Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perbedaan Diploma, Associate’s Degree, dan Bachelor yang Perlu Kamu Tahu

diploma, bachelor, associate degree

Jika kamu ingin memasuki dunia perkuliahan atau ingin mendaftar beasiswa, beberapa persyaratan beasiswa umumnya tertera level pendidikan yang diperlukan, seperti Diploma, Associate’s Degree, dan Bachelor. Tapi, apa sih perbedaannya?

Definisi diploma, associate’s degree, & bachelor

Diploma

Sebuah program akademik umumnya 30 sampai 72 kredit dimaksudkan untuk memberikan siswa dengan keterampilan yang mengarah langsung ke pekerjaan tertentu. Gelar Associate. Penghargaan yang biasanya membutuhkan setidaknya dua tetapi kurang dari empat tahun kerja penuh waktu di perguruan tinggi.

Associate’s Degree

Gelar associate adalah program akademik yang diambil di tingkat sarjana (tahap pertama setelah sekolah menengah). Ini bertujuan untuk memberikan siswa pengetahuan teknis dan akademik dasar dan keterampilan yang dapat ditransfer yang mereka butuhkan untuk melanjutkan pekerjaan atau studi lebih lanjut di bidang pilihan mereka.

Gelar Associate paling sering ditawarkan di AS, tetapi Anda juga akan menemukannya di beberapa bagian Kanada, Hong Kong, Australia, dan Belanda. Negara-negara lain memiliki program serupa tetapi dengan nama yang berbeda, seperti gelar yayasan di Inggris.

Di AS, gelar associate tersedia di berbagai jenis perguruan tinggi, termasuk community college, junior college dan technical college, perguruan tinggi yang berafiliasi dengan universitas dan institut universitas. Biasanya dibutuhkan dua tahun penuh waktu untuk menyelesaikan gelar associate.

Bagi beberapa siswa, gelar associate memberikan persiapan untuk gelar sarjana, sementara untuk yang lain itu kualifikasi dalam dirinya sendiri, membantu meningkatkan prospek kerja dibandingkan dengan hanya menyelesaikan pendidikan tingkat menengah.

Bachelor Degree

Gelar sarjana adalah gelar sarjana di mana siswa mempelajari mata pelajaran pilihan mereka di lembaga akademik dan umumnya dikenal sebagai gelar sarjana. Mendapatkan gelar sarjana dapat membuka akses ke peluang kerja, memaparkan Anda pada ide-ide baru, dan meningkatkan potensi penghasilan Anda.

Perbedaan Diploma, Associate’s Degree, & Bachelor dengan Diploma & Sarjana di Indonesia

  • Perbedaan associate degree, diploma, dan bachelor

Di Amerika, program associate degree terdiri dari 60 kredit (jam pelajaran) dan biasanya diselesaikan dalam waktu 2 tahun, sedangkan bachelor terdiri dari 120 kredit dan biasanya diselesaikan dalam waktu 3-4 tahun.

Associate degree dapat ditransfer ke gelar bachelor. Durasi tergantung kebijakan masing-masing universitas. Oleh karena itu, jika memang berencana ingin mendapatkan gelar bachelor, sebelumnya perlu dipastikan bahwa program associate degree yang kamu ambil bisa transfer kredit ke program bachelor yang kamu minati. Jika lancar, setelah menyelesaikan associate degree kamu hanya butuh tambahan 2 tahun untuk mendapatkan gelar bachelor.

  • Durasi Program

Program diploma hanya berlangsung selama 2 tahun di Amerika, program Associate’s Degree terdiri dari 60 kredit (jam pelajaran) dan dapat diselesaikan dalam waktu 2 tahun, sedangkan Bachelor terdiri dari 120 kredit dan dapat diselesaikan dalam waktu 3-4 tahun. Seperti yang telah disebutkan di atas, Associate’s Degree dapat ditransfer ke gelar Bachelor.

  • Bidang Karir

Program bergelar Bachelor memiliki cakupan kurikulum yang lebih umum dibandingkan associate degree dan diploma . Jadi terkadang para lulusan program tersebut perlu mengikuti pelatihan atau kursus tertentu sebelum mereka bisa mulai bekerja.