20 Contoh Kalimat Deklaratif pada Pelajaran Bahasa Indonesia

contoh kalimat deklaratif

Kursus BIPA – Salah satu pelajaran dalam bahasa Indonesia untuk siswa yang duduk di sekolah menengah pertama adalah mengenal contoh kalimat deklaratif.

Bagi kamu yang sedang mendapatkan tugas untuk menyusun sebuah teks dengan kalimat deklaratif. Ada baiknya untuk mengetahui lebih jauh seputar pengertian kalimat deklaratif, jenis kalimat, hingga contohnya.

Pengertian kalimat deklaratif

Menganut dari penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kalimat deklaratif merupakan jenis kalimat yang umum digunakan untuk menyampaikan pernyataan atau informasi. 

Mengenal lebih jauh seputar contoh kalimat deklaratif, ciri khas dari kalimat ini biasanya menggunakan intonasi kalimat yang cenderung turun. 

Dalam kehidupan sehari-hari, kalimat deklaratif biasa digunakan untuk mengungkapkan adanya fakta, kebenaran, atau pernyataan umum. 

Melihat dari penjelasan pengertian kalimat deklaratif, maka jenis kalimat ini tidak membutuhkan tanggapan atau pun jawaban dari pembaca atau pendengarnnya. 

Tanda baca yang biasa ada pada contoh kalimat deklaratif adalah tanda baca titik yang mana kepenulisan kalimat tersebut menjadi unsur penting untuk memberi tanda akhir dari kalimat. 

Pasalnya, kalimat deklaratif yang hanya menyampaikan fakta dan kebenaran. Maka sejalan dengan tanda baca yang digunakan yang mana tidak memerlukan respons atau tanggapan dari pembaca atau pendengar. 

Penting untuk diingat bahwa penggunaan tanda titik pada akhir kalimat adalah salah satu aturan dasar tata bahasa yang harus diikuti dalam penulisan yang benar. Ini membantu pembaca untuk memahami struktur kalimat dan mengenali kapan sebuah kalimat berakhir.

Jenis kalimat deklaratif

Sebelum melanjutkan penjelasan ke contoh kalimat deklaratif dalam bahasa Indonesia, ada baiknya untuk mengetahui jenis kalimat tersebut. 

Kalimat deklaratif digunakan untuk menyampaikan pernyataan, fakta, atau informasi secara jelas dan tegas tanpa mengharapkan respons atau tanggapan dari pihak lain. 

Kalimat deklaratif aktif

Kalimat deklaratif aktif adalah jenis kalimat deklaratif yang mengikuti struktur kalimat aktif. Kalimat aktif menggambarkan suatu tindakan atau peristiwa yang dilakukan oleh subjek kalimat.

Dengan kata lain, dalam kalimat deklaratif aktif, subjek kalimat sangat jelas karena mereka adalah pihak yang melakukan tindakan. 

Subyek yang dituliskan dalam contoh kalimat deklaratif yang melakukan tindakan pada sebuah obyek dalam sebuah keterangan waktu atau tempat. 

Selain itu dilihat dari fungsinya, kalimat deklaratif aktif sering digunakan untuk menjelaskan peristiwa atau tindakan dengan jelas. 

Kalimat Deklaratif Aktif Intransitif

Secara umum, kalimat deklaratif aktif intransitif merupakan jenis kalimat yang mengikuti struktur kalimat dan tidak memerlukan obyek. 

Kalimat ini memiliki struktur dasar yang terdiri dari subjek dan predikat atau kata kerja. 

Dalam kalimat deklaratif aktif intransitif, fokus utama adalah pada tindakan atau peristiwa yang dilakukan oleh subjek. Bukan dari subyek itu sendiri. 

Dalam penggunaan sehari-hari, kalimat deklaratif aktif intransitif sangat umum digunakan dalam percakapan untuk menggambarkan aktivitas atau keadaan tanpa adanya objek yang perlu disebutkan. 

Penggunaan contoh kalimat deklaratif aktif intransitif dapat membantu kita berkomunikasi dengan jelas dan ringkas tentang apa yang sedang terjadi.

Fungsi kalimat deklaratif

Fungsi kalimat deklaratif sangat penting dalam komunikasi sehari-hari. Pasalnya, kalimat tersebut bisa digunakan untuk menyampaikan informasi, fakta, atau pernyataan secara tegas dan jelas.

Kalimat deklaratif adalah salah satu jenis kalimat dalam bahasa Indonesia yang paling umum digunakan. Selain itu, contoh kalimat deklaratif memiliki beberapa peran yang sangat relevan dalam berbagai konteks komunikasi.

Salah satu fungsi utama kalimat deklaratif adalah untuk menyampaikan informasi, fakta, atau pernyataan dengan jelas dan tegas.

Dilihat dari penjelasan kalimat tersebut, kalimat ini tidak membutuhkan tanggapan dari lawan bicara atau pembaca. 

Kalimat deklaratif juga digunakan untuk menggambarkan keadaan atau situasi tertentu. Penggunaan contoh kalimat deklaratif juga bisa memberikan penjelasan tentang suatu keadaan atau situasi. 

Kalimat deklaratif digunakan untuk memberikan penjelasan atau klarifikasi atas suatu pernyataan atau topik yang dibahas sebelumnya. 

Umumnya, kalimat deklaratif banyak digunakan untuk merangkai kata dalam essay atau berita. Hal ini karena penulis bisa dengan lugas tegas dan jelas memberikan penggambaran terkait informasi yang ingin diberikan.

Ciri-ciri kalimat deklaratif

Ciri-ciri dari kalimat deklaratif cukup penting untuk dipahami karena kalimat tersebut membantu pengguna bahasa dalam mengidentifikasi dan menggunakan kalimat yang benar. Entah itu dalam memberikan informasi secara lisan atau tulisan.

Dalam paragraf ini, Lister akan mengulas beberapa ciri-ciri utama dari kalimat deklaratif.

Kalimat deklaratif memiliki sifat informatif yang jelas dan tegas. Sifat informatif ini adalah salah satu ciri utama yang membedakan kalimat deklaratif dari jenis kalimat lainnya. 

Fungsi utama dari kalimat deklaratif adalah untuk menyampaikan informasi, fakta, atau pernyataan. Maka sifat yang ada dan melekat pada kalimat deklaratif cukup memberikan informasi secara benar. 

Tak hanya itu saja, ciri-ciri kalimat deklaratif yang selanjutnya adalah faktual. Kalimat deklaratif sering digunakan untuk menggambarkan fakta atau keadaan yang ada atau berlangsung.

Contoh kalimat deklaratif

Contoh kalimat deklaratif aktif

  1. Guru bahasa Inggris favorit kami memberikan tugas rumah untuk dikumpulkan besok.
  2. Anak kelas 6B sedang belajar matematika saat ini.
  3. Siswa yang terlibat dalam proyek lingkungan sekolah, itu cukup ulet.
  4. Kepala sekolah baru saja mengumumkan perubahan jadwal pelajaran hari selasa.
  5. Buku pelajaran di perpustakaan sekolah cukup lengkap.
  6. Pelajaran olahraga diadakan setiap rabu pagi.
  7. Siswa tahun terakhir sedang bersiap-siap untuk ujian akhir.
  8. Kantin sekolah menjual makanan sehat.
  9. Pesta perpisahan akan diadakan di aula sekolah.
  10. Siswa baru akan mengikuti orientasi besok.

Contoh kalimat deklaratif aktif

  1. Bunga-bunga itu mekar indah.
  2. Mobil itu melaju dengan cepat.
  3. Kucingku bermain di halaman belakang.
  4. Pohon-pohon bergoyang karena angin.
  5. Siswa-siswa berjalan menuju ruang kelas.
  6. Burung-burung terbang di langit biru.
  7. Air sungai mengalir perlahan.
  8. Musik itu mengalun merdu.
  9. Kuda-kuda berlari di lapangan.
  10. Matahari terbenam di ufuk barat.

[Kode Promo] Kursus BIPA, Cek Diskon !

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Indonesia adalah menguasai bahasanya. 

Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus BIPA Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.