Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Seberapa Banyak Bahasa Arab Digunakan di Dunia?

Lister – Bahasa Arab terkenal sebagai Bahasa yang indah, memiliki makna yang mendalam dan vocabulary yang berlimpah dan akurat. Walaupun penggunaannya sekarang terkesan kalah dari Bahasa Inggris, faktanya Bahasa Arab masih sangat banyak digunakan.

Bahasa Arab masih menjadi Bahasa terkaya di dunia dalam hal vocabulary atau jumlah kosakata. Terhitung sampai hari ini, Bahasa Arab memiliki sekitar 12,3 juta kata yang juga sudah diadaptasi ke dalam beberapa Bahasa lain, seperti Farsi, Turki, Spanyol, dan bahkan Bahasa Inggris.

Bahasa Arab adalah salah satu dari enam Bahasa resmi United Nation. Semua jenis Bahasa Arab jika dikombinasikan sudah digunakan oleh 422 juta orang di seluruh dunia, menjadikannya Bahasa paling banyak digunakan keenam di dunia.

Sejarah singkat Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah bagian dari keluarga Bahasa Central Semitic, bersama dengan Bahasa lainnya seperti Hebrew, Aramaic, dan Phoenician. Bahasa Arab sendiri dipercaya berkembang dari Bahasa Aramaic yang digunakan para suku nomaden di padang pasir daerah Arab.

Setelah berjayanya kekuasaan Islam pada abad ke-7, Bahasa Arab mulai menyebar secara luas ke daerah Afrika Utara, Timur Tengah, Asia Tengah dan Barat, bahkan ke sebagian Cina. Asimilasi dari warga lokal terhadap budaya dan agama dari Arab juga membantu penyebaran Bahasa Arab semakin luas ke seluruh dunia.

Secara teknis Bahasa Arab memiliki sekitar 30 jenis yang berbeda. Tapi sekarang kebanyakan native speaker menggunakan Bahasa Arab standard modern yang digunakan secara umum di berbagai bidang seperti media, pekerjaan, hukum, dan juga diajarkan di tiap jenjang pendidikan.

Walaupun dari segi pengucapan sedikit berbeda dari Bahasa Arab aslinya, sebagian besar grammar dan vocabulary dari Bahasa Arab modern masih sama, walaupun juga sudah banyak berevolusi untuk memfasilitasi perubahan konteks.

Selama abad pertengahan, Bahasa Arab menjadi Bahasa utama penyebar kebudayaan di Eropa, terutama di bidang sains, matematika, dan filosofi. Hasilnya banyak Bahasa di Eropa yang mengadaptasi kata dari Bahasa Arab.

Pengaruh Bahasa Arab di Bahasa lain

Pengaruh Bahasa Arab sangat jelas terlihat di beberapa Bahasa seperti Turki, Bosnia, Persia, dan Hindi, tapi banyak kata dalam Bahasa Inggris yang juga berkaitan dengan akar Bahasa Arab. Bahasa Arab sekarang sudah menjadi salah satu Bahasa resmi di United Nation, alasannya adalah karena jumlah penggunanya yang terus bertambah seiring dengan meningkatnya pertumbuhan dan imigrasi.

Pengaruh Bahasa Arab, utamanya dari kosakata, banyak terlihat di Bahasa di Eropa – utamanya Bahasa Spanyol dan juga Portugal dan Catalan. Ini karena penyebaran agama Kristen dan Islam di Eropa yang membantu menyebarkan budaya dan Bahasa Arab.

Alfabet atau huruf dalam Bahasa Arab sering disebut sebagai yang tersulit untuk dikuasai; tapi sampai sekarang itu masih menjadi dasar dan panduan seni kaligrafi di seluruh dunia.

Berbagai jenis Bahasa Arab

Bahasa Arab yang biasa ditemukan di media, berita, dan segala konteks formal sekarang adalah Bahasa Arab standard modern. Tapi Bahasa Arab yang banyak digunakan oleh native speaker di daerah Arab adalah Bahasa Arab dengan dialek yang berbeda-beda tergantung daerahnya. Mereka jarang menggunakan Bahasa Arab standard modern karena dianggap terlalu formal.

Berikut adalah beberapa jenis dialek Bahasa Arab yang masih banyak digunakan:

Levantine Arabic

Dialek ini biasanya dibagi lagi menjadi Levantine utara dan selatan. Bahasa Arab Levantine utara biasanya banyak dipilih oleh orang yang ingin belajar Bahasa Arab karena pengucapannya yang indah.

Pengguna dialek ini ada sekitar 25 juta orang, kebanyakan berasal dari Lebanon dan Syria. Bahasa Arab Levantine selatan banyak digunakan di Jordan dan Palestina dengan total 12 juta pengguna.

Maghrebi Arabic

Dialek Bahasa Arab ini banyak digunakan di Afrika Utara, tepatnya Algeria, Lybia, Mauritania, Moroko, Tunisia, dan bagian barat Sahara. Dialek ini berkembang sangat jauh dari Bahasa Arab standard modern sehingga bagi orang asing akan terdengar baru dan unik.

Egyptian Arabic

Sampai sekarang, dialek ini adalah yang paling populer untuk dipelajari. Egyptian Arabic merupakan Bahasa lokal di Mesir dan Sudan.

Egyptian Arabic memiliki grammar dan vocabulary yang cukup banyak berbeda dari Bahasa Arab standard modern. Dialek ini sudah digunakan oleh sekitar 68 juta orang di seluruh dunia, menjadikannya duduk di peringkat ke-26 bahasa yang paling banyak digunakan.

Sudanese Arabic

Sekarang dialek ini digunakan oleh 42 juta orang, dengan didominasi oleh warga lokal dari Sudan dan sebagian Eritrea. Dialek ini menduduki peringkat ke-41 sebagai Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia pada tahun 2020.

Gulf Arabic

Gulf Arabic sekarang memiliki sekitar 10 juta pengguna yang kebanyakan berasal dari Irak, Kuwait, Oman, dan Arab Saudi. Dialek ini dikenal yang paling dekat dengan Bahasa Arab standard modern karena terdengar elegan dan formal.

Bahasa Arab adalah Bahasa yang penting di dunia

Bahasa Arab dikenal juga sebagai Bahasa Islam, jadi jika kalian bepergian ke negara-negara yang memiliki banyak umat Muslim, hampir dipastikan kalian akan menemukan Bahasa ini. Mengetahui Bahasa Arab standard modern bisa membantu kalian berkomunikasi dengan ratusan juta penggunanya di seluruh dunia.

Bahasa Arab sangat penting di dunia perkembangan bisnis, terutama di bidang energi, konstruksi, dan teknologi yang banyak memberikan dorongan ekonomi di beberapa negara seperti Arab Saudi yang menggunakan Bahasa Arab sebagai Bahasa resmi. Jika kalian bisa berbahasa Arab di lingkungan profesional, kalian bisa menjadi incaran banyak perusahaan dan organisasi bisnis di seluruh dunia.

Hal yang sama juga berlaku untuk urusan diplomatik, pemerintahan, dan karir politik yang berhubungan dengan peraturan di dunia Arab.

Dalam hal pembelajaran Bahasa Arab sendiri, kalian akan menemukan banyak hubungan dengan Bahasa lainnya. Dengan belajar cara membaca dan menulis dalam Bahasa Arab, kalian bisa membuka wawasan tentang bahasa-bahasa lain di dunia yang tidak terikat dengan dunia barat, dan juga mempelajari perbedaan dan persamaannya.

baca juga

Negara pengguna Bahasa Arab

Ada 23 negara bagian yang menggunakan Bahasa Arab standard modern sebagai bahasa resminya. Yaitu Algeria, Bahrain, Chad, Comoros, Djibouti, Mesir, Irak, Jordan, Kuwait, Lebanon, Libia, Mauritania, Moroko, Oman, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Somalia, Sudan, Syria, Tunisia, UAE, Yemen.

Ada 7 negara yang menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa nasional atau bahasa minoritas, tapi bukan bahasa utama. Yaitu, Cyprus, Eritrea, Iran, Mali, Nigeria, Senegal, Turki.

Ada juga 4 negara yang memberikan status spesial berdasarkan konstitusi kepada Bahasa Arab, yaitu Iran, Israel, Pakistan, dan Filipina.

Urutan negara dengan pengguna Bahasa Arab terbanyak adalah Mesir (82 juta), Algeria (39,2 juta), Sudan (38 Juta), lalu diikuti Irak, Moroko, Arab Saudi, Yemen, Syria, Tunisia, UAE, Jordan, Libya, Lebanon, Palestina, Mauritania, Oman, Kuwait, Qatar, dan Bahrain.