8 Jurusan Sastra di Indonesia, Mana Impianmu?

jurusan sastra

Kursus University Preparation – Kamu termasuk pencinta karya sastra? Sedang memiliki angan-angan untuk memiliki karya indah mewakili hati? 8 jurusan sastra di Indonesia yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan utama saat kuliah. 

Di Indonesia, sastra menjadi salah satu bagian penting dari warisan budaya yang kaya. Ada banyak macam jurusan sastra yang bisa kamu pilih dan tersebar di hampir semua universitas di Nusantara. 

Tak perlu lama-lama lagi, yuk simak penjelasan seputar jurusan sastra apa saja. 

Apa saja yang dipelajari di jurusan sastra?

Ada banyak sekali mata kuliah atau bidang studi yang akan dipelajari di jurusan sastra. 

Setiap mahasiwa tidak hanya diajak untuk berkreasi dengan berbagai kata. Namun juga, mengeksplorasi tentang teks sastra itu sendiri. 

Seperti apa saja elemen atau isi dalam karya sastra. Mungkin dari gaya bahasa, tema, karakter, plot, hingga pesan yang ingin penulis samapikan. 

Selain dari segi elemen dalam karya sastra, mahasiswa juga bisa mempelajari dengan sejarah sastra. Ada satu mata kuliah yang akan dipelajari tentang menganalisa perkembangan sastra dari masa ke masa. 

Tak berhenti hanya sampai disitu saja, ada beeberapa jurusan sastra juga mencakup kursus penulisan kreatif, di mana mahasiswa dapat mengasah keterampilan menulis mereka sendiri.

Pemahaman terkait konteks budaya dan sejarah di mana karya sastra ditulis, termasuk pengaruh sosial, politik, dan budaya pada karya sastra.

Mahasiswa akan diajak untuk menganalisa dari segi aspek luar mengapa penulis atau bagaimana penulis menggambarkan situasi dalam cerita. 

Pembelajaran seputar kritik sastra, mahasiswa juga diajak untuk belajar cara melakukan analisis kritis terhadap karya sastra dan mengevaluasi interpretasi sastra yang berbeda. 

Melalui teori sastra, diharapkan mahasiswa bisa menganalisa pada suatu karya sastra untuk memberikan kritik atau evaluasi di dalamnya. 

Jurusan sastra di Indonesia

Dengan beragam pilihan jurusan sastra di Indonesia seperti Sastra Indonesia, Sastra Daerah, dan Sastra Inggris. Calon mahasiswa bisa belajar banyak dan menjelajahi berbagai karya sastra. 

Mulai dari puisi hingga prosa, serta karya sastra dalam bahasa-bahasa daerah dan asing. Simak jurusan sastra apa saja yang ada di Indonesia. 

1. Sastra Indonesia

Kamu bisa menemukan jurusan sastra Indonesia di beberapa universitas top yang ada di Nusantara. Seperti di Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, hingga Universitas Trunojoyo. 

Sastra Indonesia bisa ditempuh dalam waktu sekitar empat tahun. Mata kuliah yang diajarkan, seperti morfologi bahasa, sintaksis, semantik, hingga pengkajian puisi bahasa Indonesia. 

2. Sasta Inggris 

Bagi kamu yang suka dengan bahasa Inggris, entah itu melalui lagu, film, atau novel. Kamu bisa mengambil jurusan sastra yang satu ini di Indonesia. 

Walau bukan menjadi bahasa Ibu, tetapi mata kuliah di sastra Inggris juga mengajarkan bagaimana cara berkomunikasi lisan dan tulisan dengan baik. 

Setiap mahasiswa juga diharapkan untuk bisa melakukan analisis secara tertulis atau lisan dengan cara berpikir yang terstruktur. 

Baca juga: Ketahui Macam-macam Jurusan Kuliah di Indonesia, Ada Impianmu?

3. Sastra Jepang 

Salah satu jurusan sastra di Indonesia yang juga banyak digandrungi oleh siswa SMA adalah sastra Jepang. 

Dalam sastra Jepang terdapat pembelajaran seputar cara menulis, berbicara, hingga sejarah dari karya sastra yang berkaitan erat dengan negeri sakura. 

Jurusan Sastra Jepang memberikan wawasan yang mendalam tentang budaya Jepang, pemikiran, dan ekspresi seni melalui karya sastra. 

Ini juga dapat membuka pintu untuk berbagai peluang karier, termasuk sebagai penerjemah, penulis, akademisi, atau profesional di bidang terkait Jepang.

4. Sastra Korea

Kamu termasuk pencinta KPop? Jurusan sastra Korea bisa kamu jadikan salah satu pilihan untuk mengejar impian di bangku kuliah. 

Seperti yang kita tahu, kalau budaya Korea cukup memengaruhi di kalangan anak muda masa kini melalui lagu atau drama yang dirilis. 

Dengan begitu sastra Korea di Indonesia sering mencerminkan pengaruh budaya dan sejarah Korea yang kaya. 

Karya sastra sering menggambarkan tema-tema seperti cinta, keluarga, identitas nasional, dan perubahan sosial dalam masyarakat Korea.

5. Sastra Belanda

Hanya ada satu jurusan sastra Belanda di Indonesia yaitu di Universitas Indonesia. Sastra Belanda, juga dikenal sebagai “Nederlandse literatuur,” adalah bagian yang berharga dari warisan budaya Belanda. 

Sastra ini mencakup berbagai karya sastra yang ditulis dalam bahasa Belanda, dengan sejarah yang panjang dan kaya.

Hampir mirip dengan sastra di Indonesia lainnya, jurusan sastra yang satu ini juga mempelajari adanya kritik sastra, budaya, dan bahasa dari bahasa Belanda. 

Baca juga: Jurusan Akuntansi Kerja Apa? Eksplorasi Karier & Peluang

6. Sastra Jawa

Sastra Jawa memiliki peran yang signifikan dalam mempertahankan dan memperkuat identitas budaya Jawa. Karya sastra ini mencerminkan nilai, norma, dan budaya yang dihormati oleh masyarakat Jawa.

Dari segi pembelajaran, tak jarang sastra Jawa menggunakan bahasa Jawa, yang memiliki banyak variasi dan dialek. 

Bahasa Jawa sering dianggap sebagai bahasa sastra yang indah, dengan struktur dan kosa kata yang kaya.

Selain itu, sastra Jawa telah menjadi objek studi yang penting di universitas dan institusi pendidikan tinggi di Indonesia. 

Kesarjanaan sastra Jawa melibatkan penelitian tentang teks klasik Jawa, analisis sastra, dan pemahaman mendalam tentang konteks budaya dan sejarah.

7. Sastra Jerman

Sastra Jerman juga bisa kamu temukan di Universitas Brawijaya dan Universitas Padjajaran. Kamu bisa mengambil jurusan ini dengan prospek kerja yang ada di bidang pariwisata dan ekonomi.

Dalam pemahamannya, bahasa Jerman sangat penting terutama untuk mengapresiasi karya sastranya. 

Bahasa ini memiliki tata bahasa dan struktur yang kaya, yang memungkinkan ekspresi yang mendalam dalam tulisan sastra.

8. Sastra China

Di salah satu program studi sastra di Universitas Indonesia. Kamu bisa mengambil jurusan ini sebagai prospek kerja di kantor multinasional yang fokus kerjasama Indonesia dan China. 

Jurusan Sastra China membuka pintu bagi mahasiswa untuk menjelajahi kekayaan budaya dan intelektual Tiongkok melalui karya sastra yang menginspirasi. 

Jurusan ini juga mencakup pemahaman tentang sastra Tiongkok kontemporer, yang mencerminkan perubahan dan tantangan dalam masyarakat Tiongkok modern.

Kursus Persiapan Masuk Universitas Hanya di Lister

Kursus University Preparation di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Jcomp di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts