Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

TPA Bappenas adalah: Tujuan, Penyelenggara, dan Isinya

Kursus TPA BappenasTPA Bappenas adalah salah satu jenis tes yang digunakan dalam seleksi penerimaan mahasiswa dan pegawai di berbagai institusi.

Sudah tahukah kamu serba-serbi TPA Bappenas yang diselenggarakan UUO PT ini?

TPA Bappenas adalah

TPA Bappenas adalah jenis tes potensi akademik (TPA) yang dikembangkan Unit Usaha Otonom Penyelenggara Tes (UUO PT) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Hasil TPA Bappenas digunakan berbagai institusi pendidikan dan perusahaan sebagai standar seleksi masuk. Tes ini sering disebut juga dengan TPA OTO Bappenas.

Latar Belakang

Menurut situs Bappenas, Overseas Training Office (OTO) Bappenas pertama kali mengembangkan TPA pada 1984. Tujuannya adalah membantu para PNS meraih program beasiswa S-2 dan S-3 di luar negeri.

Namun berbagai universitas di Amerika Serikat menggunakan standar Graduate Record Examination Aptitude Test (GRE) sebagai syarat masuknya. Nilai GRE dianggap lebih valid dibandingkan nilai IPK untuk memprediksi keberhasilan pendidikan pascasarjana.

OTO Bappenas lalu mengembangkan model TPA dengan GRE sebagai acuannya. TPA ini dianggap cukup valid sebagai standar seleksi calon mahasiswa pascasarjana.

Kini TPA digunakan secara luas sebagai seleksi masuk berbagai institusi. OTO Bappenas kemudian berganti nama menjadi Koperasi Pegawai Bappenas.

Tujuan TPA Bappenas

TPA Bappenas kini tidak hanya digunakan untuk beasiswa S-2 dan S-3 di luar negeri. Berikut contoh seleksi masuk yang menggunakan TPA Bappenas.

  • Program S-2 dan S-3 perguruan tinggi negeri dan swasta dalam negeri
  • Penerimaan pegawai baru
  • Mutasi/promosi jabatan oleh departemen/lembaga non-departemen di pusat dan daerah serta BUMN/BUMD
  • Mutasi/promosi jabatan di perusahaan swasta

Baca juga: Cek Perbedaan TOEFL ITP dan TOEFL iBT yang Perlu Kamu Tahu

Penyelenggara TPA Bappenas

Koperasi Pegawai Bappenas menyediakan unit khusus yang melayani penyelenggaraan TPA dan beberapa tes lainnya, yaitu Unit Usaha Otonom Penyelenggaraan Tes (UUO PT).

Unit ini menyediakan buku soal, lembar jawaban, tenaga pengawas, penilaian skor, dan penyerahan nilai. Namun batas skor lulus ditentukan oleh institusi yang mengadakan tes.

Selain TPA, Bappenas juga menyediakan tiga jenis tes lainnya.

TPIU

Tes Potensi Intelektual Umum (TPIU) diberikan kepada lulusan SMA/SMK yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1.

TOEFL

Test of English as Foreign Language (TOEFL) diselenggarakan bersama dengan The Indonesian International Education Foundation (IIEF) Jakarta untuk keperluan menguji kemampuan bahasa Inggris.

TKDA

Tes Kompetensi Dasar Akademik (TKDA) diberikan kepada dosen yang hendak menjalani sertifikasi.

Struktur TPA Bappenas

TPA Bappenas terdiri dari 250 soal yang harus dikerjakan dalam 3 jam, yakni terdiri dari tiga bagian.

  • Tes Kemampuan Verbal mengukur kemampuan seseorang memahami kata dan bahasa.
  • Tes Numerik mengukur kemampuan seseorang menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan angka.
  • Tes Penalaran mengukur kemampuan penalaran dan permasalahan secara logis.

Kursus TPA Bappenas, Siapkan Diri Raih Skor Tertinggi

Mengerjakan TPA Bappenas membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor tinggi. Agar lebih maksimal, ikuti Kursus TPA Bappenas di Lister.

Alumni Lister terbukti telah meraih skor 610 di TPA SBM ITB setelah mengikuti kursus di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!