Jurusan Akuntansi Kerja Apa? Eksplorasi Karier & Peluang

jurusan akuntansi kerja apa

Kursus Academic English – Banyak yang bertanya, jurusan akuntansi kerja apa? Pertanyaan ini sering muncul karena banyak orang yang tertarik dengan bidang ini tetapi belum sepenuhnya paham tentang peluang yang ditawarkannya.

Dalam konteks inilah, kali ini kamu akan menemukan informasi tentang jurusan akuntansi. Mulai dari definisi, prospek kerja, gaji, contoh pekerjaan, hingga universitas dengan jurusan akuntansi terbaik.

Apa itu jurusan akuntansi?

Banyak orang yang tertarik dengan bidang keuangan sering bertanya, “jurusan akuntansi kerja apa?” Sebelum menjawab pertanyaan ini, penting untuk memahami apa sebenarnya jurusan akuntansi itu.

Jurusan akuntansi adalah studi yang berfokus pada pengukuran, analisis, interpretasi, dan komunikasi informasi keuangan. Ini mencakup berbagai aspek, termasuk pembukuan, audit, manajemen keuangan, dan pajak. Melalui jurusan ini, mahasiswa diajarkan bagaimana mengumpulkan, mencatat, menganalisis, dan menyajikan data keuangan dalam berbagai cara yang sesuai dengan prinsip dan regulasi akuntansi.

Di dalam jurusan akuntansi, kamu akan memahami cara kerja perusahaan, pemerintah, organisasi non-profit, dan individu dalam hal keuangan. Ini mencakup pengelolaan pendapatan, pengeluaran, investasi, serta penilaian risiko dan kepatuhan terhadap hukum dan standar yang berlaku.

Baca Juga: Pelajari Jurusan Teknik Informatika, Prospek & Estimasi Gaji

Jurusan akuntansi kerja apa?

Prospek kerja jurusan akuntansi sangat beragam dan menjanjikan, menjadikannya salah satu jurusan yang paling diminati. Jika kamu pernah bertanya, “jurusan akuntansi kerja apa?”, jawabannya meliputi berbagai bidang dan posisi yang dapat diambil oleh lulusan akuntansi.

  1. Akuntan Publik: Bagi lulusan yang ingin terjun langsung dalam menyediakan layanan kepada klien, menjadi akuntan publik adalah pilihan yang tepat. Ini mencakup audit, konsultasi pajak, dan manajemen risiko.
  2. Akuntan Forensik: Bidang ini berkaitan dengan investigasi keuangan dan sering terlibat dalam penyelesaian sengketa atau investigasi penipuan.
  3. Auditor Internal dan Eksternal: Peran ini melibatkan pemeriksaan laporan keuangan perusahaan untuk memastikan akurasi dan kepatuhan terhadap hukum dan regulasi.
  4. Akuntan Pemerintah: Ada peluang untuk bekerja di berbagai lembaga pemerintah, mengelola dan mengawasi anggaran publik, pendapatan, dan pengeluaran.
  5. Analisis Keuangan: Analis keuangan menggunakan keterampilan akuntansi untuk mengevaluasi kinerja keuangan dan membantu dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan.
  6. Manajemen Akuntansi: Fokus pada pelaporan dan analisis keuangan internal untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan operasional dan strategis.
  7. Konsultan Pajak: Spesialis dalam hukum dan regulasi pajak, membantu individu dan bisnis dalam perencanaan pajak dan pengisian surat pajak.
  8. Pendidikan dan Pengajaran: Bagi yang memiliki minat dalam pendidikan, menjadi dosen atau pengajar akuntansi di universitas dan lembaga pendidikan lainnya adalah pilihan karier.
  9. Akuntan Lingkungan: Bidang yang lebih baru ini berkonsentrasi pada pelaporan dan analisis dampak lingkungan dari operasi bisnis.
  10. Peran di Perusahaan Start-up dan Teknologi: Lulusan akuntansi juga banyak diminati oleh perusahaan start-up dan teknologi, di mana mereka berperan dalam strategi keuangan, analisis, dan pertumbuhan bisnis.

Berapa gaji seorang akuntan?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul ketika seseorang mempertimbangkan jurusan akuntansi adalah “jurusan akuntansi kerja apa, dan berapa gajinya?” Mengenai gaji seorang akuntan, banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, dan berikut adalah beberapa detail penting:

  • Akuntan Pemula: Bagi lulusan baru yang baru memasuki dunia kerja, gaji awal bisa berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 7 juta per bulan, tergantung pada perusahaan dan lokasi.
  • Akuntan Bersertifikasi: Memiliki sertifikasi profesional seperti CPA atau CA bisa meningkatkan gaji secara signifikan. Akuntan bersertifikasi dapat menghasilkan antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta per bulan atau lebih.
  • Akuntan Spesialis: Ada berbagai spesialisasi dalam akuntansi, seperti akuntan pajak, auditor, atau analis keuangan. Spesialisasi ini sering kali datang dengan gaji yang lebih tinggi, yang bisa mencapai Rp 15 juta hingga Rp 30 juta per bulan.
  • Akuntan dengan Pengalaman: Pengalaman juga memainkan peran besar dalam menentukan gaji. Akuntan dengan pengalaman bertahun-tahun dalam industri tertentu bisa menghasilkan gaji tahunan yang sangat kompetitif.
  • Industri dan Lokasi: Gaji akuntan juga bisa berbeda tergantung pada industri (mis. perbankan, pemerintahan, swasta) dan lokasi pekerjaan. Beberapa kota besar mungkin menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan area yang lebih kecil.

Gambaran gaji diatas hanya kisaran rata-rata umum, besaran pasti berbeda tiap-tiap perusahaan atau instansi.

Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik

Berikut adalah beberapa universitas terkemuka di Indonesia yang menawarkan jurusan akuntansi, yang akan membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjawab “jurusan akuntansi kerja apa” dan membangun karier yang sukses:

  1. Universitas Indonesia (UI)
    Terkenal dengan program akuntansi yang kuat dan terintegrasi, UI menawarkan kurikulum yang menekankan pada teori dan praktek akuntansi, membantu lulusan memahami “jurusan akuntansi kerja apa” dalam dunia nyata.
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
    UGM memiliki jurusan akuntansi yang diakui secara internasional dan membantu menjawab “jurusan akuntansi kerja apa” dengan mengintegrasikan pengetahuan akuntansi dengan keterampilan manajemen.
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
    ITB menawarkan pendekatan inovatif dalam akuntansi, menyediakan lulusan dengan pemahaman yang mendalam tentang “jurusan akuntansi kerja apa”, termasuk peran teknologi dalam akuntansi.
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
    Dengan fokus pada etika dan integritas, program akuntansi di UNAIR membekali lulusan dengan pengetahuan dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk menjawab “jurusan akuntansi kerja apa” dalam berbagai sektor industri.

Pertanyaan “jurusan akuntansi kerja apa?” telah terjawab melalui eksplorasi berbagai aspek dari jurusan ini. Akuntansi adalah bidang yang dinamis dengan peluang kerja yang beragam di berbagai industri.

Dengan pengetahuan yang tepat dan pendidikan berkualitas, kamu dapat mengejar karier yang sukses dan memuaskan dalam akuntansi. Baik kamu ingin menjadi auditor, analis keuangan, atau akuntan publik, jurusan akuntansi menawarkan jalur yang bervariasi dan menjanjikan.

Baca Juga: 7 Prospek Kerja Manajemen: Bisa Digaji Hingga Dua Digit

Songsong Studi Perguruan Tinggi dengan Kuasai Bahasa Inggris!

Sudah semakin paham terkait jurusan akuntansi kerja apa? Tapi, dalam era globalisasi saat ini, penguasaan bahasa Inggris, khususnya dalam konteks akademis, menjadi kebutuhan yang sangat penting. Program Kursus Academic English di Lister memberikan kesempatan emas bagi calon mahasiswa.

Program Kursus Academic English di Lister bisa menjadi modal awal untuk para mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp mendaftar sekarang! 

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.