Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Double Degree adalah: ini Bedanya dengan Double Major

Double degree adalah salah satu pilihan yang dianggap mampu menunjang karier lebih baik. Sebelum memutuskan mengambil program double degree, kenali terlebih dahulu penjelasannya.

Apa itu double degree?

Double degree adalah program yang memungkinkan kamu untuk mengikuti dua program studi di dua institusi yang berbeda dalam tahun akademik yang sama.

Kedua institusi tersebut dapat berada di negara yang berbeda. Contohnya kamu mengambil jurusan Arsitektur di Institusi Teknologi Bandung (ITB) dan Business Management di University of Birmingham.

Apa keuntungan mengambil double degree? Peluang karier menjadi semakin luas, terutama di kancah global. Kamu memiliki bekal untuk bersaing dengan lulusan luar negeri.

Selain itu, kamu dapat menghemat waktu. Jika mengambil dua jurusan secara terpisah kamu mungkin memerlukan 7-8 tahun. Sementara itu jika menggunakan sistem double degree, kamu hanya memerlukan 4-5 tahun dan sudah mendapatkan dua gelar sarjana sekaligus.

Walaupun begitu, tidak semua institusi pendidikan tinggi memiliki program double degree. Biasanya program tersebut hanya ditawarkan untuk jurusan tertentu atau khusus dengan universitas lain yang sudah menjalin kerja sama.

Jika kamu memilih menjalani program ini, kamu harus memikirkan manajemen waktu yang baik. Pasalnya kamu akan mengikuti lebih banyak kelas dan mendapat dua kali lipat tugas.

Kelebihan Double Degree

  • Potensi karier lebih luas
  • Potensi pendapatan lebih tinggi
  • Menjadi ahli dalam suatu bidang yang spesifik
  • Mengembangkan cara berpikir kritis di luar bidang yang sudah dikuasai

Apa bedanya dengan double major?

Double major kurang-lebih mirip dengan double degree. Kamu dapat kuliah di dua jurusan yang berbeda.

Perbedaannya adalah jurusan tersebut harus ada di institusi yang sama. Contohnya kamu mengambil jurusan Mathematics dan Computer Science di University of Waterloo, Kanada.

Double major dapat menunjang GPA dan memberi kesempatan memperoleh keterampilan yang lebih luas. Nantinya kamu dapat menjalani karier di bidang yang spesifik sesuai dengan jenjang pendidikan yang dijalani.

Conjoint degree

Selain dua pilihan program di atas, masih ada yang disebut dengan conjoint degree. Program ini memungkinkan kamu menjalani double degree atau double major dalam waktu yang lebih singkat.

Conjoint degree dapat dimulai pada tahun akademik pertama atau kedua. Dalam program ini, beberapa nilai mata kuliah dapat dialihkan, sehingga tidak perlu diambil lagi.

Tidak semua institusi pendidikan tinggi menawarkan conjoint degree. Kamu dapat mencari informasi tentang program ini di universitas yang kamu tuju.

Kuasai Bahasa Asing, Jadilah Citizen of the World!

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat, serta mendapatkan modul yang pastinya mendukung proses belajar. Kamu juga dapat memilih jumlah pertemuan sendiri. Daftar sekarang!