Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cek Perbedaan TOEFL ITP dan TOEFL iBT yang Perlu Kamu Tahu

Belajar TOEFL ITP dan iBT

Dalam menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang, kita membutuhkan alat yang bisa mengukur kemampuan dari keempat skill seperti Listening, Reading, Writing, Speaking bukan?

Nah itulah salah satu kegunaan dari tes kemampuan bahasa Inggris yang kita kenal seperti TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Ingin tahu lebih jelasnya? Simak artikel di bawah ini selengkapnya!

blogpost inggris beasiswa

Baca juga: Yuk Kenali Perbedaan TOEFL Prediction

Perbedaan TOEFL IBT dan TOEFL ITP, Lister

Definisi TOEFL ITP dan TOEFL iBT

Institutional Testing Program (ITP) adalah salah satu tes TOEFL yang sering digunakan sebagai syarat di bidang akademis ataupun untuk keperluan melamar pekerjaan. Sedangkan, Internet Based Test (IBT) adalah  salah satu bentuk tes internasional terbaru dengan sistem on-line melalui internet yang menggantikan bentuk TOEFL yang masih berbasis komputer (Computer Based). Tes ini adalah tes yang sering diikuti oleh masyarakat.

Setelah memahami betul format, kegunaan, dan ciri-ciri dari tes TOEFL ini, kamu bisa langsung bergabung di Les TOEFL Lister untuk melakukan persiapan sebelum mengambil tes resminya.

Fungsi TOEFL ITP dan TOEFL iBT

Lalu bagaimana dengan fungsi dari kedua jenis tes ini?

TOEFL ITP umumnya digunakan untuk kepentingan internal organisasi. Dalam tes ini, jenis kemampuan bahasa inggrisa yang diujikan hanya tiga yaitu Listening, Structure and Written Expression, dan Reading.

Tes ITP juga biasanya digunakan untuk keperluan tes pribadi, misalnya sebagai syarat melanjutkan pendidikan, melamar pekerjaan, atau untuk mengukur kemampuan dan keefektifan sebuah pelatihan/kursus/kuliah bahasa Inggrisnya.

Sedangkan fungsi TOEFL iBT adalah untuk menekankan pada kemampuan bahasa inggris secara umum, bukan hanya grammar dan structure.

Kegunaan Sertifikat TOEFL ITP dan TOEFL iBT

Sertifikat TOEFL ITP dan TOEFL iBT yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk beberapa agenda berikut ini:

Ujian Penempatan

TOEFL ITP dapat digunakan sebagai placement test di beberapa tempat kursus bahasa inggris. Sebuah tes untuk mengetahui tingkat kemampuan calon peserta kursus agar ditempatkan di kelas yang sesuai.

Program Beasiswa

Beberapa beasiswa masih menjadikan sertifikat TOEFL ITP sebagai syarat kelengkapan administrasi lamaran. Beasiswa pemerintah Australia adalah salah satunya yang mewajibkan sertifikat TOEFL ITP dengan skor minimal 500 sebagai syarat kelengkapan dokumen lamaran. Namun, Sertifikat TOEFL PBT, iBT atau IELTS tentu lebih besar peluangnya untuk diterima.

Syarat Masuk Ke Universitas Dalam Negeri

Jika kamu bermaksud melanjutkna jenjang pendidikan ke tingkat S2 atau S3 dalam negeri, beberapa universitas juga mensyaratkan TOEFL ITP.

Melihat Kemajuan Siswa

Ujian TOEFL ITP biasa diberikan ke peserta kursus TOEFL untuk melihat kemajuan kemampuan TOEFL peserta yang sedang menempuh kursus TOEFL.

Syarat Melamar Pekerjaan/CPNS/BUMN/Perusahaan Multinasional

Sertifikat TOEFL dapat dilampirkan saat melamar pekerjaan di perusahaan besar atau multinasional. Namun, terkadang untuk beberapa formasi di CPNS juga membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Ciri-Ciri TOEFL ITP dan TOEFL iBT

Sesungguhnya jenis tes TOEFL yang secara resmi diterima oleh hampir seluruh lembaga internasional adalah TOEFL resmi. Terbagi menjadi IBT, CBT, PBT, yang kepanjangannya secara berurutan internet-computer-paper based test. Sekarang satu-satunya TOEFL resmi yang diterima secara global adalah TOEFL IBT.

  • Skor IBT maksimum adalah 120. Sedangkan skor TOEFL ITP maksimum adalah 677.
  • Pada tes IBT,dibagi menjadi 4 segmen soal: reading, listening, speaking, dan writing. Masing-masing maksimum skornya 30.
  • Perbedaanya TOEFL IBT dengan TOEFL era sebelumnya (PBT) adalah lebih menekankan pada kemampuan bahasa Inggris secara umum. Pada TOEFL PBT atau ITP, setidaknya kita harus memahami grammar sedalam-dalamnya. Kalo IBT, bila secara praktis sudah mampu membaca, mendengar, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris, maka IBT score-nya akan bagus.