Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10 Jurusan Unik dan Langka di Dunia, Tertarik Mendaftar?

jurusan unik

Memilih jurusan kuliah memang bukan hal yang mudah. Pasalnya jurusan yang dipilih akan banyak berpengaruh pada karier di kemudian hari.

Belum dapat menentukan pilihan? Kamu dapat melirik sejumlah jurusan unik yang ada di dunia berikut ini.

Meskipun unik dan langka, bukan berarti peluang kariernya tak luas, lho! Beberapa program studi berikut justru sangat spesifik, sehingga dicari berbagai perusahaan ternama.

1. Game Design

Program studi yang pertama ini memang sudah cukup lazim, walaupun belum banyak di Indonesia.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari game design dari dasar. Mulai dari membuat karakter, grafik komputer, hingga 3D modelling.

Sebagai tugas akhir, mahasiswa diminta mengembangkan game sendiri. University of Skövde, Swedia menawarkan jurusan ini hingga jenjang magister.

2. Memeology

Bagi kamu yang gemar berbagi meme di media sosial, jurusan ini cocok buatmu! Di sini kamu akan mempelajari mulai dari evolusi sampai proses pembuatan meme.

Jurusan ini ditawarkan University of Texas, Austin, Amerika Serikat. Selepas lulus, kamu dapat menjadi meme analyst atau social media strategist.

3. Bicycle Design

Bicycle Design adalah jurusan yang secara khusus mengajarkan pengembangan sepeda untuk berbagai keperluan, mulai dari olahraga sampai sepeda santai.

Minnesota State College Southeast menawarkan jurusan ini. Berbekal ilmu yang didapat, kamu berkesempatan menjadi quality assurance technician atau production specialist.

4. Mortuary Science

Peristiwa duka yang dialami seseorang ternyata dapat menjadi studi yang menarik. Mortuary Science mempelajari industri pemakaman dan konseling bagi keluarga yang ditinggalkan.

Kamu dapat mempelajarinya di Mid-America College of Funeral Service. Peluang karier yang ada yaitu funeral director, embalmer, dan pathology technician.

5. Leisure Studies

Hiburan dan rekreasi ternyata merupakan objek penting untuk dipelajari. Kamu dapat mengambil jurusan ini di Southern Illinois University.

Setelah itu, kamu dapat menjadi park ranger, coach, sampai fitness center manager.

6. Spacecraft Design

Bagi kamu yang ingin menantang diri dalam studi teknik, dapat menjajal program magister Spacecraft Design di Lulea University of Technology, Swedia. Kamu akan belajar mengintegrasikan sistem yang kompleks agar dapat berfungsi dengan baik di luar angkasa.

Program ini dilaksanakan di Kiruna, yakni sebelah utara Lingkar Arktik.

7. Cryptozoology

Cryptozoology adalah studi tentang makhluk yang belum dapat dibuktikan eksistensinya. Contohnya Bigfoot, Mothman, atau Loch Ness Monster.

Kamu akan mempelajari berbagai dokumen yang menunjukkan bukti keberadaan makhluk-makhluk tersebut di tempat mereka diyakini tinggal.

Ilmu ini dapat dipelajari di IMHS Metaphysics Institute. Kamu dapat menjadi dosen atau peneliti sesuai bidang ilmu tersebut.

8. Astrobiology

Sama seperti cabang ilmu di atas, Astrobiology juga berupaya mencari bukti eksistensi kehidupan makhluk. Perbedaannya adalah Astrobiology mencoba menjawab pertanyaan apakah ada makhluk hidup lain di luar angkasa.

Di Florida Tech, kamu akan mendapat kuliah langsung dari para astronot berpengalaman. Nantinya kamu dapat berkarier sebagai peneliti atau jurnalis sains.

9. Animal Psychology

Tidak hanya manusia yang membutuhkan psikolog, hewan pun demikian. Perilaku hewan saat berinteraksi dengan makhluk hidup lain, mencari makan, dan berpasangan dipelajari dalam bidang studi Animal Psychology.

Kamu dapat mengambil jurusan tersebut di Bucknell University. Bagaimana dengan peluang kariernya? Kamu dapat memilih menjadi veterinary behaviorist, wildlife technician, atau zoological researcher.

10. Herbal Sciences

Lulusan program studi yang satu ini pasti akan banyak dicari di Indonesia. Pasalnya ada banyak tumbuhan lokal Indonesia yang digunakan untuk pengobatan tradisional.

Di sini kamu akan belajar ilmu herbal dalam kaitannya dengan sains modern. Program studi ini hanya berlangsung selama 2 tahun di Bastyr University.

Kuliah di Luar Negeri, Mulai dari Belajar Bahasa Asing!

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat, serta mendapatkan modul yang pastinya mendukung proses belajar. Kamu juga dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!