Apa Mata Uang Jerman & Berapa Nilai Tukarnya?

apa mata uang jerman

Mata uang Jerman yang digunakan saat ini adalah Euro. Namun taukah kamu sebelum diberlakukan Euro ada mata uang Jerman lain yang digunakan?

Berapa sih nilai tukar Euro ke rupiah untuk saat ini? jika ingin belajar bahasa Jerman lengkap dengan budayanya maka kamu perlu memahami mata uangnya juga! cek sebagai berikut!

Mata uang Jerman

Mata uang Jerman adalah Euro (€) yang memiliki kode mata uang EUR. Pastinya kamu tidak asing dengan mata uang ini.

Sebab sudah banyak negara di bagian Uni Eropa yang menggunakan Euro sebagai alat transaksi jual beli.

Menariknya, Euro ini baru digunakan pada tahun 2002. Jadi negara Jerman melakukan penggantian mata uang dari Deutsche Mark (DM) ke Euro.

Uang Euro terdiri dari uang koin dan uang kertas. Uang koin Euro ada 8 nominal yaitu:

  • €0,01
  • €0,02
  • €0,05
  • €0,10
  • €0,20
  • €0,50
  • €1
  • €2

Sedangkan untuk uang Euro kertasnya terdiri dari :

  • €5
  • €1o
  • €20
  • €50
  • €100
  • €200
  • €500

Euro digunakan untuk berbagai negara di bawah anggota Uni Eropa sehingga 1 desain mata uang digunakan untuk semua negara zona Euro.

Tema yang digunakan dalam desain Euro adalah jembatan dan gerbang yang memiliki arti keterbukaan dan kerjasama di Eropa.

mata uang jerman
Mata Uang Jerman Euro | Sumber gambar : Wikipedia

Nilai tukar mata uang Jerman ke Rupiah

Di bulan Agustus 2024, nilai tukar Euro ke Rupiah mencapai angka Rp 17.136. Perlu diketahui bahwa nilai tukar mata uang akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi perekonomian negara maupun global.

Sangat mungkin terjadi nilai tukar mata uang Jerman akan berubah dari hari ini, kemarin maupun besok karena memang mengikuti berbagai kondisi.

Untuk kamu yang ingin update nilai tukar mata uang Jerman 1 Euro berapa rupiah akan lebih baik jika mengikuti update nilai tukar terutama dari website resmi Bank Indonesia.

Mata uang Jerman sebelum Euro

Membicarakan tentang sejarah mata uang Jerman,negara ini melakukan penggantian mata uang sebanyak 3 kali yaitu

  • Reichsmark (1924-1948)
  • Deutsche Mark (DM) (1948-2002)
  • Euro (€) (2002-sekarang)

Di zaman perang dunia I, Jerman menggunakan mata uang Reichsmark. Mata uang ini digunakan sampai dengan perang dunia II. Namun Jerman terus mengalami inflasi sehingga diganti mata uang Deutsche Mark (DM).

Sebelum pengenalan Euro, mata uang resmi Jerman adalah Deutsche Mark. Ini adalah mata uang yang berlaku di Jerman Barat mulai tahun 1948 dan kemudian di seluruh Jerman setelah reunifikasi pada tahun 1990.

Deutsche Mark dikenal sebagai simbol stabilitas ekonomi dan kekuatan finansial Jerman. Diperkenalkan setelah Perang Dunia II, mata uang ini membantu Jerman dalam pemulihan ekonominya dan menjadi salah satu mata uang terkuat di dunia.

Di sisi lain, Jerman Timur memiliki mata uangnya sendiri, yang dikenal sebagai Mark Jerman Timur. Itu adalah mata uang resmi negara tersebut sejak tahun 1948 hingga reunifikasi.

Pengenalan Deutsche Mark membantu dalam mengatasi hiperinflasi pasca-Perang Dunia II. Proses transisi ini adalah titik balik dalam sejarah ekonomi Jerman.

Baca Juga: 6 Negara ini Menggunakan Bahasa Jerman, ini Fakta Uniknya!

Kenapa ganti mata uang ke Euro?

Jika DM (Deutsche Mark) sudah cukup baik untuk Jerman kenapa menggantinya ke Euro?

Hal ini berhubungan dengan anggota Uni Eropa yang dimana membentuk mata uang tunggal untuk negara-negara anggotanya. Termasuk dengan negara Jerman yang menjadi bagian dari Uni Eropa.

Selain itu penggantian Euro dari Uni Eropa yang berimbas ke Jerman ini bukan tanpa alasan penting.

Melainkan untuk mendukung integrasi ekonomi, stabilitas ekonomi, kemudahan bagi Tourist maupun urusan bisnis juga meningkatkan daya saing global.

Jadi Mata uang Jerman Euro ini digunakan juga dalam berbagai anggota Uni Eropa lainya.

Baca Juga: Pesona Sejarah Ibu Kota Jerman, ini 10 Destinasi Terbaiknya!

Belajar bahasa & budaya Jerman sebelum pergi ke negaranya!

Sudah paham apa mata uang Jerman? Menguasai bahasa Jerman adalah bekal penting untuk kuliah atau bekerja di negara tersebut.

Kamu dapat mulai selangkah lebih maju dengan impian tinggal di Jerman mulai dari Kursus Bahasa Jerman di Lister.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Selain itu, kamu akan dibimbing tutor-tutor ahli yang bersertifikat.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar via WhatsApp sekarang!

Sumber gambar sampul : freepict

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts