Melatih Kemampuan Reading di Tes IELTS [Ter-Lengkap]

Melatih Kemampuan Reading di Tes IELTS [Ter-Lengkap]

lister.co.id – Sebagai seorang pemburu beasiswa, kamu pasti tidak asing lagi dengan tes yang satu ini fellas? Apa lagi kalau bukan tes IELTS, salah satu tes yang mungkin saat ini sedang kamu perjuangkan. Oya, sudah sampai mana progress belajarnya? Artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara melatih kemampuan reading skill sehingga akan menunjang skor akhir tes IELTS nanti. Yuk disimak!

Sebenarnya, apa sih tujuan dari IELTS Reading Test?

Tujuannya adalah untuk menilai seberapa baik cakupan keterampilan kamu saat membaca tulisan dalam Bahasa Inggris. Teknik yang diuji dapat berupa kemampuan membaca untuk mencari pengertian secara umum, mencari ide pokok, mencari rincian, memahami kesimpulan dan makna tersirat, mengikuti jalannya argumentasi, hingga mengetahui arah opini, sikap, atau tujuan dari sang penulis konten.

Konten IELTS Reading dapat berupa jenis-jenis bacaan berbeda yang diambil dari buku, jurnal, majalah, atau koran dengan panjang keseluruhannya mencapai 2.150-2.750 kata. Tidak perlu kemampuan khusus untuk memahami teks bacaan IELTS Reading dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Jika kamu membaca dengan teliti, kamu dapat menemukan seluruh jawabannya dalam teks bacaan tersebut. Jika ada istilah teknis tertentu yang tidak luas dikenal, akan dicantumkan daftar istilah untuk membantu pemahaman kamu.

Secara umum, kamu akan diuji untuk membaca dengan cepat, efisien, dan menyelesaikan 40 soal tes dalam alokasi waktu yang tepat. Peserta tes IELTS Reading memiliki waktu 60 menit untuk mengerjakan tes, baik untuk modul Academic maupun General Training.

Pengalaman ujian Reading dapat bervariasi, tergantung dari pilihan modul yang mau di ambil, serta apakah kamu memilih mengerjakan IELTS Computer-delivered yang berbasis komputer, ataukah IELTS Paper-based secara tertulis dengan kertas dan pensil.

Terdapat beberapa perbedaan dan juga kesamaan tes Reading antara IELTS Academic dan IELTS General Training

Hal-Hal yang harus diketahui terkait IELTS Reading Test

Sistem penilaian bernilai satu poin (40 poin secara keseluruhan) kemudian poin-poin tersebut akan diubah menjadi 9 band IELTS.

TIPS UNTUK MENGERJAKAN TES READING

Banyak-Banyak Membaca

Dengan banyak membaca, kamu akan semakin terbiasa dan lebih percaya diri dalam membaca dan memahami bacaan dalam Bahasa Inggris. Tujuan dari ujian reading ini tidak meminta peserta untuk mengetahui setiap kosakata atau mengerti setiap kalimat dalam bacaan, tetapi kemampuan untuk memilah dan menggunakan informasi dalam bacaan untuk menjawab soal. Jadi cara terbaik untuk dapat meraih skor tinggi adalah banyak-banyak membaca dan berlatih soal-soal dari contoh tes reading IELTS.

Heading + First Sentence = Full Passage

If the first sentence is very short, for example, less than one line of your sheet, then you will read first two sentences.

Dari sini kita bisa tarik sebuah strategi bahwa daripada membaca teks secara keseluruhan dengan cepat, lebih baik baca dan pahami dengan baik Headline dan kalimat pertama setiap paragraf.

The Ultimate Match Making

Setiap pertanyaan selalu memiliki kata kunci yang bisa digunakan untuk mencari jawaban. Jadi, bahkan sebelum kamu mencari jawaban, cobalah mencari kata kunci dari sebuah pertanyaan yang diajukan.

Contoh Keyword: tanggal, waktu, tempat, nomor, dan nama.

Nah, ketika kamu sudah menemukan kata kuncinya, baca pertanyaanya lagi.

Kemudian, jangan lupa bacalah satu kalimat sebelum keyword, ketika ada keyword, dan setelah keyword.

Ada kosakata yang tidak dimengerti, harus bagaimana?

Jangan panik! Dikarenakan tidak semua kosakata mempengaruhi jawaban, cobalah untuk menebak arti kosakata yang tidak dimengerti dari konteks bacaan atau kalimat – seperti apakah itu adalah kata benda atau kata kerja. Pada umumnya, soal-soal akan memberikan petunjuk untuk mencari jawaban. Cari dan perhatikan sinonim atau parafrase dari jawaban yang telah ada dalam bacaan.

Satu hal yang perlu diingat, waktu yang terbatas dalam megerjakan tes reading ini akan meuntut kamu untuk memiliki strategi tersendiri. Oleh sebab itu, jangan membaca seluruh teks tapi baca seperlunya.  Fokuslah pada kalimat pertama dan kalimat terakhir setiap paragraf untuk mengerti konten paragraf.

Baca juga artikel lainnya yuk!