Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Arti Taihen, Kosakata Bahasa Jepang Sehari-hari

taihen

Taihen adalah kata bahasa Jepang yang sering terdengar dalam percakapan sehari-hari. Untuk memahami artinya, perhatikan asal-usul kanji dan penggunaan taihen dalam kalimat.

Arti Taihen

Taihen artinya sangat. Kanji taihen ditulis dalam dua karakter, yakni 大変.

Kanji 大 (dai) memiliki arti besar, sedangkan 変 (hen) memiliki arti perubahan. Taihen termasuk jenis kata sifat -na dalam bahasa Jepang.

Taihen digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat ekstrem atau luar biasa, baik untuk hal yang positif maupun negatif.

Penggunaan Taihen

Ada dua fungsi kata tersebut dalam kalimat, yakni sebagai kata sifat dan kata keterangan.

Taihen diletakkan sebelum kata sifat untuk menegaskan maknanya. Kata ini juga dapat diganti dengan sugoku atau totemo, artinya sangat.

Selain itu, taihen juga dapat menjadi seruan saat suatu hal yang buruk terjadi.

Contoh Kalimat

  • 大変失礼しました。 (Taihen shitsureishimashita.) – Saya meminta maaf sedalam-dalamnya.
  • 大変なスピードで会社がつぶれています。 (Taihen‘na supīdo de kaisha ga tsuburete imasu.) – Perusahaan ini bangkrut dengan sangat cepat.
  • 大変だ!車がなくなった! (Taihenda! Kuruma ga nakunatta!) – Tidak! Mobilnya hilang!
  • 今日中に終わらせないと大変なことになる。 (Kon’nichijūni owarasenaito taihen‘na koto ni naru.) – Jika tidak diselesaikan hari ini, akan terjadi masalah besar.
  • 子育てって大変だよね。 (Kosodate tte taihenda yo ne.) – Menjadi orang tua itu sulit, bukan?
  • 私は昨日彼女に言ってしまったことを大変後悔している。 (Watashi wa kinō kanojo ni itte shimatta koto o taihen kōkai shite iru.) – Saya menyesali hal yang saya katakan kepadanya kemarin.
  • 最初のうち、速く話されると理解するのが大変だった。 (Saisho no uchi, hayaku hanasa reru to rikai suru no ga taihendatta.) – Awalnya, sulit untuk memahami kata-kata yang diucapkan dengan cepat.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!