Apa Itu Tinjauan Pustaka, Cara Buat & 5 Hal yang Harus Ada

apa itu tinjauan pustaka

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Dalam dunia akademis, apa itu tinjauan pustaka sering menjadi pertanyaan. Tidak hanya bagi pelajar, apa itu tinjauan pustaka juga menjadi pertanyaan bagi peneliti maupun akademisi.

Jangan khawatir, karena pada artikel ini, kita akan membahas apa itu tinjauan pustaka, bagaimana cara membuatnya, dan 5 hal yang harus ada dalam tinjauan pustaka. Apa itu tinjauan pustaka? Yuk, cari tahu lebih lanjut.

Apa itu tinjauan pustaka?

Tinjauan pustaka adalah suatu proses menilai, mengkaji, dan menganalisis karya-karya literatur yang relevan dengan subjek atau topik penelitian tertentu. Apa itu tinjauan pustaka dalam konteks ilmiah adalah sebuah langkah penting dalam proses penelitian.

Seorang peneliti atau penulis akan menyajikan gambaran menyeluruh mengenai pengetahuan yang telah ada dalam bidang yang diteliti. Tinjauan pustaka tidak hanya sekadar mengumpulkan informasi.

Melainkan juga melibatkan interpretasi, sintesis, dan evaluasi terhadap informasi tersebut. Ini membantu dalam mengidentifikasi tren, isu, kesenjangan dalam penelitian, dan mungkin membantu dalam merumuskan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang lebih spesifik.

Tinjauan pustaka membantu dalam menjelaskan bagaimana penelitian kamu akan menambah pengetahuan baru atau memberikan wawasan unik terhadap topik yang sudah ada. Ini juga memberikan bukti kuat bahwa kamu telah menyelami literatur yang relevan dan memahami domain penelitian kamu.

Baca Juga: 4 Cara Menuliskan Daftar Pustaka

Apa yang harus ada dalam tinjauan pustaka?

Mengerti apa itu tinjauan pustaka akan membantu dalam mengetahui apa yang harus ada di dalamnya. Berikut adalah komponen-komponen yang harus ada dalam apa itu tinjauan pustaka:

  1. Latar Belakang Subjek: Ini memberikan konteks kepada pembaca tentang subjek yang akan ditinjau. Hal ini mencakup pengertian umum, terminologi, teori, dan aspek-aspek penting lainnya.
  2. Ringkasan Penelitian Terdahulu: Ini melibatkan pengkajian mendalam mengenai penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan, termasuk metodologi yang digunakan, temuan, dan bagaimana itu terkait dengan penelitian kamu.
  3. Metodologi: Kamu harus menjelaskan cara penelitian dilakukan dalam literatur yang ditinjau, dan mengapa metodologi tertentu dipilih.
  4. Temuan: Ini adalah ringkasan dari hasil dan simpulan dari penelitian-penelitian terdahulu yang relevan dengan topik kamu.
  5. Kesimpulan: Kesimpulan harus mengintegrasikan semua literatur yang telah ditinjau, menilai keseluruhan kontribusi terhadap bidang, dan menyoroti kesenjangan atau pertanyaan yang mungkin belum dijawab.
  6. Struktur dan Keterkaitan: Ini menekankan bagaimana tinjauan pustaka disusun dan bagaimana setiap bagian terhubung satu sama lain. Struktur yang baik akan membantu pembaca mengikuti alur argumen kamu.
  7. Referensi: Semua sumber yang digunakan dalam tinjauan pustaka harus disebutkan dengan benar sesuai dengan gaya kutipan yang sesuai.

Cara Menyusun Tinjauan Pustaka

Menyusun tinjauan pustaka yang efektif dan komprehensif adalah proses yang detail dan membutuhkan perencanaan yang baik. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

1. Pilih Topik dan Tetapkan Tujuan

  • Tentukan subjek atau topik penelitian yang spesifik.
  • Tetapkan tujuan tinjauan, apakah untuk memberikan gambaran umum, menilai metode yang ada, atau mengidentifikasi kesenjangan dalam penelitian.

2. Lakukan Pencarian Literatur

  • Gunakan perpustakaan, jurnal, dan database online untuk mencari literatur yang relevan.
  • Catat kriteria pencarian kamu untuk memastikan proses yang transparan.

3. Evaluasi dan Pilih Sumber

  • Evaluasi sumber berdasarkan relevansi, kualitas, dan kredibilitas.
  • Pilih sumber yang paling berpengaruh dalam bidang studi kamu.

4. Baca dan Buat Catatan

  • Baca literatur terpilih dengan cermat, buat catatan tentang metodologi, temuan, dan aspek penting lainnya.

5. Strukturkan Tinjauan Pustaka

  • Susun dalam urutan kronologis, tematis, metodologis, atau cara lain yang sesuai dengan topik kamu.
  • Buat subjudul yang logis untuk memandu pembaca.

6. Tulis Tinjauan Pustaka

  • Mulai dengan pengantar yang menarik, jelaskan tujuan tinjauan, dan berikan latar belakang.
  • Sintesis dan interpretasi literatur dalam tubuh tinjauan.
  • Akhiri dengan kesimpulan yang merangkum temuan utama dan menyoroti kesenjangan atau pertanyaan yang belum terjawab.

7. Revisi dan Edit

  • Revisi untuk kejelasan, kohesi, dan kesesuaian.
  • Gunakan gaya kutipan yang sesuai untuk semua referensi.

Contoh Tinjauan Pustaka

Inilah contoh tinjauan pustaka jurnal terbaru, sebagaimaan dilansir dari laman umy.ac.id :

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA TEORI

A. Tinjauan Pustaka

Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang kebijakan pendidikan. Tinjauan pustaka atau kajian pustaka yang ada hubungannya dengan penelitian ini yaitu sebagai berikut:

Penelitian pertama yaitu penelitian yang dilakukan oleh Fadly Mart Gultom, Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga dengan judul “Kebijakan Keagamaan Islam di Indonesia” tahun 2014.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditemukan tentang rumusan PP RI No. 55 Tahun 2007 terkait pendidikan keagamaan Islam perspektif kebijakan publik yang jika ditinjau dari ciri kebijakan tidak memenuhi, karena rumusannya memiliki kekurangan yang dapat menimbulkan masalah baru.

Perbedaan Tinjauan Pustaka dan Daftar Pustaka

Walaupun keduanya terkait dengan literatur, ada perbedaan antara tinjauan pustaka dan daftar pustaka. Apa itu tinjauan pustaka? Ini adalah analisis literatur. Sementara daftar pustaka adalah daftar referensi atau sumber yang digunakan dalam penelitian.

Baca Juga: Discursive Text adalah: Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.