Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Suneung, Ujian Tersulit di Dunia yang Berlangsung 9 Jam

Suneung disebut-sebut sebagai salah satu ujian tersulit di dunia. Ujian yang berlangsung di Korea Selatan tersebut diselenggarakan selama 9 jam dalam satu hari.

Lulus dari Suneung dianggap dapat menjamin masa depan yang baik bagi anak-anak SMA di Korea. Saking sulitnya, sejumlah siswa SMA dan orang tuanya mengalami stres menjelang ujian Suneung.

Apa itu Suneung?

College Scholastic Ability Test (CSAT) atau Suneung (수능) adalah ujian standar masuk universitas di Korea Selatan. Ujian hanya berlangsung sekali setahun, yakni pada hari Kamis ketiga di bulan November.

Nilai yang didapatkan dalam Suneung menjadi syarat masuk universitas. Semakin tinggi ranking universitas, maka semakin tinggi nilai yang harus didapatkan. Bahkan untuk masuk Seoul National University (SNU), siswa harus mendapat nilai 0,5 persen peringkat teratas dari seluruh peserta ujian.

Begitu pentingnya Suneung bagi siswa SMA di Korea, hingga seluruh negara mendukung agar ujian dapat berjalan lancar tanpa gangguan.

Proporsi Ujian

Suneung berlangsung selama 9 jam, yakni mulai pukul 08.40 sampai 17.40 dengan beberapa kali jeda.

SubjekKeterangan
Bahasa Korea 08.40 – 10.00 (80 menit)Peserta tes menjawab 45 soal pilihan ganda yang terdiri dari Bacaan dan Menulis, Tata Bahasa, Membaca, dan Sastra.
Istirahat 10.00 – 10.20 (20 menit)
Matematika 10.30 – 12.10 (100 menit)Peserta tes menjawab 30 soal. Peserta dapat memilih tipe soal Ga (untuk jurusan Sains, terdiri dari Kalkulus, Geometri, Vektor, Probabilitas, dan Statistika) atau Na (untuk jurusan Humaniora, terdiri dari Probabilitas dan Statistika).
Makan Siang 12.10 – 13.00 (50 menit)
Bahasa Inggris 13.10 – 14.20 (70 menit)Peserta menjawab 45 soal pilihan ganda yang terdiri dari dua seksi. Salah satunya adalah Mendengarkan.
Istirahat 14.20 – 14.40 (20 menit)
Sejarah Korea 14.50 – 15.20 (30 menit)Peserta menjawab 20 soal pilihan ganda. Seksi ini wajib.
Subjek Pilihan I 15.30 – 16.00 (30 menit)Peserta menjawab 20 soal pilihan ganda. Peserta dapat memilih dua subjek dari Ilmu Sosial, Sains, dan Pendidikan Vokasi.
Subjek Pilihan II 16.02 – 16.32 (30 menit)Peserta menjawab 20 soal pilihan ganda. Peserta harus memilik subjek dalam rumpun yang sama dengan Subjek Pilihan I.
Istirahat 16.32 – 16.50 (18 menit)
Bahasa Asing / Mandarin Klasik 17.00 – 17.40 (40 menit)Peserta menjawab 30 soal pilihan ganda. Peserta dapat memilih Bahasa Jerman, Prancis, Spanyol, Mandarin, Jepang, Rusia, Arab, Vietnam, Aksara China, dan Mandarin Klasik.

Setelah ujian berakhir, peserta dapat pulang ke rumah. Hasil ujian akan diumumkan di hari Rabu berikutnya melalui situs.

ujian bahasa

Fakta Ujian Suneung

Begitu pentingnya ujian ini bagi siswa SMA yang hendak lulus, sampai seluruh negara mendukung hari-H Suneung. Mulai dari polisi sampai transportasi umum memprioritaskan peserta ujian.

Pasar saham

Bursa saham KRX dibuka lebih siang pada hari ujian.

Transportasi umum

Jumlah bus dan kereta ditambah pada hari ujian untuk menghindari padatnya lalu lintas. Hal ini dilakukan agar siswa dapat mencapai tempat ujian dengan mudah.

Pesawat terbang

Pesawat terbang dan kendaraan di sekitar lokasi ujian dilarang melintas saat seksi Mendengarkan agar tidak mengganggu peserta ujian. Orang-orang yang lewat di sekitar lokasi ujian juga dilarang menimbulkan keributan.

Polisi

Jika peserta terlambat, dapat mendatangi kantor polisi terdekat untuk diantar ke lokasi ujian dengan mobil dan sirene. Jika tidak ada mobil, polisi akan mengantarkan dengan sepeda motor.

Jam kerja

Pertokoan dan bank akan buka lebih siang pada hari ujian agar lalu lintas tidak padat di pagi hari.

Kuil

Orang tua dan keluarga peserta akan memenuhi kuil untuk mendoakan keberhasilan anak-anak mereka.

Kue beras

Peserta akan diberi kue beras oleh keluarga mereka. Tujuannya agar materi yang sudah dipelajari “lengket” di otak.

Memberi semangat

Saat tiba di lokasi ujian, teman-teman dan adik kelas akan memberi semangat kepada peserta.

Ujian ulang

Sebanyak 20 persen peserta mengikuti ujian ulang di tahun berikutnya. Mereka ingin mencapai skor yang diinginkan untuk masuk universitas.

Stres dan depresi

Tidak sedikit siswa yang mengalami stres dan depresi saat mempersiapkan ujian. Pasalnya mereka akan dianggap gagal dalam hidup jika tidak lulus. Bahkan tidak sedikit yang mengakhiri hidupnya akibat gagal dalam ujian.

Akibat kontroversi ini, banyak pihak yang meminta sistem ujian dipertimbangkan.

Belajar Bahasa Korea: Impian Tinggal di Negeri Ginseng

Menarik bukan tradisi orang Korea? Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Korea di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!