Ada banyak istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang perlu diketahui. Menguasai vocabulary seperti ini akan membantu kamu dalam berkomunikasi juga public speaking.
Berikut Lister rangkum istilah bahasa Inggris dalam dunia kerja, semoga bermanfaat!
Kerja Makin Profesional dengan Bahasa Inggris, Gabung Business English Course to Improve Your English Skill! |
35 Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris
Berikut adalah istilah yang banyak digunakan di dunia kerja dalam bahasa Inggris beserta penjelasannya. Mana yang paling umum dan paling asing di telingamu?
1. Open Recruitment
Adalah istilah yang digunakan untuk proses penjaringan karyawan baru. Biasa juga disingkat dengan nama oprec. Istilah ini sangat umum di lingkungan pekerjaan, terutama bagian SDM atau HRD.
2. Salary
Adalah ungkapan yang memiliki arti upah atau gaji. Umumnya disebut saat wawancara rekrutmen kerja dalam proses nego gaji dan lainnya.
3. Contract
Contract atau kontrak adalah surat perjanjian kerja yang mengikat antara karyawan dan perusahaan. Berisi aturan, poin kontrak, dan juga landasan hukum yang jelas.
4. Offering
Istilah yang digunakan pada kegiatan memberi penawaran kerja untuk seseorang. Istilah ini juga banyak digunakan dalam proses rekrutmen kerja oleh HRD dan kandidat.
5. Employee
Merupakan bahasa Inggrisnya dari pegawai atau karyawan. Sedangkan untuk istilah employers memiliki arti si pemberi kerja.
Untuk anda : 55 Istilah Penerbangan Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Tahu Artinya
6. Full Time Employee
Adalah istilah untuk karyawan yang bekerja secara penuh waktu di perusahaan. Bekerja sesuai peraturan perusahaan dan terikat komitmen dengan perusahaan.
7. Part Time Employee
Part time atau pekerja paruh waktu adalah karyawan yang bekerja secara full. Peraturan pembayaran upah berdasarkan hitungan waktu atau jam. Umumnya hanya digunakan sebagai tenaga tambahan untuk membantu perusahaan.
8. Freelance Employee
Pekerja lepas atau karyawan yang bekerja secara sementara. Tidak terikat peraturan sebagaimana karyawan full time. Direkrut untuk membantu menyelesaikan proyek. Umumnya dibayar berdasarkan jumlah proyek yang diselesaikan.
9. Remote Work
Sistem kerja jarak jauh untuk karyawan. Namun pekerjaan tetap dipantau dan diawasi oleh perusahaan. Tetap ada peraturan yang mengikat karyawan dalam menjalankan pekerjaan. Nama lain dari remote work ini adalah Work From Anywhere.
10. Wages
Selanjutnya adalah istilah wages yang memiliki arti upah. Hampir sama dengan salary, hanya saja wages lebih digunakan untuk gaji yang tidak tetap. Misalnya untuk karyawan part time yang dihitung perjam maupun freelance yang gajinya dihitung setiap proyek.
Baca juga : 50 Istilah Matematika Bahasa Inggris, Cari Tahu Artinya
11. Leads
Jumlah orang yang menunjukkan ketertarikan dengan mengambil tindakan tertentu pada program yang sedang dilakukan. Misalnya tindakan mengirim pesan, mengklik tombol, dan juga berinteraksi dengan pemilik program.
12. Conversion
Jumlah leads yang masuk dan berubah statusnya menjadi pelanggan. Konversi didapatkan dari leads yang masuk.
13. Weekly Report
Istilah yang digunakan untuk menyebut laporan mingguan. Weekly berarti mingguan sedangkan report adalah laporan. Umumnya berisi laporan progress pekerjaan dalam waktu seminggu yang lalu juga kendalanya.
14. Monthly Report
Istilah untuk laporan bulanan. Monthly berarti bulanan. Umumnya berdasarkan KPI maupun OKR yang sudah ditetapkan.
15. KPI
Key performance indicator adalah indikator penilaian kerja karyawan yang digunaakan perusahaan untuk menilai performa kerja karyawan.
Menarik diikuti : 13 Istilah-Istilah Ramadhan dalam Bahasa Inggris
16. OKR
Objective key result adalah kerangka kerja yang digunakan untuk melaksanakan strategi tertentu. Di beberapa perusahaan OKR juga menjadi alat penilaian performa kerja karyawan. Namun OKR dan KPI berbeda ya!
17. Self Assessment
Adalah istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang berarti teknik penilaian diri karyawan yang dilakukan oleh karyawan itu sendiri. Dalam proses ini membantu karyawan untuk mengevaluasi dan mengoreksi diri apa yang kurang dalam pekerjaannya.
18. Follow Up
Kegiatan untuk mengingatkan kembali atau kegiatan menindaklanjuti sesuatu agar berjalan sesuai yang diharapkan. Follow up ini dilakukan dengan tindakan-tindakan tertentu.
19. Revenue
Penghasilan kotor yang didapatkan perusahaan dari semua sumber. Revenue adalah hasil kasar belum dikurangi dari biaya-biaya operasional lainnya.
20. Profit
Merupakan istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang berarti keuntungan atau untung bersih. Yang dihasilkan dari jumlah uang masuk dikurangi dengan kebutuhan operasional lainnya.
Untuk anda : Istilah Matematika dan Berhitung Bahasa Mandarin, Quick Study!
21. Deadline
Batas waktu kerja yang disepakati. Deadline bisa diartikan sebagai tenggat waktu dalam untuk menyelesaikan pekerjaan.
22. On Duty
On duty adalah istilah yang menggambarkan seseorang sedang sibuk bekerja atau sedang bertugas.
23. ASAP
ASAP merupakan singkatan dari As soon as possible atau secepat mungkin. Tidak ada waktu tertentu untuk menyelesaikan pekerjaan namun bisa dikerjakan secepat mungkin.
24. Paid Leave
Selanjutnya istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris adalah paid leave yang berarti cuti. Jika banyak yang bertanya apa artinya cuti dalam bahasa Inggris maka paid leave bisa digunakan untuk mewakili. Paid berarti dibayar, leave berarti tidak masuk.
25. Force Majeure Leave
Sedikit berbeda dengan konteks cuti, force majeure leave adalah sebutan untuk karyawan yang meninggalkan pekerjaan karena alasan mendadak.
Populer: 85 Kosakata Transportasi Bahasa Inggris, Wajib Tahu Artinya!
26. Maternity Leave
Adalah istilah bahasa Inggris yang menunjukkan cuti melahirkan untuk pekerja perempuan. Karyawan perempuan diberikan jatah cuti untuk melahirkan umumnya 3 bulan baik kumulatif maupun sebelum dan sesudah melahirkan.
27. Payroll
Payroll adalah istilah untuk pengurusan penggajian karyawan. Umumnya istilah ini banyak digunakan oleh HR yang menghitung gaji karyawan.
28. Salary Slip
Salary slip adalah slip gaji yang digunakan sebagai bukti pembayaran gaji perusahaan kepada karyawan. Diberikan setiap bulan pasca gaji didistribusikan.
29. Onboarding
Onboarding adalah kegiatan pengenalan dan penyesuaian karyawan dengan organisasi. Proses ini membantu karyawan beradaptasi dengan mudah ke depannya.
30. Turn Over
Istilah yang ada untuk menggambarkan tingkat perputaran pegawai di perusahaan dari karyawan keluar dan karyawan masuk. Jika turnover tinggi dapat dinilai ada yang kurang dari perusahaan.
New Insight : Istilah Seputar Lingkungan dalam Bahasa Inggris
31. Gathering
Adalah istilah untuk mengumpulkan karyawan dalam satu forum dengan agenda di luar pekerjaan. Umumnya disebut dengan employee gathering dan sebagainya.
32. One on One
Kondisi dimana karyawan berhadapan empat mata dengan karyawan lain. Umumnya hal ini diagendakan karena ada hal penting yang perlu didiskusikan.
Misalnya one on one dengan HR maka ada hal yang perlu direview dari kinerja karyawan. Atau one on one dengan team leader maka ada yang perlu didiskusikan tentang pekerjaan bersama atasan kamu.
33. Overtime
Istilah untuk karyawan yang lembur atau bekerja lebih dari jam kerja harian yang ditentukan.
Kamu bisa menggunakan beberapa istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris di atas di tempat kerja. Tentunya akan membuat dirimu terlihat lebih fluent dalam bahasa Inggris dan profesional.
Artikel lainya : Business English untuk Persiapan Dunia Kerja, Lebih Percaya Diri
Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang lainnya
Berikut Lister berikan tabel istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai referensi ya!
Berikut tabel istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris beserta artinya yang belum disebutkan:
Istilah dunia kerja | Arti istilah |
Job Description | Deskripsi pekerjaan, berupa penjelasan tugas dan tanggung jawab pekerjaan. |
Probation Period | Masa percobaan kerja untuk menilai kemampuan karyawan sebelum diangkat tetap. |
Job Vacancy | Lowongan pekerjaan yang tersedia di suatu perusahaan. |
Reference Letter | Surat rekomendasi yang biasanya diberikan oleh atasan atau rekan kerja sebelumnya. |
Promotion | Promosi, yaitu kenaikan jabatan atau posisi di perusahaan. |
Demotion | Penurunan jabatan dalam struktur organisasi perusahaan. |
Resignation Letter | Surat pengunduran diri dari karyawan kepada perusahaan. |
Termination | Pemutusan hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. |
Job Transfer | Pemindahan pekerjaan atau posisi ke lokasi atau divisi lain. |
Career Path | Jalur atau perkembangan karier seseorang di dalam perusahaan. |
Skill Set | Kumpulan keterampilan yang dimiliki seseorang untuk pekerjaan tertentu. |
Networking | Membangun hubungan dengan orang lain untuk mendukung karier atau pekerjaan. |
Workload | Beban kerja yang diberikan kepada karyawan. |
Team Building | Kegiatan untuk mempererat kerja sama antar anggota tim di perusahaan. |
Brainstorming | Diskusi untuk menghasilkan ide atau solusi dari suatu masalah. |
Feedback | Masukan atau komentar yang diberikan untuk meningkatkan kinerja seseorang. |
Appraisal | Penilaian kinerja karyawan secara formal oleh atasan atau perusahaan. |
Gross Salary | Gaji kotor sebelum dipotong pajak dan biaya lainnya. |
Net Salary | Gaji bersih yang diterima karyawan setelah potongan pajak dan lainnya. |
Job Rotation | Rotasi pekerjaan untuk memperluas keterampilan atau pengalaman karyawan. |
Retention | Upaya perusahaan untuk mempertahankan karyawan agar tidak keluar. |
Job Satisfaction | Tingkat kepuasan karyawan terhadap pekerjaan dan lingkungan kerja. |
Layoff | Pemutusan hubungan kerja karena alasan efisiensi atau kondisi perusahaan. |
Work-life Balance | Keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. |
Job Security | Kepastian dan rasa aman seseorang terhadap keberlangsungan pekerjaannya. |
Conflict Resolution | Penyelesaian konflik yang terjadi di lingkungan kerja. |
Upskilling | Proses meningkatkan keterampilan atau kemampuan karyawan. |
Downsizing | Pengurangan jumlah karyawan karena alasan efisiensi atau penghematan. |
Benchmarking | Membandingkan kinerja perusahaan dengan standar terbaik di industri. |
Kosakata bahasa Inggris atau istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris di atas akan sangat dengan mudah kamu temui diberbagai kondisi termasuk di dalam tempat kerjamu.
Urusan cuti, gaji maupun istilah operasional juga akan dengan mudah kamu temui di aplikasi-aplikasi HR misalnya di aplikasi Kantor Kita.
Jadi jika ada istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris seperti di atas, jangan kaget ya!
Ikut kelas vocabulary untuk kuasai kosakata untuk bisnis di Lister
Ingin menguasai ratusan bahkan ribuan vocabulary dalam bahasa Inggris khususnya di dunia kerja? Bisa banget ikut kursus vocabulary building di Lister.
Kelas vocabulary ini bantu kamu belajar bahasa Inggris secara intensif untuk pemula. Bersama tutor terbaik, kelas akan lebih menyenangkan.
Selain itu jika butuh kemampuan bahasa Inggris yang lebih advance bisa mengikuti kursus business english di Lister, kelas ini untuk belajar bahasa Inggris dunia kerja lho!
Belajar di Lister bisa disesuaikan dengan schedule kamu karena Lister memiliki sistem belajar yang fleksibel. Kamu berkesempatan menyesuaikan jadwal dan juga memilih tutor sendiri.
Jika ingin potongan 10% bisa klaim kode promo BLOGLISTER10 dengan minimal pembelian kelas seharga satu jutaan. Booking bangku kursus sekarang juga dengan daftar kursus di Whatsapp Lister.
Sumber gambar sampul: freepict