Rumah Orang Eskimo dari Bongkah Es? Ini 10 Fakta Unik Igloo

Rumah Orang Eskimo dari Bongkah Es

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya tinggal di dalam rumah orang Eskimo dari bongkah es? Inilah pengalaman hidup sehari-hari bagi orang Eskimo.

Rumah orang Eskimo dari bongkah es adalah simbol kuat dari adaptasi manusia terhadap lingkungan yang ekstrem. Faktanya, rumah orang Eskimo dari bongkah es adalah sebuah inovasi yang cerdas, misterius, dan mengagumkan.

Apa itu rumah orang Eskimo dari bongkah es?

Rumah orang Eskimo dari bongkah es, atau Igloo, adalah sejenis tempat tinggal yang terbuat dari salju yang cocok. Istilah ‘igloo’ berasal dari bahasa Inuit, “iglu,” yang berarti rumah salju, dan dalam Inuktitut disebut dengan ᐃᒡᓗ (iɣˈlu), dengan bentuk jamak “igluit” (ᐃᒡᓗᐃᑦ [iɣluˈit]).

Meskipun sering dikaitkan dengan semua orang Inuit, rumah orang Eskimo dari bongkah es sebenarnya hanya digunakan secara tradisional oleh masyarakat Kanada di wilayah Central Arctic dan area Qaanaaq di Greenland. Orang Inuit lainnya cenderung menggunakan salju untuk mengisolasi rumah mereka, yang dibangun dari tulang ikan paus dan kulit binatang.

Alasan utama penggunaan salju dalam pembangunan rumah orang Eskimo dari bongkah es adalah sifat isolatornya. Salju memiliki kantong-kantong udara yang terperangkap di dalamnya, membuatnya menjadi isolator yang efektif.

Di luar rumah orang Eskimo dari bongkah es, suhu mungkin mencapai serendah −45 °C (−49 °F), namun di dalamnya, suhu dapat berkisar dari −7 hingga 16 °C (19 hingga 61 °F) ketika dipanaskan hanya oleh panas tubuh manusia.

Dalam hal ini, rumah orang Eskimo dari bongkah es menjadi contoh nyata bagaimana manusia mampu menggunakan sumber daya alam dengan cerdas untuk bertahan dalam kondisi yang sangat ekstrem.

Faktanya, teknik pembangunan igloo telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas budaya masyarakat Eskimo di wilayah-wilayah tertentu, dan terus menjadi simbol keberlanjutan dan adaptasi manusia dengan alam.

Baca Juga: Menanyakan Kabar dalam Bahasa Inggris? Pakai Variasi Ini

Fakta Unik Rumah Orang Eskimo dari Bongkah Es

1. Nomenklatur

Dalam bahasa Inuit, kata “iglu” (igluit dalam bentuk jamak) dapat digunakan untuk rumah atau tempat tinggal yang dibangun dari berbagai material. Tidak hanya terbatas pada rumah salju (igluvijaq), melainkan juga termasuk aspek rumah lain.

Seperti, tenda tradisional, rumah dari tanah, rumah dari kayu yang terdampar, dan bangunan modern. Namun, di luar budaya Inuit, igloo merujuk khusus pada tempat tinggal yang dibangun dari balok-balok salju yang dikompresi.

2. Jenis-Jenis Igloo

Ada tiga jenis tradisional dari rumah orang Eskimo dari bongkah es. Ukuran terkecil digunakan sebagai tempat tinggal sementara selama satu atau dua malam. Ukuran menengah adalah untuk tempat tinggal semi-permanen bagi keluarga.

Sementara ukuran terbesar bisa dibangun hingga lima ruangan dan menjadi tempat bagi 20 orang, sering digunakan untuk perayaan komunitas.

3. Konstruksi Khusus

Igloo tidak bersifat sferis, melainkan dibangun dalam bentuk catenary atau paraboloid. Balok-balok salju dipotong dengan gergaji dan pisau mirip kapak. Awalnya berbentuk empat sisi, tetapi kemudian sering dipotong menjadi lima atau enam sisi untuk meningkatkan interlocking struktural.

4. Metode Pembangunan yang Unik

Salju yang digunakan untuk membangun igloo harus memiliki kekuatan struktural yang cukup untuk dipotong dan ditumpuk dengan tepat. Lubang yang tersisa di salju, tempat balok dipotong, biasanya digunakan sebagai setengah bagian bawah tempat tinggal.

Baca Juga: Pekerjaan Rumah Bahasa Inggris: Cek 35 Kosa Kata Terpopuler

5. Properti Insulasi Salju

Salju memiliki sifat insulasi yang memungkinkan bagian dalam igloo tetap hangat. Dalam beberapa kasus, satu blok es air tawar yang jernih ditempatkan untuk membiarkan cahaya masuk ke dalam igloo.

6. Desain Arsitektural Unik

Igloo adalah struktur kubah yang bisa dibangun dari balok yang saling bersandar dan dipoles tanpa dukungan tambahan selama konstruksi. Igloo yang dibangun dengan benar akan menopang berat orang yang berdiri di atas atapnya.

7. Tradisi dan Inovasi dalam Konstruksi

Tradisionalnya, igloo mungkin disatukan dengan segera setelah konstruksi dengan membuat api besar dengan kudlik (lampu batu), membuat interior sangat panas sejenak. Hal ini menyebabkan dinding meleleh sedikit dan mengeras kembali.

Panas tubuh juga cukup, meskipun lebih lambat. Pelelehan dan pembekuan kembali ini membentuk lapisan es yang menyumbang kekuatan igloo.

8. Tempat Tidur yang Dinaikkan

Di dalam igloo, platform tidur dinaikkan. Karena udara hangat naik dan udara dingin turun, area pintu masuk bertindak sebagai perangkap dingin, sedangkan area tidur akan menahan panas yang dihasilkan oleh kompor, lampu, panas tubuh, atau perangkat lain. Orang Inuit di sekitar Selat Davis bahkan melapisi area tempat tinggal dengan kulit, yang bisa meningkatkan suhu dalam ruangan hingga 10-20 °C.

9. Penggunaan Salju Berangin

Salju yang paling cocok untuk membangun igloo adalah salju yang telah ditiup angin, yang dapat memadatkan dan mengunci kristal es. Salju yang turun dengan lembut ke tanah dalam cuaca yang tenang tidak berguna. Hal ini menunjukkan bagaimana pembangunan igloo memerlukan pemahaman mendalam tentang sifat dan karakteristik salju.

10. Fungsi Sosial dan Komunal Igloo

Igloo terbesar biasanya dibangun dalam kelompok dua. Satu digunakan untuk acara khusus, sedangkan yang lain digunakan untuk tempat tinggal. Igloo besar ini digunakan untuk pesta masyarakat dan tarian tradisional, menunjukkan bahwa rumah orang Eskimo dari bongkah es juga memiliki fungsi sosial dan komunal.

Jadi, rumah orang Eskimo dari bongkah es bukan hanya struktur sederhana yang dibangun untuk bertahan hidup. Lebih dari itu, igloo adalah contoh kejeniusan dan inovasi dalam desain dan konstruksi.

Baca Juga: 8 Fakta Unik Rhode Island, Negara Bagian Terkecil di Amerika

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Click Here

Thank you!

Kode Diskon akan segera dikirimkan Tim Student Success ke Nomor WhatsApp Anda.