Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Contoh Ucapan Enak dalam Bahasa Korea

ucapan menyenangkan bahasa Korea

Dalam hidup, ada banyak sekali kejadian yang terjadi kepada diri kita. Ada peristiwa yang menyenangkan hati, membuat semangat, sampai yang memilukan. Misalnya, saat ini kamu sedang menimba ilmu atau bekerja di Korea Selatan. Lalu, mendapati peristiwa yang sangat membahagiakan seperti lolos ujian semester, mendapat traktir teman atau naik jabatan, apa yang akan kamu katakan?

Dalam bahasa Korea, ungkapan-ungkapan tersebut perlu dipelajari supaya kita tahu apa yang seharusnya diucapkan saat menemui peristiwa itu. Baca artikel sampai akhir ya!

bahasa Korea

Ungkapan Memuji Teman yang Cantik

“Kamu terlihat cantik.” – “areumdawoyo”

Frasa 아름다워요 (areumdawoyo) berarti cantik dan dapat digunakan untuk memuji orang maupun barang. Namun dalam penggunaannya, frasa ini lebih sering digunakan ketika memuji keindahan alam. Selain ungkapan tadi, ada ungakapan lain yang berarti sama namun digunakan pada orang yang lebih tua atau tidak terlalu dekat. Gunakan 이뻐요 (ippeoyo). Keduanya sama-sama berarti “kamu cantik” dan dapat digunakan untuk orang atau barang.

Ungkapan Memuji Hasil Pekerjaan Teman

“Kamu menyelesaikan tugas dengan sangat baik.” – “Jalhaesseo.”

Setelah menyelesaikan pekerjaan atau ujian, orang Korea seringkali menggunakan kalimat ini untuk memuji orang lain atau dirinya sendiri. Nah, kalau kamu bekerja sama dengan orang Korea, dan mendapatkan kalimat pujian ini, berarti pekerjaanmu bagus.

Ungkapan Memuji Kepintaran Teman

“Kamu adalah teman yang mengagumkan!” – “Neon metjin chinguya.”

Kata 멋진 (meotjin), dapat diartikan sebagai “keren”,” mengagumkan”, “sangat baik” atau apapun yang berarti positif dalam pujian. Ungkapan ini sangat cocok ditujukan kepada shata, saudara, atau teman . Jadi jangan ragu untuk menggunakan kalimat ini saat ingin memuji temanmu, ya,Fellas.

Ungkapan Tentang Cuaca yang Cerah/Sejuk

“Cuacanya sejuk sekali kelihatannya hari ini.” – “aju siwonhan got gatayo”

아주 시원한 것 같아요 (aju siwonhan got gatayo), ungkapan yang dapat digunakan saat ingin memuji cuaca yang sedang terjadi. Terdiri dari dua suku kata yaitu 아주 (aju) artinya sangat dan 시원하다 (siwonhada) berarti sejuk.

Ungkapan Memuji Makanan yang ‘Enak’

“Enak sekali makanannya!” – “맛있다 ‘Masshita’ atau 맛있어 요‘Masshiseoyo’”

Saat pergi ke Korea dan makan di sebuah restoran, lalu mendapati makanan yang disajikan enak rasanya. Kira-kira apa yang akan kita katakan? Bagaimana cara mengucapkan ‘makanan ini rasanya lezat sekali!” dalam bahasa Korea?

Kata 맛있어요 ‘Masshiseoyo’ terbentuk dari 맛 ‘mat-’ yang artinya ‘rasa’ dan 있어요  ‘-isseoyo’ yang berarti ‘enak’ atau ‘lezat’. Namun, sebenarnya makna dari ungkapan “맛있다 ‘Masshita’ atau 맛있어 요‘Masshiseoyo’” juga berarti memuji orang yang sudah memasak ataupun yang mengantarkan makanannya.

Contoh: 삼겹살 맛있어요 ‘samgyeopsal masisseoyo’ artinya Samgyeopsal (daging panggang khas Korea) itu enak.

Itulah beberapa ungkapan untuk mengatakan sesuatu yang bermakna menyenangkan atau enak sesuai dengan situasi dan kondisinya.

Mempelajari bahasa Korea memang selalu menyenangkan kan, Fellas? Tidak hanya seru mempelajari bahasanya, namun juga kebudayaan serta banyak hal lain yang bisa dipelajari dari negeri ginseng tersebut.

Untuk bisa belajar bahasa Korea lengkap dengan budayanya, kamu bisa bergabung di kelas Bahasa Korea Lister. Daftar sekarang juga dan dapatkan promo menarik setiap minggu-nya!

Belajar bahasa asing Lister
Belajar bahasa asing Lister

freepik.com