Mengenal Cai Lun, Penemu Kertas Asal China

cai lun

Kursus Bahasa Mandarin Pegawai – Salah penemuan terbesar di dunia adalah keras. Dalam peradaban manusia, kertas menjadi salah satu kebutuhan yang hampir tidak bisa dilepaskan. 

Namun, tahukah kamu dengan penemu kertas yang berasal dari China? Itu adalah Cai Lun. 

Kertas pertama kali diciptakan oleh bangsa Tiongkok ribuan tahun yang lalu, dan keberhasilannya dalam mengembangkan teknologi pembuatan kertas membuka jalan bagi perkembangan kehidupan manusia hingga hari ini. 

Siapa Cai Lun?

Dilansir dari laman Britannica, Cai lun lahir 63 Masehi di Provinsi Hunan. Cai Lun merupakan seorang pejabat istana Tiongkok yang dianggap berjasa atas penemuan kertas yang dilakukannya. 

Awalnya, Cai Lun merupakan seorang kasim yang masuk dalam pegawai atau pelayanan istana pada 75 Masehi. Dedikasi dan komitmennya terhadap istana yang tinggi membuatnya diangkat sebagai seorang kelapa kasim pada 88 Masehi. 

Dari jabatan yang diembannya itulah yang membut Cai menemukan kertas. Tepatnya pada 105 Masehi, Cai menyusun sebuah ide untuk membentuk lembaran kertas dari kulit pohon, limbah rami, kain bekas, dan jala. 

Kertas yang disusun itulah yang memiliki kualitas tulisan lebih baik daripada kain yang terbuat dari sutra murni, yang sebelumnya digunakan untuk menumis pada masa itu. 

Selain dari segi kualitas, kertas yang disusun oleh Cai Lun memiliki biaya produksi yang murah dengan sumber daya yang mudah ditemukan. 

Cai Lun juga mengembangkan berbagai alat dan teknik untuk mempermudah proses pembuatan kertas, seperti penyaringan campuran serat, pemadatan, dan pengeringan. 

Kertas yang dihasilkan oleh teknik-tekniknya memiliki kelebihan, seperti kelembutan, daya tahan, dan kemampuan menyerap tinta 

Penemuannya tersebut, Cai menghadap kaisar yang mana memuji hasilnya tersebut. Hanya perlu sedikit perbaikan, Cai dan muridnya yang bernama Zuo Bo dengan masif memproduksi kertas buatanya untuk disebarkan keseluruh Tiongkok. 

Penemuannya terhadap kertas inilah yang membuat Cai Lun dinobatkan sebagai seorang marquess pada tahun 114. 

Cai Lun diakui sebagai tokoh yang mewariskan warisan penting ini bagi peradaban manusia. Ia kemudian dihormati sebagai penemu kertas yang berperan besar dalam dunia tulis menulis. 

Pengaruh penemuan Cai Lun secara global 

Ditambahkan dari laman New World Encyclopedia, penemuan dari Cai Lun memiliki popularitas yang cukup tinggi, baik secara lokal maupun internasional. 

Provinsi Guizhou terkenal sebagai tempat pembuat kertas, bukan hanya untuk China, tetapi juga Korea dan Jepang. Penemuan ini kemudian mengembangkan kebudayaan literatur dan literasi Tiongkok hingga ke luar negara. 

Pada tahun 751, beberapa pembuat kertas asal Tiongkok ditangkap di daerah Timur tengah karena kalah dalam pertempuran Sungai Talas. 

Dari sinilah perkembangan kertas kemudian berlanjut, kertas Arab dibuat di Samarkand dan diproduksi secara masif untuk disebarkan ke daerah Timur Tengah hingga Afrika. 

Di sisi lain, kertas yang ada di Eropa, dibuat di Spanyol pada tahun 1150 yang kemudian menyebar hingga ke penjuru negara di benua Eropa. 

Seiring dengan berjalannya waktu, penemuan mesin cetak secara elektrik meningkatkan penggunaan kertas hingga hari ini. Bahkan kertas sangat memudahkan para akademisi dan ilmuwan dalam memajukan teknologi dan pemikiran yang akademis. 

Baca juga: Mengenal Tokoh Penemu Listrik, Ada Benjamin Franklin

Sejarah kertas

Beralih dari Cai Lun ke penemuannya yaitu kertas. Kertas memang sudah ada sejak tahun 105 Masehi, kemudian menyebarkan ke Asia Tengah pada tahun 751. Munculnya pabrik kertas di Eropa pada abad ke 14. 

Penemuan dari mesin cetak kertas sendiri sudah ada sejak tahun 1450 yang kemudian digunakanlah kayu dan pulp nabati untuk mengganti kain sebagai sumber utama serat pembuatan kertas. 

Sebelum tahun 1798 saat Nicholas-Louis Robert membuat mesin pembuat kertas pertama di dunia, ia menggunakan saringan bergerak untuk membaut kertas satu per satu. 

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1809, Henry dan Sealy Fourdrinier menyempurnakan mesin yang dibuat oleh Robert. 

Saat ini, ada banyak sekali jenis dan kelas kualitas dari kertas yang ditentukan oleh bahan, biaya produksi, dan mesin yang digunkaan. Umumnya, jenis serat kertas yang digunakan dari serbuk kayu yang diolah menjadi bubur. 

Kemudian bubur kertas diolah dengan bahan kimia lainnya untuk membentuk lembaran yang tipis dan bisa menyerap tinta dengan baik. 

Baca juga: Cerita Black History Month di Amerika dan Para Tokohnya

Jenis kertas yang biasa digunakan

Kertas adalah produk serbaguna yang digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, dari media tulis-menulis hingga cetakan, kemasan, hingga seni. 

Ada beberapa jenis kertas yang menarik untuk diketahui.

Kertas Ivory

Jenis kertas yang pertama ini memiliki warna yang lebih hangat, biasanya berwarna krem atau kuning muda. Warna kertas ini adalah hasil dari bahan yang digunakan dalam pembuatannya, seperti penggunaan serat kayu atau bahan pencelupan khusus.

Warna dan kualitas Kertas Ivory bisa bervariasi tergantung pada produsen dan merek tertentu. Keunggulan utamanya adalah tampilan yang lebih hangat dan lembut. 

Kertas Art Paper 

Jenis kertas yang selanjutnya biasanya digunakan dalam proyek-proyek yang memerlukan kualitas cetak yang sangat baik dan tampilan visual yang menonjol. 

Meskipun kertas art paper terbilang lebih mahal daripada kertas biasa. Namun, kerta ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan cetakan berkualitas tinggi membuatnya menjadi pilihan utama dalam industri seni, fotografi, dan desain grafis.

Kertas HVS

Kertas HVS atau Highly Volatile Substance yang mana artinya adalah, zat yang sangat mudah menguap. Jenis kertas yang satu ini banyak digunakan dikehidupan sehari-hari, terutama para mahasiswa dan pekerja kantoran. 

Dari segi warnanya, kertas HVS biasanya berwarna putih yang membuatnya cocok untuk pencetakan dokumen dan surat resmi. 

Warna putih bersih ini memudahkan teks dan gambar terlihat dengan jelas. Permukaan Kertas HVS biasanya halus dan tidak memiliki tekstur. Harga dari kertas HVS juga tergolong lebih terjangkau.

Kursus Bahasa Mandarin, Wujudkan Karier Cemerlang!

Kemampuan bahasa Mandarin sangat dibutuhkan di dunia globalisasi ini. Untuk meraih peluang lebih luas, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Mandarin Pegawai Lister.

Selain itu kamu juga bisa ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo menarik informasi belajar bahasa asing lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.     

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto oleh Realcai di Wikimedia Commons.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.