Mengenal RWTH Aachen University, Kampus BJ Habibie Menuntut Ilmu!

Kursus Bahasa Jerman – Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan ilmuwan dan Bapak Teknologi Indonesia yaitu Presiden RI ke-3, B.J. Habibie. Beliau menempuh pendidikan di salah universitas ternama di Jerman yakni Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule atau RWTH Aachen University.

B.J. Habibie menyelesaikan pendidikan di kampus tersebut dari tahun 1960 hingga 1965 dan mendapatkan gelar Master of Science di bidang teknik. Kemudian B.J. Habibie melanjutkan studi di kampus yang sama untuk gelar Doktor di Technischule Die Fakultät Für Maschinenwesen Aachen. Beliau berhasil memperoleh gelar Dr.Ingenieur atau Dr. Ing dengan predikat Summa Cumlaude pada tahun 1965. Mari simak mengenai sejarah, jurusan, dan alumni penting dari kampus RWTH Aachen University.

Sejarah  RWTH Aachen University

RWTH Aachen University merupakan universitas terbaik di Jerman yang memiliki fokus dalam riset teknologi. Berdasarkan RWTH Aachen, universitas ini menempati peringkat 165 World University Ranking dan peringkat 30 dunia bidang engineering and technology.  Kampus ini didirikan pada tahun 1870 dengan nama  nama Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule (Sekolah Teknik Rhein-Westfalen). 

Pada tahun 1880, statusnya berubah menjadi “universitas teknik” dan namanya disingkat menjadi RWTH hingga sekarang disebut sebagai RWTH Aachen University. Hingga saat ini terdapat sekitar 27.000 mahasiswa prasarjana dan 3.000 mahasiswa pascasarjana. RWTH Aachen University merupakansalah satu universitas negeri teknologi terbesar di Jerman dan terkenal di Eropa, tidak heran sering disebut sebagai MIT-nya Eropa.

Jurusan di RWTH Aachen University

Terdapat 9 fakultas, 260 institut, 22 bidang penelitian khusus, dan 39 program pascasarjana di RWTH Aachen–15 diantaranya adalah sekolah pascasarjana. Berikut beberapa jurusan yang ada di RWTH Aachen University. 

  • BS in Industrial Engineering specialization in Civil Engineering
  • BS in Psychology
  • BS in Biology
  • MSc in Business Administration and Engineering (Mechanical Engineering)
  • BS in Applied Geography
  • BS in Civil Engineering
  • BS in Applied Geosciences
  • MS in Applied Geography
  • BS in Computer Science
  • MS in Biology

Universitas teknologi dan riset di Jerman yang tidak kalah keren adalah HTW Berlin. Baca ulasan lengkapnya dalam artikel  HTW Berlin, Rekomendasi Kampus Teknik dan Sains di Jerman

Alumni Penting dari RWTH Aachen University

RWTH Aachen University semakin dikenal masyarakat luas  karena reputasi alumninya yang hebat. Bahkan salah satu alumni terkenalnya, merupakan Presiden RI ketiga.

1. Bacharuddin Jusuf Habibie

RWTH Aachen University

Merupakan Presiden Republik Indonesia ketiga.  BJ Habibie dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia, sosok yang terkenal dibalik pembuatan peswat N250 Gatotkaca yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)

2. Karl Wilhelm Lauterbach 

RWTH Aachen University

Ilmuwan, dokter, dan politikus Jerman dari Partai Sosial Demokrat Jerman (SPD), yang menjadi Menteri Kesehatan Federal sejak 8 Desember 2021. Ia adalah Profesor Ekonomi Kesehatan dan Epidemiologi di Universitas Cologne. 

Karl Wilhelm Lauterbach telah menjadi anggota Bundestag Jerman sejak pemilihan federal pada tahun 2005. Selama pandemi COVID-19, Karl Wilhelm Lauterbach terkenal menjadi pakar tamu dalam acara bincang televisi dan mendiskusikan topik pandemi melalui Twitter pribadinya.  

3. Eike Fuhrken Batista da Silva 

RWTH Aachen University

Seorang pengusaha Brasil-Jerman yang telah menghasilkan di industri pertambangan, minyak dan gas. Ia terlibat dalam upaya memajukan infrastruktur Brasil dengan proyek-proyek penting, seperti Porto do Açu yang kemudian membuat perusahaannya bangkrut. 

3. Necmettin Erbakan

RWTH Aachen University

Necmettin Erbakan adalah seorang politisi, insinyur, dan akademisi Turki yang menjabat sebagai Perdana Menteri Turki dari tahun 1996 hingga 1997. 

Kursus Bahasa Jerman yang Efektif dan Menyenangkan!

Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa paling penting di dunia. Dengan jumlah penutur bahasa Jerman yang mencapai 100 juta orang di seluruh dunia, bahasa ini menjadi salah satu bahasa utama di bidang akademik, bisnis, teknologi, dan industri.

Ketika kamu memiliki kemampuan bahasa Jerman yang baik, maka kesempatan untuk bekerja dan berkuliah di Jerman terutama RWTH Aachen University terbuka semakin luas!

Yuk ikut Kursus Bahasa Jerman di Lister!

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Yunita Widyaningsih
Yunita Widyaningsih
Undergraduate German Studies Student

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.