Disertasi adalah Tugas Akhir S-3, Beda dengan Skripsi dan Tesis!

disertasi adalah

Kursus Academic English – Istilah disertasi seringkali terdengar di dunia akademik. Jadi, apa itu disertasi? Berikut pengertian disertasi dan perbedaannya dengan skripsi serta tesis.  

Apa itu Disertasi?

Disertasi adalah hasil karya tulis ilmiah sebagai tugas akhir yang ditempuh mahasiswa yang akan menyelesaikan program S-3 atau doktoral. Dikutip dari Scribbr, rancangan disertasi ditetapkan berdasarkan penelitian yang orisinal atau penemuan baru.

Umumnya, proses penelitian hingga penulisan karya ilmiah dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan bimbingan dosen.

Tujuan Disertasi

Tujuan pembuatan disertasi adalah sebagai syarat kelulusan studi jenjang doktoral (S-3) dan memberikan bukti hasil proses akademis atau penemuan baru dalam program ilmu yang ditempuh.

Tulisan karya ilmiah yang dihasilkan diharapkan menjadi penemuan penting, gagasan, maupun saran yang berguna bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan.

Perbedaan Disertasi dengan Skripsi dan Tesis

Disertasi, skripsi, dan tesis merupakan karya tulis ilmiah yang dibuat pada jenjang pendidikan tinggi. Lantas apa perbedaan di antara ketiganya?

PerbedaanSkripsiTesisDisertasi
Jenjang pendidikanMerupakan tugas akhir untuk kelulusan studi program S-1/setara.Merupakan tugas akhir kelulusan studi program magister (S-2).Merupakan tugas akhir kelulusan studi program doktoral (S-3).
Peran mahasiswa dan dosen pembimbingPeran mahasiswa sebanyak 60%, dosen pembimbing 40%.Peran mahasiswa sebanyak 80%, dosen pembimbing 20%.Peran mahasiswa sebanyak 90%, dosen pembimbing 10%.
Kualitas argumenKualitas argumentasi analisis rendah-sedang.Kualitas argumentasi analisis rendah-sedang.Kualitas argumentasi analisis tinggi.
PengujiPenguji biasanya minimal S-2.Penguji biasanya minimal S-3.Penguji biasanya minimal profesor dan doktor.
Topik penelitianTopik penelitian bersifat empiris dan mendalam.Topik penelitian bersifat empiris, teoritis, dan mendalam.Topik penelitian berdasarkan kajian teoritis, empirisme, dan lebih mendalam daripada skripsi dan tesis.
PublikasiPublikasi penelitian biasanya hanya sebatas internal kampus atau nasional.Publikasi penelitian skala nasional.Publikasi penelitian skala nasional dan internasional.

Struktur Disertasi 

disertasi adalah

Umumnya, struktur disertasi terbagi menjadi beberapa bagian, yakni lima sampai enam bab yang meliputi:

  • Pendahuluan (pengantar topik) 
  • Tinjauan pustaka
  • Metodologi penelitian
  • Hasil penelitian
  • Pembahasan hasil penelitian 
  • Kesimpulan penelitian

Tak kalah penting dalam struktur disertasi ada judul, abstrak, dan daftar pustaka. 

Berikut ini rincian struktur disertasi yang biasanya digunakan sebagai panduan:

1. Judul

Pada halaman pertama disertasi akan berisi judul disertasi, nama mahasiswa, departemen, institusi pendidikan, program gelar, dan tanggal penyerahan. Selain nama, biasanya dicantumkan pula nama pembimbing hingga logo institusi pendidikan. 

Setiap institusi memiliki format penomoran halaman yang berbeda-beda, maka perlu disesuaikan dengan panduan yang berlaku.

 2. Ucapan terima kasih

Bagian ini biasanya bersifat opsional tergantung keinginan penulis. Halaman ini digunakan untuk menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu atau mendukung dalam penulisan disertasi.

3. Abstrak

Abstrak merupakan intisari disertasi yang umumnya terdiri dari 150-300 kata. Terdapat pula beberapa kata kunci yang mengindikasikan isi disertasi.

Penulisan abstrak biasanya dilakukan terakhir setelah isi disertasi selesai. Walaupun singkat, abstrak dapat menjadi gambaran disertasi bagi pembaca, pembimbing akademik, hingga kalangan umum.

Beberapa bagian penting yang harus ada dalam abstrak adalah:

  • Pernyataan topik penelitian
  • Deskripsi singkat metode yang digunakan
  • Rangkuman hasil penelitian
  • Pernyataan kesimpulan

4. Daftar isi

Daftar isi merupakan daftar judul dan subjudul seluruh bab serta nomor halamannya. Daftar isi dapat membantu pembaca melihat struktur disertasi dan mengakses halaman bab yang ingin dibaca dengan mudah.

5. Daftar gambar dan tabel

Jika menggunakan tabel dan gambar dalam disertasi, maka diperlukan daftar khusus gambar dan tabel beserta halamannya. Penulisan judul atau nama gambar dan tabel biasanya ditulis dengan penomoran tertentu.

6. Glosarium

Glosarium merupakan daftar istilah kata atau singkatan yang tidak umum atau khusus di bidang program studi disertasi. Daftar glosarium ini dapat diurutkan sesuai abjad dan diberikan penjelasan singkat.

7. Pendahuluan

Pendahuluan berisi topik, tujuan, relevansi, hingga latar belakang penelitian yang dilakukan. Dalam bab pendahuluan ini, diharapkan pembaca dapat memahami topik penelitian, cara penelitian, dan alasan penelitian ini penting dilakukan.

8. Tinjauan pustaka atau literatur

Bab tinjauan pustaka akan memberikan pemahaman menyeluruh mengenai karya ilmiah dan pendekatan literatur yang telah dilakukan sebelum penelitian disertasi. Biasanya setiap tinjauan pustaka ditelaah dengan analisis, argumentasi, dan evaluasi kritis oleh penulis.

Tujuannya agar dapat menjadi dasar dan alasan dilakukannya penelitian penulis itu sendiri. Umumnya, tinjauan pustaka yang menunjukkan alasan penelitian tersebut perlu dilakukan mencakup beberapa hal berikut ini:

  • kesenjangan dalam literatur
  • pendekatan teoritis atau metodologis baru untuk topik tersebut
  • solusi untuk masalah yang belum terselesaikan
  • memajukan debat teoritis
  • membangun dan memperkuat pengetahuan yang ada dengan data baru

9. Metodologi

Metodologi menjelaskan alur penelitian, sehingga pembaca dapat menilai validitasnya. Umumnya metodologi penelitian mencakup hal-hal berikut ini:

  • pendekatan kualitatif, kuantitatif, eksperimental, etnografis
  • metode pengumpulan data, misalnya dengan wawancara dan survei
  • rincian di mana, kapan, dan dengan siapa penelitian dilakukan
  • metode analisis data, misalnya analisis statistik atau analisis wacana
  • alat dan bahan yang digunakan
  • kendala saat melakukan penelitian dan mengatasinya
  • evaluasi metode penelitian
  • tujuan penerapan metodologi yang dipilih

10. Hasil Penelitian

Pada bagian ini, hasil penelitian dipaparkan dengan menyertakan tabel atau grafik. Beberapa disiplin ilmu memisahkan hasil penelitian dengan pembahasan. Ada pula yang keduanya digabungkan dalam satu bab.

11. Pembahasan

Pembahasan merupakan diskusi mengenai makna dan implikasi dari hasil penelitian. Dalam hal ini, akan dibahas apakah hasil penelitian sesuai dengan kerangka dan tujuan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jika ada hasil yang tidak terduga, maka perlu diberikan penjelasan alasan hal ini bisa terjadi.

12. Kesimpulan

Umumnya kesimpulan harus menjawab pertanyaan penelitian, sehingga pembaca memiliki pemahaman yang jelas tentang argumentasi penulis. Selain itu, dalam bab ini biasanya ditambahkan rekomendasi untuk penelitian atau tindakan praktis di masa depan.

Hal penting lainnya dalam kesimpulan adalah cara hasil penelitian ini berkontribusi pada masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan.

13. Daftar pustaka

Daftar pustaka mencantumkan informasi rujukan semua sumber yang dikutip dalam disertasi.  Terdapat beragam format penulisan daftar pustaka tergantung peraturan institusi pendidikan, misalnya APA style, Harvard, Vancouver, MHRA, OSCOLA, dan lainnya.

Bagaimana cara menulis daftar pustaka? Temukan ulasannya dalam 4 Cara Menuliskan Daftar Pustaka.

14. Lampiran

Lampiran berisi kumpulan informasi penting atau dokumen terkait yang digunakan dalam penelitian. Biasanya dokumen ini tidak dapat dicantumkan pada bab utama disertasi, sehingga dilampirkan pada bab lampiran.

Contoh dokumen yang sering dilampirkan adalah transkrip wawancara, pertanyaan survei, atau tabel dengan gambaran lengkap penelitian.

Kursus Academic English, Siap Jadi Mahasiswa Sukses!

Ingin menguasai bahasa Inggris untuk kebutuhan akademik? Siapkan dirimu dengan mengikuti di Kursus Academic English Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.