Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman, Mahasiswa Study Abroad Wajib Tahu!

Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman

Kursus Bahasa JermanApakah kamu baru saja diterima di universitas impianmu di Jerman dan sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk studi di luar negeri? Jika demikian, perbedaan waktu Indonesia dan Jerman menjadi hal penting. 

Perbedaan waktu Indonesia dan Jerman ini perlu dipahami untuk memastikan bahwa kamu tetap terhubung dengan teman dan keluarga di rumah. Selain itu, kamu bisa mengatur jadwal dengan baik di negara baru. 

Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman, Mengapa Ini Penting? 

Mengenal perbedaan waktu antara Indonesia dan Jerman sangat penting bagi mahasiswa yang berencana studi di luar negeri. Terutama dalam era digital saat ini, di mana komunikasi dan interaksi online menjadi bagian penting dari kehidupan kita. 

Meski tampak sederhana, penyesuaian dengan perbedaan waktu bisa sangat menentukan dalam pengalaman belajar di luar negeri. Keterlambatan dalam merespon email atau panggilan dari universitas, atau dosen bisa menimbulkan kesalahpahaman. 

Memahami perbedaan waktu antara Indonesia dan Jerman memiliki beberapa manfaat. Pertama, ini dapat membantu kamu merencanakan waktu kedatanganmu di Jerman dengan baik. Kamu tidak ingin merasa jet lag dan kelelahan pada hari pertama kuliah, bukan?

Kedua, mengetahui perbedaan waktu bisa membantu dalam berkomunikasi dengan orang di rumah. Dengan mengetahui perbedaan waktu, kamu bisa merencanakan waktu yang paling baik untuk melakukan panggilan video dengan keluarga dan teman-teman di Indonesia. 

BACA JUGA: HTW Berlin, Rekomendasi Kampus Teknik dan Sains di Jerman

Cara Menghitung Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman 

Untuk menghitung perbedaan waktu Indonesia dan Jerman, kamu harus memahami sistem zona waktu dan Daylight Saving Time (DST). Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti: 

1. Mengenal Sistem Zona Waktu

Zona waktu adalah daerah di Bumi yang memiliki waktu standar yang sama. Di dunia ini, ada 24 zona waktu yang berbeda. Jerman berada di Zona Waktu Eropa Tengah (CET), yang merupakan GMT+1. 

Sementara itu, Indonesia berada di tiga zona waktu: Waktu Indonesia Barat (WIB, GMT+7), Waktu Indonesia Tengah (WITA, GMT+8), dan Waktu Indonesia Timur (WIT, GMT+9). 

2. Memahami Daylight Saving Time (DST)

Daylight Saving Time atau waktu hemat siang hari adalah praktik mengatur jam maju 1 jam dari waktu standar selama bulan-bulan musim panas untuk memperpanjang sore hari dan menghemat energi. 

Jerman menerapkan DST antara bulan Maret hingga Oktober. Selama periode ini, waktu di Jerman berubah menjadi Central European Summer Time (CEST), yang merupakan GMT+2.

3. Menggunakan Alat Bantu

Terdapat banyak kalkulator waktu dunia online dan aplikasi seluler yang dapat membantu kamu menghitung perbedaan waktu. Alat-alat ini memudahkanmu untuk merencanakan komunikasi atau perjalanan antara Indonesia dan Jerman.

Secara keseluruhan, pemahaman tentang perbedaan waktu ini penting agar kamu dapat merencanakan jadwalmu dengan efisien dan efektif. Pun serta menghindari kesalahpahaman yang mungkin timbul karena perbedaan waktu.

Berapa Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman? 

Indonesia dan Jerman berada di dua zona waktu yang sangat berbeda. Jerman berada di Zona Waktu Eropa Tengah (Central European Time/CET) yang merupakan GMT+1. 

Sedangkan Indonesia berada di tiga zona waktu berbeda yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB) yang merupakan GMT+7, Waktu Indonesia Tengah (WITA) yaitu GMT+8, dan Waktu Indonesia Timur (WIT) yaitu GMT+9.

Dengan mempertimbangkan ini, perbedaan waktu Indonesia dan Jerman biasanya adalah 6 jam di musim panas dan 7 jam di musim dingin (WIB Jakarta). Hal ini mengingat Jerman menerapkan Daylight Saving Time (DST). 

Namun, perbedaan waktu antara Jerman dan WITA (Bali) adalah 7 jam di musim panas dan 8 jam di musim dingin. Sementara antara Jerman dan WIT (Jayapura) adalah 8 jam di musim panas dan 9 jam di musim dingin. 

BACA JUGA: Mengenal RWTH Aachen University, Kampus BJ Habibie Menuntut Ilmu!

Kursus Bahasa Jerman, Kunci Sukses Study Abroad

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jerman adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, ikuti Kursus Bahasa Jerman di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.