Berminat Jurusan Filsafat? Kenali Makul dan Prospeknya, Yuk!

jurusan filsafat

Kursus Academic English – Saat memilih jurusan kuliah, banyak orang menjadikan Filsafat sebagai jurusan cadangan atau bahkan pilihan terakhir.

Jurusan ini mungkin tidak sepopuler program studi lainnya, tetapi ada berbagai manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari filsafat sebagai dasar dari segala ilmu.

Untuk kamu yang berminat mendaftar di jurusan Filsafat, cari tahu mata kuliah hingga prospek kerjanya, yuk!

Apa itu Filsafat?

Dilansir dari KBBI, filsafat memiliki arti sebagai berikut.

(1) pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya;

(2) teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan;

(3) ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, dan epistemologi;

(4) falsafah.

Filsafat dalam bahasa Inggris disebut dengan philosophy. Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani, philosophia, yang artinya mencintai kebijaksanaan.

Filsafat menggunakan daya pikir dan nalar untuk memahami berbagai hal di dunia, seperti eksistensi, pengetahuan, kebenaran, dan etika. Filsafat membantu manusia menalar, menciptakan argumen, membentuk pemikiran kritis, dan mengasah logika.

Filsafat dapat mempertanyakan, menentang, mendebat, hingga memahami segala sesuatunya. Mulai dari eksistensi manusia hingga keberadaan Yang Ilahi.

Jurusan Filsafat

Banyak universitas di dalam maupun luar negeri yang menawarkan jurusan Filsafat. Dikutip dari University of Wisconsin-Milwaukee, terdapat empat pilar dalam filsafat.

  • Teori Filsafat (Metafisik dan Epistemologi); menjawab pertanyaan tentang ilmu pengetahuan seperti, “Apakah ada yang absolut di dunia ini?”, “Apa dasar keyakinan manusia bahwa masa lalu adalah indikator yang baik untuk masa depan?”, “Apakah Tuhan itu ada?”, atau “Seperti apa dunia ini, terlepas dari persepsi manusia?”.
  • Filsafat Praktis (Etika, Filsafat Sosial dan Politik, Estetika) berusaha menjawab pertanyaan seperti, “Bagaimana seharusnya kita menjalani hidup?” dan “Norma sosial dan politik seperti apa yang adil atau logis?”.
  • Logika mengajarkan hal-hal yang membedakan baik dan buruk dan memungkinkan manusia berpikir kritis.
  • Sejarah Filsafat mencakup kisah para pemikir terhebat di dunia yang mempertanyakan hal-hal penting dalam hidup manusia.

Masing-masing bagian filsafat tersebut dapat bersinggungan dengan disiplin ilmu yang lain, seperti Fisika atau Psikologi.

Mengapa manusia mempelajari filsafat, atau apa manfaat mengetahui berbagai konsep filsafat? Ilmu ini membantu manusia memahami hubungan antara berbagai gagasan dan teori dengan cara yang masuk akal.

Jurusan Filsafat biasanya termasuk dalam Departemen Humaniora, seperti Ilmu Budaya. Walaupun begitu, ilmu ini sebetulnya lebih banyak berkaitan dengan disiplin lain, seperti Matematika atau Sains.

Ilmu Filsafat juga dapat dipelajari sebagai bagian dari jurusan lain, seperti Sejarah, Ilmu Politik, Sastra, Hukum, Linguistik, dan lain-lain.

Pertimbangan Memilih Jurusan Filsafat

Dalam menentukan jurusan kuliah, tentunya kamu memiliki beberapa pilihan. Jika kamu ingin menjadikan Filsafat sebagai salah satu opsi, pertimbangkan alasan kamu memilihnya.

Filsafat cocok untuk kamu yang suka membaca, menganalisis, dan berargumen. Kamu akan menjadi orang yang mampu berpikir kritis, menyampaikan argumen dengan persuasif, melontarkan pertanyaan kontekstual, memahami perspektif orang lain, dan menalar dengan tajam.

Baca juga: 10 Jurusan Unik dan Langka di Dunia, Tertarik Mendaftar?

7 Universitas dengan Jurusan Filsafat Terbaik

Jika kamu benar-benar tertarik mempelajari Filsafat, pilih universitas terbaik yang mampu menawarkan jurusan tersebut. Berikut beberapa rekomendasinya.

  • Philosophy (Arts and Science), Department of Philosophy, New York University (NYU)
  • Rutgers School of Arts and Science, Department of Philosophy, Rutgers University-New Brunswick
  • Kenneth P. Dietrich School of Arts & Science, Department of Philosophy, University of Pittsburgh
  • Faculty of Philosophy, University of Oxford
  • ANU School of Philosophy, The Australian National University
  • Department of Philosophy, Logic and Scientific Method, The London School of Economics and Political Science (LSE)
  • Faculty of Philosophy, University of Cambridge

Prospek Kerja Jurusan Filsafat

Berbekal gelar di jurusan Filsafat, apa prospek kerja yang cocok untukmu? Berikut penjelasannya, dikutip dari The Muse.

  • Analis Kebijakan
  • Manajer Pemasaran
  • Jurnalis
  • Psikolog
  • Konsultan Manajemen
  • Sales
  • Pengacara
  • Guru

Baca juga: 10+ Quotes Public Speaking dari Tokoh Terkenal Dunia

Kelebihan Lulusan Filsafat

Tahukah kamu, mempelajari filsafat saat kuliah dapat melatih skill yang membuat kamu unggul di dunia kerja? Berikut ini beberapa contohnya.

1. Adaptif dan inovatif

Seseorang yang mempelajari filsafat sudah terbiasa menerima sudut pandang baru, sehingga tidak akan kesulitan beradaptasi dan menciptakan inovasi di lingkungan kerjanya.

2. Analitis

Keseharian seorang pelajar filsafat adalah menganalisis dan menginterpretasikan teori atau konsep yang rumit. Ia menjadi lebih mudah memahami suatu masalah secara keseluruhan.

Dalam keseharian seorang pelajar jurusan filsafat, mereka terlibat dalam aktivitas yang berfokus pada menganalisis dan menginterpretasikan teori atau konsep yang rumit.

Salah satu fokus utama dalam studi filsafat adalah kemampuan untuk menganalisis argumen dan teori secara kritis. 

Mahasiswa akan memecah argumen menjadi bagian komponennya, mengidentifikasi premis, dan mengevaluasi validitas serta kelemahan argumen tersebut.

Teks filsafat sering kali kompleks dan memerlukan pemahaman yang mendalam. Sehingga, mahasiswa bisa menghabiskan banyak waktu untuk merenungkan teks tersebut.

3. Komunikasi dan penulisan

Orang yang mempelajari filsafat dapat dengan mudah menyampaikan hal rumit dengan cara sederhana, baik secara lisan maupun tertulis. Hal ini membuat mereka unggul dalam diskusi.

4. Pemikiran kritis dan pemecahan masalah

Lulusan jurusan filsafat memiliki keunggulan dalam pengembangan pemikiran kritis. 

Selain itu, kemampuan tersebut juga penting dalam melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan membantu dalam proses pemecahan masalah. 

Ada beberapa hal yang perlu dipahami seputar bagaimana pemikiran kritis dari lulusan jurusan filsafat. 

Seperti, Lulusan filsafat dilatih untuk merumuskan dan membela argumen secara sistematis. 

Kemampuan ini berguna dalam menyusun argumen-argumen yang kokoh untuk mendukung suatu pandangan atau solusi terhadap suatu masalah. 

Pemikiran kritis diperlukan untuk melihat masalah dari berbagai sisi dan membantu pemecahan masalah.

Baca juga: Yuk Kembangkan Berpikir Kritis, Skill Penting di Masa Depan.

5. Persuasif dalam menyampaikan argumen

Saat mempelajari filsafat, kamu akan terlatih membangun argumen yang kuat, meyakinkan, logis, serta didukung bukti. Keterampilan ini penting saat menyampaikan presentasi yang sifatnya meyakinkan orang lain.

Tokoh Terkenal Lulusan Filsafat

Tokoh terkenal yang merupakan lulusan jurusan filsafat telah memberikan kontribusi luar biasa dalam berbagai bidang kehidupan. 

Mulai dari ilmu pengetahuan dan seni hingga politik dan etika hingga pendidikan dasar yang kuat dalam pemikiran kritis dan analitis. 

Jangan ragu untuk memilih jurusan Filsafat. Ada banyak peluang kerja yang bisa kamu raih, seperti tokoh-tokoh terkenal berikut ini.

  • Woody Allen, Sutradara dan komedian
  • Harrison Ford, Aktor
  • Steve Martin, Komedian dan aktor
  • Bruce Lee, Aktor
  • Angela Davis, Aktivis sosial
  • Thomas Jefferson, Presiden Amerika Serikat
  • Mary Higgins Clark, Penulis
  • Umberto Eco, Novelis dan semiologis
  • Martin Luther King, Jr, Pejuang hak asasi manusia
  • Pierre Trudeau, Perdana Menteri Kanada
  • Steve Allen, Penulis dan komedian
  • Susan Sontag, Penulis
  • Paus Yohanes Paulus II
  • Bill Clinton, Presiden Amerika Serikat

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Academic English, Langkah Awal Sukses Studi

Sudah semakin paham teks dalam bahasa Inggris? Agar kamu semakin mahir menulis dan menganalisis teks bahasa Inggris, ikuti Kursus Academic English di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

kelas bahasa inggris di solo

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.