Siapa Guglielmo Marconi? Sang Penemu Radio Asal Italia

Siapa Guglielmo Marconi

Kursus Bahasa Italia – Radio merupakan salah satu alat yang punya banyak manfaat. Seperti membantu kita dalam berkomunikasi jarak jauh, mendengarkan musik, berita, hingga berbagai hiburan menarik. 

Menelusuri lebih jauh seputar penemuan hebat di dunia yang mengubah cara kita dalam berkomunikasi lewat biografi Guglielmo Marconi, sang penemu radio asal Italia.

Tentang Guglielmo Marconi

Dilansir dari laman History, Guglielmo Marconi lahir pada tahun 1874 di Bologna, Italia. Marconi lahir dari seorang ayah pemilik tanah dan seorang ibu yang merupakan anggota keluarga penyuling dari Irlandia. 

Pada tahun 1894, Marconi sangat terpesona dengan penemuan seorang fisikawan bernama Heinrich Rudolf He tentang sebuah gelombang tak terlihat yang dihasilkan dari interaksi elektromagnetik. 

Marconi kemudian mengembangkan sebuah peralatan pembangkit gelombang di tanah milik keluarga. Saat itu, ia berhasil dalam mengirimkan sinyal ke lokasi yang berjarak hingga satu mil jauhnya. 

Namun sayang, penemuannya tersebut gagal menarik pemerintah Italia. Tak patah semangat, ia kemudian mencoba peruntungan dengan pergi ke London. 

Baca juga: Mengenal Tokoh Penemu Listrik, Ada Benjamin Franklin

Hidup Guglielmo Marconi di London

Saat tiba di London, ditemani oleh sang ibunda, Guglielmo Marconi yang masih berusia 22 tahun itu sudah mendapatkan banyak pendukung lewat penemuannya. Terutama dari sebuah kantor pos Inggris.

Hanya dalam waktu sekitar satu tahun, Marconi berhasil mengirimkan sinyal hingga jarak 12 mil dan mengajukan paten atas penemuannya tersebut.

Seiring dengan berjalannya waktu, ia berhasil mendirikan stasiun nirkabel di Isle of Wight yang mana membantu Ratu Victoria dalam mengirimkan pesan ke putranya, Pangerang Edward yang berada di atas kapal pesiar. 

Selang beberapa waktu, tepatnya pada tahun 1899, Marconi menyebrangi samudera dan lautan luas Inggris untuk melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Di sana, ia mendapatkan publisitas dengan menawarkan jangkauan nirkabel dalam perlombaan kapal pesiar bernama, America’s Cup di pantai New Jersey. 

Baca juga: Cerita Black History Month di Amerika dan Para Tokohnya

Perjalanan Guglielmo Marconi mematenkan penemuan

Ditambahkan dari laman Nobel Prize, antara tahun 1902 hingga 1912, Marconi mematenkan beberapa penemuan terbarunya. Ia berhasil mendemonstrasikan daylight effect. Hal tersebut berkaitan dengan komunikasi nirkabel. 

Pada Desember 1902, ia mengirimkan pesan ke stasiun di Glace Bay, Nova Scotia yang mana dibukanya layanan publik jarak pendek telegrafi nirkabel pertama antara Italia dan Montenegro. 

Tiga tahun setelahnya, Marconi mematenkan antena pengarah horisontal dengan sistem timed spark yang menghasilkan gelombang secara terus menerus. 

Ia sempat dinas perang di Italia, selama pengabdian dalam dinas tersebut Marconi melakukan penelitian tentang gelombang pendek. 

Dilakukannya dalam sebuah laboratoriun untuk menguji secara intensif hingga dituliskannya proposal untuk menggunakan sistem tersebut sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah Inggris dan Kanada. 

Penghargaan Guglielmo Marconi

Ada banyak sekali gelar, paten, hingga penghargaan yang didapatkan oleh seorang Guglielmo Marconi. Di antaranya, penerima gelar doktor kehormatan dari beberapa universitas.

Hadiah Nobel di bidang Fisika pada tahun 1909, dianugrahkannya Salib Agung Ordo Mahkota Italia pada tahun 1902, hingga Chevalier Ordo Sipil Savoy pada tahun 1905. Masih ada banyak sekali penghargaan yang diterimanya.

Selama lebih dari dua dekade, Marconi terus menyempurnakan penemuannya dengan melakukan beberapa eksperimen menggunakan siaran gelombang pendek dan menguji jarak transmisi di atas kapal pesiar seberat 700 ton. 

Kemudian, Marconi kembali ke Italia. Hingga pada tahun 1905, ia menikahi Beatrice O’Brien, putri Baron Inchiquin ke-14 kemudian menikah kembali di tahun 1927 dengan Countess Bezzi-Scali.  

Pada tahun 1935, Marconi melakukan perjalanannya ke Brasil dan Eropa untuk membela invasi Mussolini ke Abyssinia. 

Ia meninggal dua tahun kemudian karena serangan jantung di Roma. Sebagai bentuk penghormatan kepada Guglielmo Marconi, stasiun radio di Amerika, Inggris, dan Italia menyiarkan hening cipta selama beberapa menit.

[Kode Promo] Kursus Bahasa Italia, Grab It Fast!

Syarat untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Italia adalah menguasai bahasanya. Untuk meraih peluang lebih luas, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Italia Lister.

Selain itu kamu juga bisa ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo menarik informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.