Beda Undergraduate, Graduate, Postgraduate yang Mesti Kamu Tahu

undergraduate graduate postgraduate

Kursus Academic English – Apakah kamu sering menemukan istilah bahasa Inggris ini dalam website universitas atau lowongan beasiswa? Ini dia perbedaan undergraduate, graduate, postgraduate. Simak selengkapnya!

Pengertian Undergraduate, Graduate, Postgraduate

Pada dunia akademis, istilah undergraduate, graduate, dan postgraduate sering muncul dalam bahasa Inggris. Undergraduate, graduate, dan postgraduate berhubungan dengan istilah jenjang pendidikan yang dipakai di berbagai negara dalam bahasa Inggris. Jadi, apa sih perbedaan dan artinya?

Undergraduate Degree

Undergraduate degree adalah jenjang pendidikan yang ditempuh selama 3 hingga 4 tahun, umumnya dilakukan setelah lulus dari sekolah menengah atas atau high school.

Undergraduate dalam bahasa Indonesia memiliki arti siswa yang sedang menempuh studi untuk gelar S-1 (atau setara) di universitas. Dalam bahasa Inggris, undergraduate artinya studi untuk mendapat bachelor degree.

Graduate Degree

Graduate degree adalah jenjang pendidikan yang ditempuh setelah mendapatkan bachelor degree. Dalam sistem pendidikan Indonesia, graduate degree merupakan studi untuk gelar S-2.

Dalam bahasa Inggris, graduate degree adalah studi untuk mendapatkan master degree. Di beberapa negara, ada yang menggunakan istilah graduate degree untuk menyebut program Magister atau Doktoral, akan tetapi secara umum graduate degree adalah pendidikan yang ditempuh setelah undergraduate degree.

Sementara itu, kata graduate itu sendiri berarti lulus atau sudah menyelesaikan studi.

Postgraduate Degree

Postgraduate adalah jenjang pendidikan yang ditempuh setelah graduate degree. Secara umum, postgraduate degree merupakan studi untuk mendapatkan gelar doktor atau S-3 di universitas. Biasanya studi ini ditempuh 2 tahun atau lebih setelah menyelesaikan studi S-2. 

Perbedaan Undergraduate, Graduate, Postgraduate

Jadi, kesimpulan perbedaan undergraduate, graduate, dan postgraduate ada dalam tabel berikut ini.

PerbedaanUndergraduateGraduatePostgraduate
Jenjang pendidikan yang ditempuhStudi yang ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana (S-1/setara).Studi yang ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan tingkat master (S-2).Studi yang ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan tingkat doktoral (S-3).
Jenjang pendidikan sebelumnyaDapat dilakukan jika telah menyelesaikan sekolah menengah atas.Dapat dilakukan jika  telah menyelesaikan studi sarjana (S-1/bachelor degree) selama 3-4 tahun.Dapat dilakukan jika  telah menyelesaikan studi tingkat master (S-2/master degree).
Masa studiStudi ini biasanya ditempuh selama 3-4 tahun.Studi ini biasanya ditempuh selama 2 tahun atau lebih.Studi ini biasanya ditempuh selama 2 tahun atau lebih. Umumnya bidang studi yang ditempuh melanjutkan atau berkaitan dengan studi S-2.

Ingin menempuh studi S-1 atau S-2 gratis di Universitas Oxford? Untuk kamu pejuang beasiswa, saatnya mendaftar Jardine Scholarship. Simak syaratnya dalam artikel Kuliah S-1 & S-2 Gratis di Oxford dengan Jardine Scholarship.

Kursus Academic English, Sukses Studi hingga S-3!

Dalam menyelesaikan pendidikan di setiap jenjang, dibutuhkan keterampilan untuk memperoleh hasil terbaik. Sebagai contoh menulis bahasa artikel ilmiah dalam bahasa Inggris membutuhkan pengetahuan grammar yang benar.

 Siapkan dirimu menghadapi dunia perkuliahan dengan mengikuti di Kursus Academic English Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.