Menanyakan Kabar dalam Bahasa Inggris? Pakai Variasi Ini

menanyakan kabar dalam bahasa inggris

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Menanyakan kabar adalah salah satu aspek penting dalam percakapan sehari-hari. Frasa yang paling dikenal dalam menanyakan kabar dalam bahasa Inggris yaitu “How are you?”.

Namun, apakah kamu pernah merasa bosan dengan penggunaan kalimat tanya seputar apa kabarnya bahasa inggris yang sama ini berulang kali? Apakah kamu ingin mengekspresikan minat dan perhatian kamu dengan cara yang berbeda dan unik?

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan berbagai alternatif dalam menggunakan kalimat tanya bahasa inggris apa kabar. Memahami variasi dalam menanyakan kabar tidak hanya akan memperkaya kosa kata kamu dalam berbahasa Inggris, tetapi juga dapat membangun percakapan yang lebih otentik dan menyenangkan dengan orang lain.

Penting untuk mengingat bahwa bahasa adalah alat komunikasi yang fleksibel. Oleh karena itu, mengenal lebih banyak cara untuk menanyakan apa kabarmu dalam bahasa inggris akan membantu kamu dalam berinteraksi dengan orang lain dalam berbagai situasi dan konteks, baik itu dengan teman, kolega kerja, maupun anggota keluarga.

Lantas, apa saja variasi ungkapan menanyakan bahasa inggrisnya apa kabar selain “How Are You”? Berikut daftar lengkapnya:

apa kabarnya bahasa inggris

Ilustrasi pertemuan untuk menanyakan apa kabarnya bahasa inggris (DOK.PEXELS/Nicole Michalou)

Menanyakan Kabar dalam Bahasa Inggris dengan Ungkapan Umum

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita ingin menanyakan kabar dalam bahasa Inggris ke seseorang dengan cara yang santai dan tidak terlalu formal. Oleh karena itu, mengenal beberapa ungkapan umum dalam menanyakan bagaimana kabarmu dalam bahasa Inggris dapat menjadi pilihan yang menarik.

  • “What’s new?” – Ungkapan ini sering digunakan untuk mengetahui apa yang baru dalam hidup seseorang. Cocok digunakan saat bertemu dengan teman lama atau kolega.
  • “How’s it going?” – Kalimat ini adalah cara santai untuk menanyakan kabar dalam bahasa Inggris. Biasanya digunakan dalam situasi informal dan dapat ditujukan kepada siapa saja.
  • “What’s up?” – Ini adalah salah satu cara paling santai untuk menanyakan apa kabar dalam bahasa inggris. Biasanya digunakan antara teman-teman dekat.

Menggunakan ungkapan ini dalam percakapan kamu akan membuat obrolan terasa lebih alami dan santai. Ini juga menunjukkan bahwa kamu mengenal bahasa Inggris dengan baik dan dapat menggunakannya dalam berbagai cara.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menambahkan pertanyaan-pertanyaan khusus yang sesuai dengan situasi, seperti:

  • “How was your weekend?” jika bertemu di awal Minggu.
  • “Got any plans for tonight?” jika ingin menanyakan rencana malam harinya.

Penting untuk diingat, nada dan konteks dalam percakapan juga memainkan peran penting dalam menentukan ungkapan mana yang tepat digunakan. Jadi, selalu perhatikan situasi dan hubungan kamu dengan orang yang kamu tanyai.

Baca Juga: Cara Kreatif Menjawab How Are You, Cari Tahu Yuk!

bahasa inggris apa kabar

Ilustrasi kelompok orang menggunakan bahasa inggris apa kabar saat bertemu (DOK.PEXELS/
Kampus Production)

Menanyakan Kabar dalam Bahasa Inggris pada Konteks Khusus

Ada saat-saat di mana kamu mungkin ingin lebih fokus dan spesifik dalam menanyakan kabar dalam bahasa Inggris. Menyampaikan pertanyaan yang lebih terarah dapat menunjukkan perhatian yang lebih besar dan membantu kamu terhubung dengan orang lain dalam cara yang lebih mendalam.

  • “How was your day?” – Pertanyaan ini memberi ruang bagi seseorang untuk berbagi tentang hari mereka dengan detail yang lebih spesifik. Ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan bahwa kamu peduli dengan rutinitas sehari-hari mereka.
  • “How’s your family?” – Jika kamu mengenal keluarga seseorang, menanyakan tentang mereka adalah cara yang hangat untuk menunjukkan bahwa kamu memperhatikan aspek lain dari kehidupan mereka.
  • “How’s work going?” – Ini adalah pertanyaan yang tepat untuk kolega atau teman yang baru saja memulai pekerjaan baru. Hal ini menunjukkan minat dalam karier mereka.
  • “How’s your study coming along?” – Bagi teman-teman yang sedang studi, pertanyaan ini adalah cara yang tepat untuk menunjukkan dukungan dan minat dalam pendidikan mereka.
  • “How’s your health?” – Jika seseorang baru saja pulih dari sakit atau mengalami masalah kesehatan, pertanyaan ini menunjukkan empati dan perhatian yang besar.

Dalam menggunakan pertanyaan-pertanyaan ini, penting untuk menyesuaikan dengan situasi dan tingkat kedekatan dengan orang yang kamu tanyai.

Menanyakan kabar dalam bahasa Inggris dengan cara ini menunjukkan bahwa kamu tidak hanya peduli tentang apa kabar bahasa inggris secara umum, tetapi juga tertarik pada aspek-aspek spesifik dari kehidupan mereka.

apa kabarmu dalam bahasa inggris

Ilustrasi apa kabarmu dalam bahasa inggris yang diucapkan seorang anak (DOK.PEXELS/Julia M Cameron)

Menanyakan Kabar dalam Bahasa Inggris dengan Penekanan Emosional

Dalam berinteraksi dengan orang lain, terkadang kita ingin mengetahui lebih dalam tentang perasaan dan kondisi emosional mereka. Ini adalah aspek yang penting dalam menjalin hubungan yang empatik dan mendalam.

Berikut ini beberapa cara untuk menanyakan kabar dalam bahasa Inggris dengan penekanan pada emosi:

  • “Are you okay?” – Pertanyaan ini sering digunakan saat kamu merasa ada yang tidak beres dengan seseorang. Ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan bahwa kamu peduli dan siap mendengarkan jika mereka perlu berbicara.
  • “How have you been feeling?” – Jika kamu tahu bahwa seseorang sedang mengalami masa yang sulit atau stres, pertanyaan ini adalah cara yang lembut untuk menanyakan tentang perasaan mereka.
  • “Is everything alright?” – Pertanyaan ini bisa digunakan dalam berbagai situasi, baik itu untuk teman yang terlihat sedih atau kolega yang tampaknya terbebani.
  • “How are you coping with [situasi]?” – Jika kamu mengetahui situasi spesifik yang sedang dihadapi seseorang, kamu bisa menanyakan langsung bagaimana mereka menghadapinya. Misalnya, “How are you coping with the loss of your pet?”.
  • “Can I do anything to help?” – Setelah menanyakan apa kabarmu bahasa inggrisnya, menawarkan bantuan adalah tindak lanjut yang baik jika kamu merasa bahwa mereka memerlukan dukungan.

Menanyakan kabar dengan fokus pada emosi membutuhkan sensitivitas dan empati. Penting untuk mendekati pertanyaan ini dengan hati-hati, terutama jika kamu mengetahui bahwa seseorang mungkin sedang mengalami kesulitan.

Dalam hal ini, menanyakan kabar dalam bahasa Inggris bukan hanya ritual sosial biasa, tetapi menjadi alat yang kuat dalam membangun hubungan yang empatik dan penuh perhatian.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan pertanyaan seputar apa kabarmu bahasa inggrisnya, saat kamu merasa perlu menunjukkan dukungan dan kepedulian yang lebih besar kepada orang lain.

Baca Juga: 3 Variasi Apa Kabar Bahasa Korea dan Cara Jawabnya

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.