4 Universitas Negeri di Jakarta, Cek Biaya dan Prodi Favorit

universitas negeri di jakarta

Kursus Academic EnglishKetika berbicara tentang pendidikan tinggi di Indonesia, universitas negeri di Jakarta sering kali menjadi topik pembicaraan. Sebagai ibu kota, Jakarta menawarkan berbagai pilihan universitas negeri berkualitas dengan berbagai keunggulan masing-masing.

Dalam artikel ini, akan dibahas empat universitas negeri di Jakarta terkemuka, beserta biaya kuliah dan prodi favorit di masing-masing kampus. Jadi, jika kamu sedang mempertimbangkan melanjutkan studi di salah satu universitas negeri di Jakarta, informasi ini sangat berguna.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas negeri di Jakarta pertama yang tidak asing terdengar adalah Universitas Indonesia (UI). Didirikan pada tahun 1849, universitas ini awalnya merupakan sekolah kedokteran dengan sebutan STOVIA.

Saat ini, UI memiliki dua kampus utama, yaitu di Jalan Salemba, Jakarta Pusat, dan di Depok, Jawa Barat. Meskipun kampus Depok berada di wilayah Jawa Barat, letaknya sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan.

Berdasarkan informasi dari old.ui.ac.id, universita negeri di Jakarta kampus UI Salemba ini mengusung beberapa fakultas eksakta unggulan. Mulai dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika, Ilmu Pasti dan Alam (FMIPA).

Dari semua fakultas tersebut, Fakultas Kedokteran diakui sebagai prodi yang paling diminati dan menjadi favorit di kalangan mahasiswa. Adapun terkait dengan biaya kuliah di UI Salemba, terbagi menjadi dua jenis utama: BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dan UP (Uang Pangkal).

Untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN dan UTBK, biaya BOP Regulernya berkisar antara 0 hingga Rp7,5 juta per semester. Sedangkan untuk Uang Pembangunan (UP), angkanya bervariasi antara Rp11.000.000 hingga Rp50.000.000.

Sementara mahasiswa Vokasi, Kelas Internasional, dan yang masuk lewat jalur SIMAK, BOP-nya dimulai dari Rp10.000.000 hingga Rp50.000.000 setiap semester.

Baca Juga: 5 Universitas Kedokteran Terbaik di Indonesia versi QS WUR 2023

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di urutan kedua sebagai salah satu universitas negeri di Jakarta berikutnya. Kampus ini dikenal sebagai pelopor pendidikan di Indonesia.

Berdiri dengan nama awal IKIP (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan), universitas negeri di Jakarta ini menjalani perubahan signifikan pada tahun 1999 saat namanya berubah menjadi UNJ.

Perubahan ini bukan hanya sekedar nama, tetapi juga ekspansi program studi dengan pembukaan fakultas non pendidikan. UNJ saat ini memiliki empat kampus yang terletak strategis di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

UNJ menawarkan beragam pilihan fakultas bagi calon mahasiswanya. Terdapat 8 fakultas yang bisa dipilih, yaitu: Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial, Teknik, Ilmu Olahraga, Ekonomi, dan Pendidikan Psikologi.

berdasarkan laman sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, ada lebih dari 1.000 orang yang mendaftar di SBMPTN 2022 untuk beberapa jurusan di UNJ. Dari total 75 program studi yang dibuka pada SNBT 2023, ada dua jurusan yang menjadi sorotan.

Pertama, prodi atau jurusan Ilmu Komputer dengan peminat tahun 2022 sebanyak 1.142 orang dan daya tampung 2023 hanya 36 orang. Jurusan favorit kedua di UNJ yaitu Sistem dan Teknologi Informasi dengan peminat 1.118, daya tampung 18 orang.

Terkait dengan biaya kuliah, pihak UNJ menetapkan sistem UKT dan SPU. Adapun besaran UKT di UNJ mulai dari Rp500.000 hingga Rp10.300.000. Sedangkan SPU berkisar antara Rp7.500.000 sampai Rp20.000.000.

3. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPN Veteran Jakarta) terletak di dua lokasi, yaitu Pondok Labu, Jakarta Selatan dan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Universitas ini didirikan pada tanggal 21 Februari 1967.

Di awal pendiriannya, UPN Veteran Jakarta merupakan universitas kedinasan yang berada di bawah naungan Departemen Pertahanan dan Keamanan RI. Namun, pada tahun 1994, status universitas ini berubah menjadi swasta.

Salah satu universitas negeri di Jakarta ini memiliki tujuh fakultas yang menawarkan berbagai program studi kepada mahasiswanya. Fakultas-fakultas tersebut meliputi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Komputer, Hukum, serta Ilmu Kesehatan.

Berdasarkan data yang dilansir dari laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id pada tanggal 9 Februari 2023, terdapat beberapa program studi yang paling diminati di UPN Veteran Jakarta.

Pada SNMPTN 2022, program studi Ilmu Komunikasi menjadi yang paling banyak diminati dengan total peminat sebanyak 2.217 orang. Sedangkan untuk daya tampung di tahun 2023, prodi ini menyediakan sebanyak 64 tempat.

Untuk masalah biaya, mahasiswa baru UPNVJ yang lolos melalui jalur SNMPTN, UTBK, dan seleksi mandiri D3 hanya akan dikenakan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Namun, bagi mahasiswa jalur mandiri S1, selain dikenakan UKT, mereka juga harus membayar Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Besaran UKT untuk mahasiswa di universitas negeri di Jakarta, UPN Veteran ini berkisar antara Rp500.000 hingga Rp22.300.000 per semester. Sedangkan untuk SPI, besaran yang harus dibayar berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp40.000.000.

4. UIN Syarif Hidayatullah

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah adalah salah satu universitas negeri di Jakarta ternama. Meski tidak berada tepat di pusat kota Jakarta, kampus UIN Syarif Hidayatullah terletak di pinggiran kota Jakarta, berbatasan dengan Tangerang.

Sejarah berdirinya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dimulai dari pendirian Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) yang bertujuan sebagai akademi dinas Departemen Agama.

Diresmikan pada tanggal 1 Juni 1957, ADIA ini didirikan dengan tujuan utama untuk mendidik dan mempersiapkan pegawai negeri agar menjadi ahli didik agama yang memegang ijazah pendidikan akademi dan semi akademi.

Dari sini, perkembangannya terus meningkat. Saat ini, UIN Syarif Hidayatullah bukan hanya memiliki fakultas yang fokus pada keilmuan agama Islam, tetapi juga memiliki total 14 fakultas yang mencakup berbagai bidang ilmu.

Berdasarkan data yang dilansir dari laman sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, jurusan atau prodi yang paling diminati di UIN Jakarta adalah Teknik Informatika.

Jumlah peminat pada tahun 2022 sebanyak 842 orang dan daya tampung pada tahun 2023 sebanyak 48 orang. Di urutan kedua, ada prodi Kesehatan Masyarakat dengan peminat pada tahun 2022 sebanyak 781 orang dan daya tampung tahun 2023 sebanyak 44 orang.

Baca Juga: KIP Kuliah 2023: Cek Cara Daftar, Syarat, dan Jadwal Seleksi

Songsong Studi di Universitas Negeri di Jakarta, Kuasai Bahasa Inggris!

Sudah semakin paham akan apa saja universitas negeri di Jakarta terbaik? Tapi, dalam era globalisasi saat ini, penguasaan bahasa Inggris, khususnya dalam konteks akademis, menjadi kebutuhan yang sangat penting. Program Kursus Academic English di Lister memberikan kesempatan emas bagi calon mahasiswa.

Program Kursus Academic English di Lister bisa menjadi modal awal untuk para mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. 

Mereka nantinya bebas memilih jumlah kelas, bahkan menentukan tutor dan kelas pengganti dalam program tersebut. Selengkapnya, ikuti Instagram Lister untuk mengetahui informasi terbaru dan menarik lainnya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp mendaftar sekarang! 

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.