MBA adalah S-2 Manajemen Bisnis, Benarkah Prospeknya Cerah?

mba adalah

Kursus Academic English – Banyak profesional yang kini mengincar studi MBA untuk meningkatkan karier. Jadi, apa itu program MBA? MBA adalah singkatan dari Master of Business Administration. Mari mengenal lebih dekat tentang jurusan ini.

Apa itu Program Studi MBA? 

MBA (Master of Business Administration) adalah studi pengetahuan manajemen dasar untuk bisnis, pemasaran, keuangan, akuntansi, serta mengembangkan soft skill dan kompetensi kepemimpinan. 

Umumnya, program pascasarjana ini diambil dengan tujuan meningkatkan karier profesional seseorang atau mengembangkan bisnis.

Untuk dapat mengambil program studi MBA, biasanya ada sejumlah persyaratan dokumen dalam proses pendaftarannya. Salah satunya skor GMAT. Apa itu GMAT? Baca ulasannya dalam artikel Kupas Tuntas Graduate Management Admission Test (GMAT) untuk S-2.

Mata Kuliah Program Studi MBA

Saat mengambil program MBA, seseorang akan mempelajari dasar-dasar manajemen yang bisa diterapkan dalam bisnis, pemasaran, ekonomi, keuangan, akuntansi, strategi bisnis, hingga perilaku organisasi.

Selain itu, ada pula pilihan konsentrasi hingga internship yang ditawarkan dalam studi MBA.

Cakupan mata kuliah program studi MBA secara umum antara lain:

  • Akuntansi
  • Komunikasi bisnis
  • Etika bisnis
  • Strategi bisnis
  • Analisis Data
  • Ekonomi
  • Keuangan
  • Landasan kepemimpinan
  • Pemasaran 
  • Operasional
  • Manajemen organisasi
  • Investasi
  • Psikologi budaya

Jenis-Jenis Studi MBA

Berdasarkan MBA.com, terdapat beberapa jenis pilihan kelas MBA, yakni full-time, part-time, executive, global, dan online.

Full-time MBA 

Kuliah berlangsung selama dua tahun dengan mata kuliah penuh. Program jenis ini cocok untuk mahasiswa yang tidak bekerja full-time.

Part-time MBA

Kuliah MBA dapat pula dilakukan paruh waktu. Part-time MBA seringkali disebut sebagai Professional MBA. Umumnya, mahasiswa melakukan studi sambil bekerja atau beraktivitas lainnya.

Beberapa perusahaan bahkan ada yang menawarkan beasiswa atau pendanaan pada karyawannya untuk bekerja sambil kuliah MBA agar dapat menambah keterampilannya menjalankan job desc.

Executive MBA

Kuliah MBA eksekutif berlangsung selama dua tahun dan ditujukan untuk para pemimpin atau jajaran eksekutif perusahaan. Biasanya mahasiswa program Executive MBA ini adalah pekerja profesional.

Terkadang format belajar yang digunakan pun cenderung bersifat paruh waktu dengan kelas malam atau akhir pekan.

Global MBA

Global MBA sering disebut juga sebagai MBA internasional. Jenis program ini mirip dengan perkuliahan full-time MBA yang dilakukan selama dua tahun.

Umumnya kuliah Global MBA banyak mempelajari prinsip dan strategi bisnis internasional. Program ini cocok diambil mahasiswa yang memiliki keinginan bekerja di perusahaan internasional.

Online MBA

Dalam online MBA, waktu kuliah lebih fleksibel dan dapat dilakukan sambil menjalani pekerjaan profesional. Kelas diselenggarakan secara online, sehingga memungkinkan mahasiswa untuk belajar dari mana saja.

Banyak program online MBA yang memperbolehkan mahasiswa mengambil dan membayar per modul kuliah dan mengatur jadwal belajar masing-masing. Oleh karena itu, umumnya durasi perkuliahan online MBA bervariasi.

7 Program MBA Populer di Dunia

Beberapa universitas di dunia yang terkenal dan bereputasi dalam program studi MBA antara lain:

  • Harvard Business School
  • Stanford Graduate School of Business
  • MIT Sloan School of Management
  • Northwestern University’s Kellogg School of Management
  • University of Chicago’s Booth School of Business
  • Wharton School at the University of Pennsylvania
  • Columbia Business School

Untuk dapat diterima di universitas-universitas tersebut, umumnya lebih sulit dibandingkan dengan universitas lainnya yang sama-sama memiliki program MBA.

Selain itu, biaya kuliah studi MBA di universitas-universitas ini lebih tinggi, walaupun tersedia pilihan bantuan dana, beasiswa, fellowship, dan program sponsor. 

5 Keuntungan Studi Program MBA

mba adalah

Dengan mengambil studi MBA (Master of Business Administration), seseorang dapat membangun pondasi karier serta mempersiapkan diri untuk peluang kerja atau bisnis yang lebih baik. Tak dimungkiri, memiliki gelar MBA bisa meningkatkan nilai jual diri dan berpotensi diincar rekruter di berbagai perusahaan ternama.

Berikut ini keuntungan memilih studi MBA.

1. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan manajemen

Lulusan MBA terbiasa berkomunikasi dengan para profesional, menulis riset, memberikan presentasi, dan keterampilan lainnya yang terkait dengan komunikasi. Soft skills manajemen waktu dan kepemimpinan akan diasah selama proses perkuliahan.

2. Mempersiapkan karier yang lebih baik di masa depan

Dengan memiliki kompetensi skill yang baru, kamu dapat memahami pemecahan masalah dalam bisnis secara strategis dan tepat. Hal ini dapat membuka peluang karier yang lebih cerah.

3. Membuka peluang eksplorasi bidang industri baru

Peluang untuk mencoba peluang karier di bidang industri lain hingga membuka bisnis di sektor baru akan terbuka lebar. Dalam studi MBA, mahasiswa akan diberikan banyak studi kasus dan proyek yang bervariasi, sehingga membuka pemahaman di beragam sektor bisnis dan usaha.

4. Mempercepat perjalanan karier

Banyak profesional yang meraih posisi lebih tinggi di manajerial hingga menjadi pemimpin perusahaan dengan bekal gelar MBA. Seiring dengan naiknya jabatan, tentu pendapatan juga akan meningkat.

5. Memperluas dan meningkatkan jejaring

Kuliah MBA (Master of Business Administration) berarti tergabung dalam komunitas calon pemimpin masa depan dan para profesional. Tentunya, dengan koneksi dan jejaring yang luas, akan membuka peluang karier dan bisnis di masa depan.

Kursus Academic English, Skill Dasar untuk Ambil Kuliah MBA!

Untuk memenuhi syarat masuk kuliah MBA, dibutuhkan skor GMAT yang tinggi. GMAT meliputi tes aritmatika dasar, aljabar, geometri, analisis data dari berbagai sumber, dan tata bahasa.

Persiapkan dirimu dengan mengikuti di Kursus Academic English Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.