10 Fakta Sungkyunkwan University, Punya Kualitas Pendidikan Mendunia

Sungkyunkwan University

Kursus Bahasa Korea  – Sungkyunkwan University adalah salah satu perguruan tinggi di Korea Selatan yang memiliki reputasi kelas dunia.

Universitas ini didirikan pada zaman dinasti Joseon dan menganut konfusianisme, yakni sebuah filsafat yang diperkenalkan oleh filsuf Tiongkok bernama Konfusius, yang juga kita kenal sebagai Kong Hu Cu.

Sungkyunkwan tetap mempertahankan tradisinya sebagai bentuk penghargaan terhadap sejarah universitas yang telah berdiri sejak tahun 1398.

Keunikan dan kehebatan Universitas Sungkyunkwan dilihat dari berbagai sudut pandang. Berikut ini adalah rangkaian fakta menariknya.

10 Fakta Menarik Sungkyunkwan University

Nah, Berikut ini beberapa fakta menarik Sungkyunkwan University yang sudah Lister rangkum dari berbagai sumber. Yuk simak! 

1. Memiliki Gedung Bernuansa Arsitektur Modern Namun Asri

Universitas yang didirikan pada tahun 1398 ini memiliki motto yang berbunyi “Kemanusiaan, Kebenaran, Kesopanan, dan Kebijaksanaan”. Keempat prinsip ini merupakan nilai-nilai utama yang melekat pada manusia sejak lahir.

Sungkyunkwan University dengan teguh menghormati keempat prinsip yang mencerminkan konfusianisme. 

Selain membangun keterampilan dan pengetahuan, Sungkyunkwan juga mendorong mahasiswanya untuk menjadi manusia yang memahami arti kemanusiaan dan memiliki sikap saling mendukung antar sesama.

2. Memiliki Fakultas Teknik Buat Belajar Robotics

Fakta menarik lainnya yakni, sejak tahun 1995, Sungkyunkwan telah mendirikan Robotics Innovatory yakni sebuah laboratorium teknik robotika yang dipimpin oleh Prof. Choi Hyouk Ryeol. Sungkyunkwan juga menjalin kerja sama dengan berbagai institusi, termasuk Qatar University. 

Dengan demikian, jika kamu yang ingin mengembangkan pengetahuan di bidang teknik dan robotik, memilih Sungkyunkwan University jurusan robotika merupakan pilihan yang tepat.

3. Termasuk Salah Satu Universitas Terbaik Dunia

Sebagai salah satu universitas terbaik di Korea dan di seluruh dunia, Sungkyunkwan University (SKKU) memiliki visi yang sangat jelas. Universitas ini berkomitmen untuk menyediakan pendidikan tingkat dunia yang unggul dan menghasilkan prestasi penelitian yang menginspirasi. 

Dalam upaya mencapai visinya, SKKU menjalin kemitraan yang erat dengan universitas terkemuka di seluruh dunia, termasuk Yonsei University. Kemitraan keduanya melibatkan kolaborasi dalam berbagai bidang akademik dan penelitian. 

Melalui pertukaran pengetahuan dan sumber daya manusia yang terbaik, keduanya saling mendukung dalam upaya mencapai keunggulan akademik dan kecemerlangan riset. 

Kerjasama ini tidak hanya memperkuat kedua universitas, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti yang terlibat.

Baca juga: 20 Kosakata Korea dalam Kamus Bahasa Indonesia ke Korea

4. Bekerja Sama dengan Institusi Terbaik Dunia

Dalam bidang teknologi dan bisnis, Sungkyunkwan bekerja sama erat dengan Samsung Global dalam pengembangan perangkat lunak, teknik komunikasi dll, Kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong inovasi dan memajukan kemajuan teknologi di bidang ini. 

Alhasil, mahasiswa dapat memperoleh manfaat dari ekosistem pendidikan komprehensif yang memadukan ketelitian akademik, pengalaman praktis, dan pemaparan terhadap kemajuan industri terdepan. 

Beasiswa Samsung Global Sungkyun Scholarship – Sungkyunkwan University (SKKU) adalah contoh yang sangat baik dari komitmen universitas untuk mendukung mahasiswa berbakat dalam mengejar kesuksesan akademis dan profesional.

5. Memiliki Bangunan Kuno Bersejarah

Pada awal berdirinya, Sungkyunkwan, yang berasal dari kata “Suf” yang berarti doa dan “Kyunkwan” yang berarti tempat ritual, merupakan suatu tempat yang didedikasikan untuk praktik berdoa dan pelaksanaan ritual oleh para filsuf Konfusius (Kong Hu Cu) dan pengikutnya. 

Seiring berjalannya waktu, Sungkyunkwan berkembang menjadi sebuah universitas terkemuka yang mempertahankan dan menghormati ajaran konfusianisme sebagai salah satu pilar penting dalam kurikulumnya. 

Namun, universitas ini juga mengakui pentingnya menjalin kemitraan dengan universitas lain yang memiliki keunggulan dalam bidang studi tertentu.

Salah satu contoh kerjasama ini adalah kemitraan antara Sungkyunkwan dan Kyung Hee University.

6. Memiliki Gedung Museum Samsung Science yang Megah

Samsung Science Museum merupakan sebuah simbol nyata dari kemitraan yang kuat antara Sungkyunkwan University dan Samsung. 

Bangunan ini dirancang dengan bentuk yang menyerupai buku yang terbuka, menggambarkan pentingnya pengetahuan dan pembelajaran dalam masyarakat modern.

Dengan total 7 lantai yang luas, gedung ini menawarkan berbagai fasilitas canggih dan ruang yang menginspirasi mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka.

Dengan demikian, mahasiswa dapat menggali pengetahuan dari berbagai bidang studi dengan cepat dan efisien.

Baca juga: Kenali Huruf Hangul Korea, dari Sejarah hingga Contoh

7. Kampus Pencetak Tokoh Terkenal 

Sama seperti Seoul National University, Universitas ini juga telah melahirkan banyak alumni ternama yang mencakup berbagai bidang, dari politik hingga dunia hiburan. Mantan perdana menteri seperti Hwang Kyo-Ahn dan Lee Wan-Ko.

Di dunia hiburan, artis-artis terkenal seperti Song Joong Ki, Ku Hye Sun, Moon Ga Young, dan Cha Eun Woo juga merupakan lulusan universitas ini. 

Keberhasilan mereka adalah bukti kuat dari kualitas pendidikan yang diberikan oleh Sungkyunkwan.

Universitas ini memang memiliki karakter yang unik, menggabungkan elemen modern dengan warisan pendidikan masa lalu dari dinasti Joseon. 

Melalui pendekatan yang inovatif, universitas ini berhasil menciptakan lingkungan pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman, sambil tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional yang berharga.

8. Terdapat Platform Terkemuka

Salah satu fitur utama yang menonjol dari Sungkyunkwan adalah perpustakaan digital yang lengkap, yang dapat diakses melalui platform terkemuka yang dikenal sebagai Canvas SKKU. 

Platform ini memberikan mahasiswa, dosen, dan peneliti sebuah akses yang mudah ke berbagai sumber daya elektronik dan digital yang diperlukan dalam perjalanan akademik mereka.

9. Terdapat Jurusan Film, Television dan Multimedia 

Sungkyunkwan University Film Television and Multimedia menggabungkan kreativitas artistik, kecakapan teknis, pemikiran kritis, dan kesadaran budaya untuk mempersiapkan siswa menghadapi lanskap media yang terus berkembang. 

Dengan kurikulum yang komprehensif, koneksi industri, dan komitmen terhadap keunggulan, Universitas Sungkyunkwan menawarkan pengalaman pendidikan yang luar biasa bagi calon profesional media.

Baca juga: 8 Tips Belajar Berbahasa Korea Agar Cepat Bisa 

10. Tersedia Berbagai Beasiswa

Dari kesembilan fakta tersebut, yang paling menarik ialah tersedianya berbagai Sungkyunkwan University beasiswa untuk mendukung mahasiswa dalam mengejar pendidikan mereka. 

Beasiswa ini dirancang untuk meringankan beban keuangan dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi untuk mengakses pendidikan berkualitas di universitas ini.

[Kode Promo] Kursus Bahasa Korea Cek di Sini!

Syarat untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea Selatan adalah menguasai bahasanya. Untuk mendukung mimpimu, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Selain itu kamu juga bisa follow Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.