledai sendiri diperkirakan berasal dari bahasa Belanda Ezelsbruggetje (titian keledai) atau bahasa Latin pons asinorum (jembatan keledai).

Contoh jembatan keledai yang paling populer di sekolah adalah singkatan mejikuhibiniu untuk menghafal susunan warna pelangi.

Kata tersebut merupakan singkatan dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.

Dasar Penggunaan Jembatan Keledai

Terdapat asumsi bahwa otak manusia memiliki ingatan alami dan ingatan buatan. Ingatan alami dimiliki sejak lahir. Sementara itu ingatan buatan terbentuk melalui proses belajar.

Ingatan dapat dilatih dengan menggunakan jembatan keledai. Metode tersebut membantu seseorang mengingat daftar panjang yang sulit dihafalkan dengan ingatan alami.

Jembatan keledai sering digunakan untuk mengingat unsur kimia, anatomi, taksonomi, tata bahasa, dan rumus.

Jembatan Keledai untuk Belajar Bahasa Asing

Metode jembatan keledai juga bisa digunakan untuk menghafal materi pelajaran bahasa asing.

Contohnya singkatan Ayu Dewi yang merupakan plesetan dari I, you, they, we. Kata tersebut digunakan untuk menghafal pronoun yang menggunakan am dan are.

Selanjutnya menghafalkan nama-nama hari dalam bahasa Inggris dengan singkatan SunMing MoSen TuSel WeRa ThurKa FriJu SaSa.

Nama-nama hari tersebut juga dapat dihafalkan dengan menggunakan lagu ABC yang liriknya diganti.

Monday Senin Tuesday Selasa Wednesday Rabu Thursday Kamis Friday Jumat Saturday Sabtu Sunday Minggu nama hari.

Apakah kamu tertarik mempelajari bahasa asing? Kamu berada di laman yang tepat. Kamu akan menemukan program yang sesuai dengan kebutuhanmu di Program Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Dengan kualitas tinggi dan jadwal fleksibel, Lister mampu menyediakan kursus bahasa asing dengan harga terjangkau.