Self Efficacy adalah Sikap Penting Hidup, Bagaimana Meraihnya?

self efficacy adalah

Kursus Business English – Saat menghadapi kesulitan, apakah kamu meragukan kemampuan, atau tetap yakin dapat mengatasinya? Sikap yakin pada diri sendiri ini disebut dengan self-efficacy.

Self efficacy adalah sikap penting yang harus dimiliki dalam menjalani hidup. Baik dalam studi, hobi, hubungan, pertemanan, maupun pekerjaan, self efficacy akan membantu mendorong kamu melakukan yang terbaik.

Pengertian Self Efficacy

Self efficacy adalah sikap kepercayaan seseorang bahwa dirinya dapat berhasil dalam situasi tertentu. Sikap kepercayaan ini akan menentukan cara berpikir, bertindak, dan perasaan seseorang.

Salah satu ahli yang mempelajari subjek ini adalah psikolog Albert Bandura. Menurut Bandura, self-efficacy adalah kepercayaan terhadap kemampuan seseorang untuk mengatur dan melaksanakan serangkaian tindakan yang diperlukan terhadap suatu situasi.

Self efficacy artinya berupa sikap kepercayaan, dapat berpengaruh besar terhadap diri seseorang, mulai dari keadaan psikologis, tingkah laku, sampai motivasi. Sikap tersebut menentukan tujuan dan cara meraihnya.

Pentingnya Memiliki Self Efficacy

Secara umum orang dapat menentukan tujuan yang hendak diraih serta hal-hal yang ingin diubah dalam hidup. Walaupun begitu, untuk mencapai tujuan tersebut, orang menyadari tidaklah mudah.

Bandura dan para ahli lainnya menyebutkan self efficacy memiliki peran penting terkait bagaimana tujuan, tugas, dan tantangan tersebut dilakukan.

Ciri-ciri self efficacy yang tinggi

  • Memiliki ketertarikan mendalam tentang kegiatan yang melibatkan dirinya
  • Memiliki komitmen kuat terhadap kegiatan tersebut
  • Cepat pulih dari kekecewaan
  • Memandang tantangan sebagai sesuatu yang harus dikuasai

Ciri-ciri self efficacy yang rendah

  • Menghindari tantangan
  • Meyakini tugas dan situasi sulit berada di luar kemampuan dirinya
  • Fokus pada kegagalan dan hasil yang buruk
  • Kehilangan kepercayaan diri terhadap kemampuan pribadi

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik dan Profesional

4 Sumber Self Efficacy

Self efficacy mulai dibangun sedari dini melalui berbagai situasi dan pengalaman hidup. Beberapa orang menghadapi tantangan tersebut dan mampu mengembangkan keterampilan baru.

Menurut Bandura, ada empat sumber utama pembentukan self-efficacy.

Mastery Experiences

Menghadapi tantangan akan membentuk pengalaman yang mendorong timbulnya self-efficacy. Walaupun begitu, kegagalan dapat melemahkan efficacy seseorang.

Self efficacy adalah sikap yang merujuk pada keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk mengatasi tugas atau tantangan tertentu. Pengalaman menghadapi tantangan dan berhasil mengatasinya dapat secara signifikan membangun self-efficacy.

Ketika seseorang berhasil menyelesaikan suatu tugas yang sulit atau menghadapi tantangan dengan baik, ia cenderung merasa lebih percaya diri dalam kemampuannya.

Social Modeling

Melihat orang lain berhasil melakukan sesuatu dapat menimbulkan self-efficacy. Seseorang dapat merasa yakin dirinya mampu meraih keberhasilan dengan melakukan usaha serupa.

Pengamatan terhadap keberhasilan orang lain memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan dan perkembangan self efficacy adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk mengatasi tugas atau tantangan tertentu.

Proses ini didasarkan pada konsep psikologis yang dikenal sebagai “modeling” atau “observational learning”, yang diperkenalkan oleh Albert Bandura dalam teorinya tentang self-efficacy.

Social Persuasion

Seseorang dapat didorong untuk meyakini dirinya memiliki kemampuan untuk meraih keberhasilan. Sebagai contoh, seorang teman memberikan self reminder yang membantu kamu bersemangat dan fokus mengerjakan tugas.

Psychological Responses

Emosi dan tingkat stres seseorang memiliki peran penting dalam self-efficacy. Sebagai contoh, seseorang yang gugup melakukan public speaking dapat memiliki self-efficacy yang rendah saat diminta melakukan hal tersebut.

Walaupun begitu, Bandura menambahkan, hal yang penting adalah cara seseorang menerima emosi tersebut.

Baca juga: Perlukah Foto untuk CV? Ini Tipsnya agar Tampil Profesional!

Contoh Self Efficacy yang Tinggi

Individu dengan self-efficacy yang tinggi merasa yakin dan optimis bahwa mereka mampu mencapai tujuan. 

Ketika self-efficacy tinggi hadir, individu cenderung memiliki dorongan intrinsik yang kuat untuk berusaha, beradaptasi dengan perubahan, dan menghadapi tantangan dengan keberanian. 

Dengan keyakinan diri yang kuat ini, mereka siap menjelajahi lingkungan baru, merangkul peluang, dan menjalani kehidupan dengan semangat dan determinasi yang menginspirasi.

  • Seseorang yang berjuang melawan penyakit kronis yakin dapat sembuh dengan mengikuti petunjuk dokter.
  • Siswa yang percaya diri telah belajar dengan maksimal dan dapat mengerjakan soal dengan baik.
  • Seseorang yang baru saja diterima dalam suatu pekerjaan merasa yakin dapat memberikan performa terbaik.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.