6 Tips Buat Poster Pendidikan Keren dan Menarik

poster pendidikan

Kursus Speaking English  – Seperti yang kamu tahu, poster pendidikan sendiri adalah salah satu media yang paling popular, yang digunakan untuk menyampaikan aneka macam pesan pesan edukatif pada pada siswa di lingkungan sekolah. 

Selain itu, poster pendidikan juga mampu membantu para siswa, dalam memahami serta meningkatkan beberapa hal penting yang berhubungan dengan suatu mata pelajaran atau nilai moral tertentu.

Tidak banyak dari kamu yang mengetahui, bagaimana cara membuat poster pendidikan yang baik, dan terlihat menarik. 

Namun kamu tidak perlu khawatir, Lister akan membagikan beberapa tips atau cara membuat poster pendidikan yang baik, dan pastinya menarik untuk dicoba.

Tentukan topik dan tujuan

Hal pertama yang pastinya harus kamu lakukan, ketika akan membuat sebuah poster pendidikan yaitu menentukan topik dan tujuan dari poster pendidikan itu sendiri. 

Ini penting, karena menyangkut penjelasan materi tulisan dan gambar yang akan dibuat, pada poster tersebut.

Salah satu contoh poster pendidikan yang paling mudah, dan paling sering kamu temui yaitu topik menjaga kebersihan lingkungan. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya. 

Terbilang cukup simple dan sederhana, namun ternyata poster tersebut dapat dibuat menjadi berbagai macam desain gambar dan tulisan.

Setelah menemukan topik dan tujuan, berikutnya coba cari judul yang menarik. Ada baiknya judul tersebut, dibuat cukup menggelitik. Tujuannya tidak lain, untuk menarik perhatian para pembaca.

Buat kalimat yang singkat namun sifatnya sugesti

Adapun tips kedua yang perlu kamu perhatikan, dalam membuat sebuah poster pendidikan, yaitu kata kata poster pendidikan atau kalimat yang akan digunakan. 

Gunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Menggunakan maksimal 2 hingga 4 jenis huruf saja, tentu tidak masalah.

Tapi pastikan kata kata yang digunakan, harus mempunyai struktur informasi yang jelas, teratur, dan pastinya mudah dimengerti para pembaca. Jangan hanya singkat, padat dan jelas saja, tapi pastikan urutan membacanya juga jelas, agar para pembaca mengerti akan maksud dan tujuan dari poster tersebut.

Salah satu contoh kata-kata poster motivasi, yang biasanya ada di poster pendidikan, yaitu “Buku Adalah Jendela Dunia”. Kata kata yang digunakan cukup jelas, selain itu juga mempunyai makna yang jelas. 

Makna yang dimaksud, yaitu mengajak para siswa, untuk mulai membaca buku, karena ketika membaca buku, akan menambah wawasan pada siswa semua.

Baca juga: 8 Fakta Menarik Osaka University, Ketahui Sebelum Melanjutkan Pendidikan 

Menggunakan gambar yang menarik

Dalam membuat sebuah poster pendidikan sekolah, kurang lengkap jika kamu tidak menyertakan gambar atau juga diagram tertentu. 

Pastikan gambar atau diagram yang akan digunakan tersebut, dibuat semenarik, informatif dan juga mudah dimengerti oleh para pembaca.

Tidak banyak yang menyadari, bahwa dampak penampilan visual yang menarik, mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Selain itu, gambar yang baik, ternyata mampu mewakili rangkaian kata, dalam ruang yang terbatas.

Salah satu contoh gambar poster pendidikan yang paling umum ada di setiap sekolah yaitu poster untuk membuang sampah pada tempatnya. 

Kamu dapat membuat gambar seorang anak yang sedang membuang sampah ke tempat sampah. Gambarkan juga sebuah lingkungan yang bersih, sebagai dampak ketika anak tersebut membuang sampah ke tempat sampah.

Berikan perpaduan warna yang kontras agar terlihat estetik, namun tetap terlihat menarik, dan sedap dipandang mata.  

Menggunakan media yang tepat

Tidak seperti, beberapa tahun yang lalu, dimana untuk membuat sebuah poster, akan dilakukan secara manual. Tapi saat ini, untuk membuat sebuah poster pendidikan simple, kamu tidak perlu bingung.

Saat ini ada berbagai macam software menarik yang dapat kamu gunakan, untuk membuat sebuah poster pendidikan keren. 

Kamu hanya perlu memilih salah satu software gambar, yang sesuai kebutuhan, dengan fitur yang mumpuni.  

Perhatikan komposisi desain

Untuk membuat sebuah poster pendidikan aesthetic, kamu perlu memperhatikan komposisi tulisan dan juga gambar yang akan digunakan. Untuk tulisan, pilih font yang mudah dibaca, serta hindari terlalu banyak menggunakan gaya tulisan yang berbeda. 

Demikian pula untuk gambar, pilih gambar yang menarik, namun mudah dipahami pembaca.

Misalnya saja kamu akan membuat sebuah poster lingkungan, maka pastikan antara kata-kata poster lingkungan, dan gambar tentang lingkungan, terlihat seimbang.  

Posisi gambar full seluruh area poster, sedangkan kata katanya diletakkan di bagian atas, dengan jumlah huruf yang tidak terlalu banyak.

Pastikan juga ukuran poster yang akan dibuat kelak, sesuai dengan tempat atau lokasi pemasangan dari poster tersebut.  

Baca juga: 10 Fakta Sungkyunkwan University, Punya Kualitas Pendidikan Mendunia

Sesuaikan dengan lingkungan

Hal lain yang pastinya tidak kalah penting dalam membuat poster pendidikan yaitu lokasi atau tempat untuk memajang atau mempublikasikan poster tersebut. 

Misalnya saja kamu akan membuat poster pendidikan SD, sudah tentu desain poster yang sebaiknya dibuat, disesuaikan dengan kemampuan anak anak SD dalam memahami tulisan atau gambar tertentu. 

Akan lain halnya jika kamu akan membuat poster pendidikan untuk anak SMP, sudah tentu desain gambar dan tulisan yang dibuat, tidak sesederhana untuk anak SD.

Selain itu, seiring dengan perkembangan digital. Poster pendidikan saat ini, tidak hanya dapat dipajang di mading atau juga ruang kelas saja. Melainkan aneka poster pendidikan bisa saja dipasang secara digital, mulai dari website sekolah, media sosial, atau yang lainnya. 

Misalnya saja poster pendidikan SMP, yang mengajak anak untuk belajar dan menggunakan komputer dengan baik. tidak ada salahnya jika poster tersebut muncul di layar desktop yang ada di ruang praktek komputer.

Secara tidak langsung hal tersebut, menjadi sarana yang efektif untuk mempublikasikan poster pendidikan yang sudah dibuat tersebut.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Speaking English, Cas Cis Cus dengan Tutor Berpengalaman!

Lister memiliki Tutor Lokal, Native, hingga Foreign yang berpengalaman dalam mengajarkan public speaking dalam bahasa Inggris. Mari daftarkan diri dalam Kursus Speaking English  Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.