Recount Text: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan masa lampau adalah recount text. Namun, bagaimana definisi, struktur, dan contoh dari Recount Text yang lebih detail? Simak artikel di bawah ini sampai akhir ya!

Open book and smiley cup Free Photo

Definisi Recount Text

Recount text adalah bentuk teks yang berisikan cerita atau urutan kejadian di masa lampau (past tense). Isi cerita diambil dari pengalaman pribadi penulis/orang lain yang sudah terjadi di masa lalu. Dengan membuat recount text berarti kita akan mengingat kembali kejadian masa lalu dan menjadikannya kedalam bentuk cerita.

Struktur Recount Text

Title : judul teks

Orientation : Pembukaan cerita yang biasanya diisi dengan permasalahan yang menjadi latar belakang cerita.

Event : Isi yang biasanya menceritakan kronologis atau rangkaian cerita dari penulis.

Re-orientation (Kesimpulan) : Berisi nilai-nilai moral dan penutup

Contoh Recount Text

Came Late to School
(Terlambat ke Sekolah)

Orientation (Pembukaan)

Last Wednesday, I was late for school. That’s because I played online games until 3:00 a.m.

Hari rabu yang lalu, aku terlambat datang ke sekolah. Hal itu dikarenakan aku bermain game online hingga pukul 03.00 pagi.

Event (Isi)

At 5:30 a.m., my mom tried to wake me up. But, I ignored my mother’s words and continued to sleep again. Suddenly, I was jolted from my sleep and saw it was after 06:30. Without thinking, I took a towel and immediately ran towards the bathroom. I saw breakfast that had been served by my mother. But, I didn’t have time to have breakfast.

Usually, I go to school with my mother. But, mother had gone to the office before I woke up. Finally, I went to school by public transportation.

It showed at 06.49, the public transportation that I wanted to arrive. The trip to school took about 8 minutes. Because it was busy, the streets began to jam and made my trip a long time.

I arrived at school at 7:10. While the class starts at 07.00. I ran to the classroom, but the teacher didn’t let me in because it was the past schedule.

Pukul 05.30, Ibu sudah coba membangunkanku. Tapi, aku tidak menghiraukan perkataan ibu dan lanjut tidur lagi. Tiba-tiba, aku tersentak dari tidurku dan melihat jam sudah menunjukkan pukul 06.30. Tanpa pikir panjang, aku mengambil handuk dan segera lari menuju kamar mandi. Aku melihat sarapan yang sudah dihidangkan oleh ibu. Tapi, aku tidak sempat untuk sarapan.

Biasanya, aku pergi sekolah bersama ibu. Tapi, ibu sudah pergi ke kantor sebelum aku bangun. Akhirnya, aku pun pergi menggunakan angkutan umum.

Waktu sudah menunjukkan pukul 06.49, angkutan umum yang aku inginkan pun tiba. Perjalanan ke sekolah membutuhkan waktu sekitar 8 menit saja. Karena sudah jam sibuk, jalanan mulai macet dan membuat perjalanan saya menjadi lebih lama.

Saya tiba di sekolah pukul 07.10. Sedangkan kelas dimulai pukul 07.00. Saya berlari menuju ruang kelas, namun guru tidak mempersilakan masuk karena sudah lewat dari jadwal.

Re-orientation (Kesimpulan)

Finally, I had to stand outside the classroom and lost one lesson. I was embarrassed and promised not to repeat it again.

Akhirnya, saya harus berdiri di luar kelas dan kehilangan satu jam pelajaran. Aku malu dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Academic English
Academic English

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.