Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Baka Artinya Apa? Jangan Sembarangan Mengucapkannya!

baka artinya

Kursus Bahasa Jepang Baka adalah salah satu kata umpatan bahasa Jepang yang umum digunakan. Kamu tentu pernah mendengar kata ini dalam anime atau manga.

Walaupun sering terdengar, jangan sembarangan mengucapkan kata ini, ya! Perhatikan arti dan cara mengucapkannya agar tidak menyinggung orang lain.

Baka Artinya Apa?

Kata baka (ばか / バカ) dalam bahasa Indonesia berarti bodoh atau idiot. Ucapan ini tergolong kasar, tergantung konteks dan nada bicaranya.

Baka dapat menjadi ungkapan ejekan dan bercandaan, seperti “kamu bego“, hingga ucapan yang sangat menghina.

Asal-usul Baka

Kanji baka (馬鹿) terdiri dari dua karakter. 馬 (uma) berarti kuda, sedangkan 鹿 (shika) berarti rusa.

Tidak jelas alasan kedua karakter tersebut digunakan sebagai kanji baka, karena artinya tidak berhubungan.

Beberapa sumber mengatakan istilah ini digunakan untuk menyebut seseorang yang keluarganya bangkrut. Artinya, keluarga tersebut sangat bodoh sehingga wajar jika mereka sampai bangkrut.

Penggunaan Baka

Mengucapkan kata baka harus dilakukan secara hati-hati. Jika tidak, kamu bisa dianggap sangat kasar.

Kepada teman

Baka dapat menjadi ungkapan ejekan dengan maksud bercanda. Sebagai contoh, temanmu berlari-lari di jalanan licin sehingga terpeleset.

Kemudian kamu berseru, “Baka! (ばか!)” Kamu menyebut temanmu bersikap konyol atau bodoh, sampai terpeleset. Walaupun begitu, jangan berlebihan menyebut baka, karena dapat dianggap menghina.

Baka juga dapat menjadi ungkapan positif. Contohnya baka umai (ばかうまい), artinya luar biasa enak (untuk makanan).

Kata tersebut dapat ditempatkan sebelum kata sifat untuk menegaskan maknanya. Penggunaan seperti ini sangat lazim, walaupun biasanya hanya digunakan kepada teman atau keluarga.

Kepada orang asing

Jangan sembarangan mengucapkan baka kepada orang asing atau orang dengan status lebih tinggi. Hal ini bisa dianggap tidak sopan, karena baka menjadi umpatan kasar.

Orang tersebut dapat merasa tersinggung atau sakit hati. Hindari mengucapkan baka kepada atasan, guru, mertua, orang asing, dan lain-lain.

Perbedaan dengan Aho

Aho memiliki arti yang mirip, yakni bodoh atau idiot. Namun penggunaannya sedikit berbeda.

Di wilayah Kansai, aho lebih banyak digunakan karena dianggap tidak sekasar baka. Sementara itu di wilayah Kanto, baka lebih banyak digunakan daripada aho.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!