Ketahui Macam-macam Jurusan Kuliah di Indonesia, Ada Impianmu?

macam-macam jurusan kuliah

Kursus University Preparation – Ada banyak sekali macam-macam jurusan kuliah di Indonesia. Terbaru, ada sebuah jurusan yang berkaitan dengan game atau pembuatan permainan secara digital. 

Jika kamu sedang berada di fase bingung untuk menentukan jurusan perkuliahan yang akan diambil. Simak penjelasan seputar jenis jurusan yang ada di Indonesia, dibagi dalam beberapa golongan. 

Macam-macam jurusan kuliah

Saat akan memasuki dunia perkuliahan, penting untuk memiliki pemahaman tentang berbagai macam-macam jurusan kuliah yang tersedia di Indonesia.

Pemilihan jurusan tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan minat, bakat, dan impian individu agar bisa mendapatkan arah yang jelas untuk masa depan.

Lister merangkum sekian jenis jurusan kuliah untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang peluang dan tantangan yang mungkin dihadapi dalam setiap jurusan tersebut.

1. Jurusan kesehatan 

Jurusan perkuliahan yang pertama ini bisa jadi impianmu sejak kecil. Dalam sebuah universitas terdapat beberapa fakultas yang membawahi jurusan. 

Ada banyak sekali jurusan yang berakitan dengan kesehatan. Di beberapa universitas, fakultas kesehatan membawahi jurusan kedokteran, gizi, kesehatan masyarakat, farmansi, hingga keperawatan. 

2. Jurusan MIPA

MIPA atau Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam menjadi salah satu macam-macam jurusan kuliah yang banyak digandrungi oleh siswa SMA. 

Jika kamu berada di jurusan IPA di bangku sekolah menengah atas, kamu bisa memilih beberapa jurusan kuliah berikut ini. 

Seperti jurusan matematika, biologi, fisika, kimia, dan statistika, hingga goefisika. 

3. Jurusan Soshum

Di sebuah universitas, tak hanya menawarkan jurusan dari bidang IPA atau sains tapi juga sosial. Seperti jurusan bahasa dan sastra, jurusan manajemen, jurusan akuntansi, dan jurusan ilmu komunikasi. 

Tak jarang siswa SMA yang dulunya belajar di jurusan IPA mengambil sebagian jurusan IPS saat kuliah. 

Salah satu jurusan favorit ranah soshum, ada akuntansi dan manajemen. Bicara seputar jurusan manajemen, apa banyak prospek kerja lulusannya yang tersebar diberbagai aspek masyarakat. 

Seperti Manajer Operasional yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan operasi. 

Ada juga sebagai Manajer HR lebih penting dari sebelumnya. Dari perekrutan, pengembangan, hingga retensi karyawan, mereka memastikan bahwa perusahaan memiliki tim yang kuat dan terampil.

Baca juga: Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa? Catat 7 Profesi Bergaji Tinggi

4. Jurusan pendidikan 

Bagi kamu yang ingin meraih cita-cita sebagai seorang guru, pilihan jurusan pendidikan sangatlah beragam di berbagai universitas Indonesia. 

Jurusan pendidikan merupakan salah satu cabang ilmu yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi seorang pendidik atau guru. 

Seperti jurusan pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan matematika, pendidikan tata busana, hingga pendidikan guru sekolah dasar. 

Jurusan pendidikan bisa jadi macam-macam jurusan kuliah  yang menarik bagi yang punya minat untuk membantu orang lain. 

Serta, mencapai potensi mereka dan ingin berperan aktif dalam pembentukan masa depan pendidikan dan masyarakat. 

5. Jurusan informatika

Di tengah era modern yang mana hampir semua aspek dibantu oleh teknologi canggih, jurusan informatika bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. 

Jurusan Informatika adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang tertarik pada dunia teknologi, komputer, dan inovasi. 

Macam-macam jurusan kuliah ini memungkinkan para mahasiswa untuk berkontribusi secara signifikan dalam era digital yang terus berkembang.

Sekarang ini, ada banyak universitas atau institut yang menawarkan pilihan jurusan seperti

  • Teknik informatika 
  • Sistem informasi 
  • Teknologi game
  • Manajemen teknologi informasi
  • Keamanan siber 

Salah satu jurusan yang banyak diminati adalah teknik informatika.

Prospek kerja dalam bidang teknik informatika sangat menjanjikan dan beragam. Seperti menjadi Software Engineer adalah salah satu pilihan karier yang populer bagi lulusan jurusan informatika. 

Di posisi ini, kamu akan bekerja dalam tim untuk merancang, mengembangkan, dan menguji perangkat lunak yang memecahkan masalah nyata.

Selain itu juga, ada lulusan jurusan informatika sebagai Analyst System yang akan bekerja untuk memahami kebutuhan bisnis dan menerjemahkan ke dalam solusi teknologi.

Estimasi gaji untuk jurusan teknik informatika tidak main-main. Rata-ratanya, mulai dari Rp 7-10 juta per bulan untuk lulusan baru. 

Baca juga: Pelajari Jurusan Teknik Informatika, Prospek & Estimasi Gaji

6. Jurusan agama

Jurusan agama juga ditawarkan di beberapa universitas atau institusi pendidikan, dengan jurusan seperti, ilmu Al-Quran, sosiologi agama, agama dan filsafat, hingga ilmu hadist. 

Mahasiswa mempelajari sejarah agama-agama, perkembangan ajaran, serta peran agama dalam perkembangan budaya dan sosial.

Jurusan Agama membahas etika dan moral dalam konteks agama. Mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip etika yang terkait dengan agama mereka dan bagaimana prinsip ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips pilih jurusan kuliah yang tepat

Dunia kuliah sarjana ditempuh dalam waktu empat tahun. Selama itu pula kamu akan mempelajari satu jurusan dengan banyaknya mata pelajaran terfokus.

Tentu saja, empat tahun bukan waktu yang singkat, oleh karenanya kamu perlu mempersiapkan banyak hal sebelum menjatuhkan pilihan di sebuah jurusan. Lister rangkum ada beberapa kiat-kiat khusus dalam memilih macam-macam jurusan kuliah yang pas.

Kenali minat dan bakat 

Melalui BK atau bimbingan konseling yang ada di sekolah, guru yang bertanggung jawab di BK akan memberikan beberapa opsi terkait jurusan sesuai minat dan bakat. 

Nantinya, akan ada evaluasi terkait minat, hobi, bakat, hingga keterampilan setiap siswa dalam kurun waktu tertentu. 

Tujuan karir

Mengapa perlu menentukan tujuan karir jauh-jauh hari? Kamu bisa menghubungkan antara ketertarikan dengan karir yang saat ini disediakan oleh pasar. 

Jangan ragu untuk memilih jurusan dengan prospek kerja cemerlang demi menggapai kehidupan yang lebih baik. 

Lakukan penelitian mendalam 

Kamu bisa menghubungi alumni sekolah untuk menanyakan terkait jurusan yang tersedia. Buatlah daftar pertanyaan yang berkaitan dengan jurusan, mata kuliah yang akan diajarkan, hingga peluang karir. 

Ikuti seminat dan workshop 

Kamu juga bisa memperluas jaringan dan koneksi dengan menghadiri seminar atau workshop yang diajakan oleh jurusan yang akan kamu pilih. 

Cara ini bisa memberikan kamu gambaran tentang jurusan yang akan kamu ambil. 

Pertimbangkan lingkungan kampus yang dipilih

Pertimbangan lingkungan kampus yang dipilih merupakan salah satu aspek penting dalam membuat keputusan mengenai perguruan tinggi yang akan kamu pilih. 

Perhatikan fasilitas yang ada di kampus, termasuk perpustakaan, laboratorium, fasilitas olahraga, dan ruang kuliah. Pastikan fasilitas tersebut memenuhi kebutuhan akademik dan minatmu. 

Alumni universitas atau perguruan tinggi tertentu dapat menjadi sumber daya berharga dalam mencari pekerjaan dan membangun jaringan profesional. Pertimbangkan apakah kampus tersebut memiliki jaringan alumni yang kuat.

Kursus Persiapan Masuk Universitas Hanya di Lister

Kursus University Preparation di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Jcomp di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.